5 Cara Mencari Judul Lagu dengan Suara di PC

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mencari Judul Lagu dengan Suara di PC

PondokGue.com – Cara mencari judul lagu dengan suara di PC bisa dijadikan salah satu solusi saat sulit mengingat dalam mencari lagu favorit.

Bisa jadi kalian sering mendengarnya, namun tidak tahu judul lagunya. Saking seringnya mendengarkan berulang-ulang di berbagai tempat, lambat laun hafal dengan sendirinya tanpa mengetahui judul lagu. 

Hal seperti ini biasa terjadi terutama pada lagu yang viral. Seiring berkembangnya teknologi, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Kalian dapat menemukan lagu favorit hanya dengan menyanyikan sebagian liriknya.

Berikut ini beberapa cara mencari judul lagu dengan suara di PC: 

Cara Cari Lagu dengan Suara Menggunakan Google

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC yang pertama bisa dilakukan melalui Google. Salah satu fitur dari Google yaitu Google Assistant bisa dimanfaatkan untuk melakukan pencarian judul lagu. Berikut ini caranya: 

  • Kunjungi mesin pencarian google.com
  • Pada kolom pencarian, klik ikon bergambar microphone
  • Ucapkan atau nyanyikan lirik lagu yang ingin dicari
  • Google akan mencari lagu berdasarkan suara yang ditangkapnya, setelah itu hasilnya akan langsung ditampilkan berdasarkan pencarian yang paling sesuai.

Cara ini bisa dilakukan di semua perangkat PC, baik windows maupun MAC. Asalkan kalian membuka mesin pencarian tersebut, maka menemukan judul lagu favorit bisa jadi lebih mudah.

Cara Mencari Judul Lagu dengan Suara Menggunakan Cortana

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC melalui Cortana
Cortana | Sumber: Windows

Bagi pengguna Windows, cara mencari judul lagu dengan suara di PC bisa dilakukan melalui Cortana. Cortana merupakan asisten digital bagi para pengguna Windows untuk menyelesaikan berbagai hal. 

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan Cortana:

  • Memberikan pengingat berdasarkan waktu, tempat, atau orang.
  • Melacak paket, tim, minat, dan penerbangan.
  • Mengirim email dan pesan teks.
  • Mengelola kalender dan memberi informasi terbaru.
  • Membuat dan mengelola daftar.
  • Mengobrol dan bermain permainan.
  • Menemukan fakta, file, tempat, dan informasi.
  • Membuka aplikasi apapun di sistem.
Baca Juga:   [VIDEO] Tutorial Flashing 2 - Flash Symbian dengan CFW pilihanmu

Dengan menggunakan voice assistant bawaan windows yang bernama Cortana, kalian bisa mencari judul lagu favorit dengan mudah.

Namun sebelumnya, pastikan PC yang digunakan memiliki microphone yang berfungsi. Agar semua hal yang diucapkan bisa diterima oleh sistem dengan baik. Berikut langkah dan caranya:

  • Buka aplikasi Cortana di Windows
  • Lalu ucapkan “what is this song
  • Selanjutnya, silakan nyanyikan lagu yang ingin dicari
  • Cortana akan mencarikan lagu tersebut dan menampilkan hasilnya.

Midomi

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC - Midomi
Midomi | Sumber: Midomi.com

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC berikutnya bisa dilakukan melalui sebuah web browser bernama Midomi. Web tersebut menyediakan jasa untuk mencari judul lagu secara mudah dan cepat.

Midomi sendiri dibuat dan dikembangkan oleh SoundHound. Pengguna tidak perlu repot mengetikan potongan lirik lagu. Cukup mengunjungi web Midomi, lalu hanya perlu satu kali klik dan Midomi secara otomatis akan menangkap frekuensi nyanyian yang didengarnya. 

Dengan kata lain, pengguna diminta untuk menyanyikan lirik lagu sesuai dengan nadanya agar dapat menemukan judul lagu. Asalkan nadanya tepat, tak perlu suara yang bagus pun, Midomi bisa mendeteksi judul lagu yang sedang dicari.

Pastikan juga, kalian memiliki microphone yang bagus agar pencarian judul lagu lebih optimal.

Tunatic

Hampir sama dengan cara di atas, Tunatic juga bisa dijadikan cara mencari judul lagu dengan suara di PC. Kalian hanya perlu menyanyikan lagu yang ingin dicari.

Pastikan microphone dan koneksi internet yang kalian miliki lancar dan dapat digunakan dengan baik. Cukup satu kali klik, Tunatic akan mencocokan nada lagu yang dinyanyikan dan mencari judul, penyanyi, bahkan lirik lagu lengkap. 

Tak perlu khawatir dengan suara yang kurang merdu, asalkan nadanya pas saat menyanyikan lirik lagu tersebut, Tunatic dengan mudah bisa menemukannya. 

Baca Juga:   [How To] Cara Enable Safe Mode pada Windows 8

Jika nadanya kurang pas, maka Tunatic akan kesulitan untuk mengidentifikasi judul lagu yang dicari.

Audiggle

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC - Audiggle
Audiggle | Sumber: Uptodown

Cara mencari judul lagu dengan suara di PC yang terakhir yaitu melalui Audiggle. Semacam web browser pencari lagu yang hampir sama dengan Midomi. 

Penggunanya akan diminta untuk menyanyikan lagu yang ingin dicari. Namun, keunggulan Audiggle ini memiliki fasilitas tambahan lainnya. Audiggle tidak hanya berfungsi untuk mencari lagu saja, namun juga mencari acara TV, film, dan video lainnya.

Bisa dikatakan Audiggle memiliki fitur yang lebih lengkap dan luas jangkauan pencariannya. 

Jika kalian tidak bersedia menyanyikan lagu, maka silakan ketikkan penggalan lirik lagunya. Secara otomatis, Audiggle akan mencarikan judul lagunya.

Demikian beberapa cara mencari judul lagu dengan suara di PC. Benar-benar mudah bukan? Teknologi memang sudah sejauh itu, memudahkan penggunanya. Kalian juga bisa memanfaatkan cara di atas buat seru-seruan bareng teman, seperti bermain kuis tebak lagu ala Berpacu dengan Melodi. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment