AMD Indonesia – 5 Tahun Perjalanan dengan Barbagai Inovasi

Mufid

5 Tahun Perjalanan AMD Indonesia

Pondokgue.comBeberapa hari yang lalu, AMD Indonesia menyelenggarakan acara gathering bersama media yang mengangkat tema kaleidoskop AMD Ryzen Mobile sepanjang tahun 2021. Dalam acara tersebut AMD memberikan kilas balik perjalanan AMD selama tahun 2021 beserta juga dengan sesi sharing.

Sebagai rangkaian dari kaleidoskop tahun 2021, salah satu momen istimewa bagi AMD Indonesia adalah genap 5 tahun perjalanan prosesor seri Ryzen. Diawali pada ajang Computex 2017, AMD berkolaborasi dengan ASUS memperkenalkan laptop ROG Strix GL702QC yang merupakan laptop dengan bertenaga Ryzen pertama, menggunakan desktop CPU Ryzen 7 1700 dan GPU Radeon RX 580.

Pada Tahun yang sama, pada bulan Oktober 2017, AMD Indonesia secara resmi memperkenalkan dua prosesor Ryzen mobile terbarunya dengan 4 core and 8 thread yaitu, Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U dengan Radeon Vega sebagai kartu grafis yang disematkan pada laptopnya dengan menggandeng Acer, Asus ROG, HP, Lenovo, dan Dell sebagai partnernya.

Prosesor Mobile Ryzen 3000 Series Generasi Kedua hadir sebagai rangkaian dari prosesor seri Ryzen pada CES 2019, dengan menggunakan teknologi fabrikasi 12nm dan AMD juga merilis seri prosesor terbaru yang kemudian menjadi tren pada laptop gaming ringan yakni H-Series yang dikhususkan untuk performa gaming lebih kencang.

Pada tahun 2020, AMD mengumumkan prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang merupakan Prosesor x86 pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm dan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen 4000U Series merupakan prosesor satu-satunya di dunia dengan 8 core untuk laptop ultrathin. Dengan hadirnya AMD Ryzen 4000 Series memberikan performa prosesor yang lebih cepat dan efisiensi daya yang optimal.

AMD juga merilis sebuah prosesor gaming namun dengan TDP yang yang lebih rendah yaitu AMD Ryzen 4000HS series yang memiliki TDP 35 Watt namun dengan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen HS series ditujukan untuk thin and light gaming, salah satu untuk laptop gaming portable dengan ukuran yang lebih tipis dan ramping.

Baca Juga:   3 Rekomendasi Smartphone Ramadhan Terbaik

Pada Tahun 2021, AMD memberikan sebuah evolusi dengan menghadirkan Ryzen 5000 series dengan fabrikasi 7nm namun dengan arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi diklaim terdepan dan dapat disesuaikan kebutuhan untuk para gamer, content creator, serta professional. Tentunya, akan memberikan pengalaman menakjubkan dengan performa komputasi tinggi dan ketahanan daya yang memukau. 

AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor dirilis untuk pengguna mainstream yang menginginkan performa yang kencang, menawarkan perpaduan performa dan efisiensi yang sempurna. Selain performa unggul, laptop bertenaga yang tersemat AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor menawarkan pengalaman komputasi tinggi dan portabilitas yang dikhususkan untuk laptop ultrathin. 

Di segmen premium laptop yang ditujukan bagi kalangan content creator dan gamer profesional, AMD menghadirkan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor yang memberikan efisiensi daya maksimal dengan performa tinggi untuk mendukung ragam pekerjaan berat penggunanya tanpa hambatan pada sebuah perangkat laptop tipis, inovatif dan ringan.

Dalam jajaran penawaran prosesor mobile nya, AMD menghadirkan seri prosesor HX dengan prosesor tertinggi nya yaitu AMD Ryzen 9 5900HX yang memiliki kemampuan unlockable yang sangat cocok untuk kebutuhan para profesional konten kreator.

Donnie Brahmandika Product and Retail Enablement AMD Indonesia
Donnie Brahmandika Product and Retail Enablement AMD Indonesia

AMD juga memperkenalkan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dirancang untuk menghadirkan performa kelas dunia, visual tajam, dan pengalaman komputasi gaming yang imersif. GPU AMD Radeon RX 6000M Series memanfaatkan terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2 untuk menghadirkan performa gaming kencang.

Dengan beberapa pilihan Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series diantaranya, AMD Radeon RX 6800M yang diperuntukkan hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt dengan performa gaming pada resolusi 1440p. AMD Radeon RX 6800M mampu memberikan performa paling tinggi hampir pada sejumlah game kelas AAA.

AMD Radeon RX 6700M menawarkan performa gaming 1440p/100FPS, visual dan efisiensi memukau yang dirancang untuk generasi baru dari laptop gaming dan kreasi konten yang canggih. Terakhir adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6600M ditujukan bagi para gamer kasual, dirancang untuk pengalaman gaming 1080p/100FPS, dengan performa kecepatan refresh tinggi di 1080p untuk laptop ringan.

Baca Juga:   Teknologi NFC Pada Ponsel

Tak ketinggalan, ada pula AMD Advantage sebagai inovasi terbaru design framework untuk memberikan solusi terbaik pada laptop gaming. Solusi AMD Advantage merupakan paket lengkap laptop gaming dengan berbagai fitur yang dibutuhkan gamer. AMD Advantage menawarkan tiga konsep dasar, yakni Amplified Performance, Premium Display, dan Built for Gaming yang dikemas dalam teknologi AMD Advantage Design Framework.

  • Amplified Performance hadir pada laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile, dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6000M Series terbaru yang ditenagai oleh arsitektur RDNA 2 dengan performa 1,5 kali lebih kencang, 43% lebih hemat daya , hingga kemampuan gaming 1,77 kali lebih baik generasi sebelumnya.
  • Premium Display merupakan fitur tampilan yang dibutuhkan gamer untuk menikmati grafis terbaik dalam game, mulai dari tingkat kecerahan minimal 300 nits, 100% sRGB, dan 72% NTSC dengan panel OLED ataupun IPS, serta refresh rate mencapai 144 Hz.
  • AMD Advantage Design Framework memberikan performa yang optimal dan konsisten, serta menjaga temperatur kerja yang stabil. Kombinasi ini akan mencegah penurunan performa, meski ketika digunakan berjam-jam tanpa henti. Ideal untuk aktivitas gaming maupun aktivitas kreasi konten yang berat.

Dustin Beadle, AMD APAC Consumer Lead, menjelaskan, “Di AMD, kami memperoleh inspirasi dari komunitas kami: dari mitra kami yang tanpa henti bekerja untuk mengembangkan teknologi inovatif, hingga kepada konsumen kami, yang menerapkan teknologi ide-ide baru kami. Hal ini mendorong kami untuk berinovasi dan menggerakkan industri komputasi ke depan. Kami menantikan tahun 2022, dan berharap dapat terus memberikan produk-produk unggul yang mempercepat pengalaman komputasi generasi berikutnya bagi konsumen berharga kami di Indonesia, dan di seluruh dunia.”

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

1 thought on “AMD Indonesia – 5 Tahun Perjalanan dengan Barbagai Inovasi”

Leave a Comment