Artikel Terbaru

Teknologi NFC Pada Ponsel

Teknologi NFC Pada Ponsel - Near Field Comunication yang kemudian dikenal dengan NFC, telah ada pada sebagian besar smartphone, seperti Google Nexus, Samsung Galaxy S II, BB Dakota dan Beberapa smartphone keluaran Nokia. Sebenarnya apa sih NFC itu ? NFC yaitu sebuah chip yang ditanamkan dalam ponsel untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi dan berbagi file, jadi jika Pondokgue simpulkan, NFC yaitu semacam ATM mini yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.
Dalam situs ini dijelaskan bahwa ada 3 sistem kerja yang bisa dilakukan oleh NFC, yaitu :
  • Card Emulation
Smartphone yang dilengkapi NFC akan dapat digunakan sebagai sarana pembayaran misalnya layanan Google Wallet. Konsumen ketika di pusat perbelanjaan dapat melakukan pembayaran dengan cara mendekatkan smartphone pada perangkat yang telah tersedia, tanpa perlu menyentuh atau pun menggesek. (contactless).
  • Reader/Writer
Teknologi NFC memberikan kemudahan membaca dan menulis NFC tag sehingga bisa digunakan misalnya untuk membaca smart poster.
  • Peer-to-peer
Peranti yang telah dilengkapi NFC akan dapat terkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain. Misalnya laptop dengan printer atau berbagi foto dari kamera ke televisi.
Dalam situs resmi nokia juga dijelaskan bahwa dengan teknologi ini kita bisa dengan mudah mengirim file hanya dengan menyentuhkan Smartphone kita pada Smartphone lain yang juga memiliki NFC, selain itu juga kita bisa menggunakan Speaker nirkabel hanya dengan menyandarkan ponsel kita disampingnya. Wow ! Fantastis bukan ? Untuk di Indonesia teknologi ini sudah ada pada ponsel Nokia C7.
Sekian, silahkan di Like atau +1 jika artikel tentang Teknologi NFC Pada Ponsel ini menambah wawasan anda !

2 Responses to "Teknologi NFC Pada Ponsel"

  1. kalo hp jadul saya... Ada bisa dipasang teknologi itu nggak ya? :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik.. :)