Manfaat Load Bank dalam Operasional Industri

Mufid

Manfaat Load Bank dalam Operasional Industri
Manfaat Load Bank dalam Operasional Industri

Pondokgue.comUntuk menjalankan bisnis tentu setiap perusahaan membutuhkan listrik. Load bank adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan agar listrik bisa terus mengalir.

Load bank disini berguna sebagai pengembang beban listrik, sehingga beban operasional yang dibutuhkan dapat dikontrol dan dikelola secara efisien melalui satu sistem.

Adapun beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan loadbank sebagai berikut:

Mendukung tes sinkonisasi pada mesin

Loadbank dapat digunakan untuk menguji kinerja pada mesin, terutama pada mesin-mesin kelistrikan. Gara mesin dapat berjalan dengan lancar maka diperlukan tes sinkronisasi.

Sebelum memulainya, anda harus lebih dahulu melakukan setting pada loadbank sesuai dengan desainnya. Biasanya, di tempat sewa loadbank terbaik sudah memberi penjelasan.

Tujuan dilakukan penyetingan ini adalah agar proses tes dapat berjalan dengan lancar serta penggunaan listrik pada operasional industry tidak terganggu.

Memindahkan beban kerja generator

Ketika crane dioperasikan menggunakan generator, maka kemungkinan besarnya generator akan mengalami overspeed. Hal ini terjadi karena beban yang ukurannya besar menyebabkan hilangnya beban kejit secara tiba-tiba.

Untuk mengatasinya maka  anda dapat menggunakan tes load saat menguji beban crane.

Load bank turbin dan mesin diesel

LoadBank juga dapat digunakan untuk mengukur kesesuaian untuk spesifikasi mesin diesel dan turbin pada kapasitas yang sesungguhnya.

Ketika turbin ataupun mesin diesel telah dioperasikan lebih dari 14 ribu jam, maka load  bank disini digunakan untuk menguji penurunan kemampuan pada perangkat tersebut.

Sehingga dapat diketahui bagaimana peforma dari mesin dan menjadi acuan untuk servis secara berkala.

Baca Juga:   Arti Kata Ikeh Ikeh Kimochi

Menguji sistem pada UPS dan baterai

UPS (Uninteruptible Power Supply) merupakan alat yang penting untuk mencegah kerusakan pada sistem mesin dalam sektor industri minyak dan gas.

Oleh karena itu sebelum digunakan UPS dan baterai harus diuji secara berkala menggunakan loadBank untuk mengetahui kualitas dan kapasitasnya.

Itulah beragam manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan load bank untuk operasional industry. Karena jenis-jenis loadBank banyak, maka sebaiknya anda memilihnya sesuai dengan peruntukan yang sedang dibutuhkan. Termasuk dengan tempat sewa load bank terbaik.

Dengan menggunakan load bank maka proses operasional industry semakin efektif dan produktivitasnya akan terjaga.

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Tags

Related Post

Leave a Comment