Cara Menginstal Windows 7 dengan Mudah

Achmad Fachrur Rozi

cara menginstal windows 7

Pondokgue.com – Cara menginstal Windows 7 sebenarnya mudah. Sama seperti versi Windows lainnya. Untuk saat ini, mungkin pengguna Windows 7 sudah sangat jarang ditemukan. 

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Windows Vista, Windows 7 terbilang lebih populer. Cara menginstall Windows 7 juga terbilang mudah dilakukan.

Tak perlu repot membawa laptop kalian ke jasa servis. Kalian bisa menginstallnya di laptop atau komputer sendiri.

Namun sebelum memutuskan untuk menginstall Windows 7, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan agar data di perangkat tersebut tidak hilang atau terhapus karena proses pemasangan berlangsung.

Pertama, kalian harus membackup data penting. Lalu siapkan charger agar laptop tidak mati di tengah proses penginstalan. Siapkan juga Installer Windows 7 berupa flashdisk atau bisa juga DVD.

Jika semua hal tersebut sudah dilakukan, langsung saja simak penjelasan berikut.

Cara Menginstal Windows 7

Cara menginstal Windows 7 di laptop sebenarnya mudah. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstalnya sendiri di rumah:

  1. Masukkan Installer Windows 7 yang sudah disiapkan dan catat serial numbernya.
  2. Atur agar booting awal melalui DVD. Pengaturan dilakukan pada BIOS. Tekan Delete ataupun F2 untuk bisa masuk BIOS, atau sesuaikan dengan motherboard. Kemudian Simpan lalu restart.
  3. Jika muncul peirintah Press any key too boot from CD or DVD, tekan tombol apa saja. Setelah itu akan muncul proses Windows is loading files, dilanjutkan dengan Starting Windows.
  4. Pilih Language to Install, Time and currency format, untuk keyboard biarkan US. Lalu klik Next. Kemudian pilih Install Now.
  5. Tunggu beberapa saat pada proses Setup is starting. Kemudian beri centang pada I accept the license terms, kemudian klik next. Pada bagian ini, pilih saja Custom (Advenced). Agar nantinya dapat memilih di drive mana Windows 7 akan di install.
  6. Mengatur drive sekaligus partisi pada step ini disarankan bagilah hardisk minimal 2 drive. Satu untuk drive untuk Windows 7 (C) dan satu drive untuk data (D) dengan memilih drive option. Sebelum lanjut, pilihlah Disk 0 Partition 2 yang merupakan partisi (C). Kemudian klik Next.
  7. Secara otomatis komputer akan restart sendiri. Setelah selesai restart, tunggulah proses Setup is starting service. Proses instalasi akan dilanjutkan secara otomatis.
  8. Setelah proses instalasi selesai, komputer akan kembali restart. Tunggulah hingga proses Setup is preparing your computer for first use selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan proses Setup is checking video performance.
  9. Setelah proses di atas, Pins akan diminta memasukan Username dan Computer Name, kemudian klik next. Jika diperlukan, masukan password yang diinginkan.
  10. Masukkan Product key, lalu klik next. Jika tidak memilikinya bisa lewatkan dengan klik skip. Pilih opsi yang diinginkan untuk fasilitas windows update.
  11. Pilih zona waktu. Kalian juga akan diminta untuk menetapkan lokasi jaringan, jika terhubung dalam sebuah jaringan.
  12. Dengan begitu, kalian sudah berhasil menginstall Windows 7 sendiri pada komputer ataupun laptop. Tunggulah sampai masuk ke desktop.
Baca Juga:   8 Cara Mengatasi Laptop yang Tiba Tiba Mati

Demikian cara menginstall Windows 7 yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah dengan mudah tanpa harus mengunjungi tempat servis laptop. Hal ini tentu saja akan menghemat uang. Namun perlu diingatkan lagi agar tidak lupa untuk memastikan semua data sudah terbackup dengan aman. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment