Review ASUS ExpertBook P1412CEA, Laptop TKDN Andal dengan Chipset Intel 11th Gen

Achmad Fachrur Rozi

Review ASUS ExpertBook P1412CEA

Pondokgue.com – Review ASUS ExpertBook P1412CEA akan kami sajikan kepada Anda yang mungkin sedang mencari laptop terbaik untuk menunjang pekerjaan yang multitasking.

Beberapa hari ini, saya berkesempatan menjajal ASUS ExpertBook P1412CEA sebagai daily driver untuk mengerjakan berbagai aktivitas harian.

Merk ExpertBook dari ASUS memang khusus ditujukan untuk sektor bisnis, sehingga perangkatnya dituntut andal, aman, dan tangguh untuk kebutuhan mobile.

Seri ExpertBook P1412 ini mengusung konsep laptop kelas pekerja yang tangguh dengan harga terjangkau.

Laptop ASUS Pertama yang Mengantongi Setifikat TKDN 

ASUS ExpertBook P1412CEA Telah Mengantongi Sertifikat TKDN

Menariknya, laptop ini sudah mengantongi sertifikat TKDN dengan nilai TKDN barang 20,85%. 

Jika ditambah dengan nilai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan), maka nilainya menjadi 31,95%. 

ASUS ExpertBook P1412CEA merupakan laptop TKDN ASUS pertama yang diproduksi di Indonesia.

Ada beberapa komponen lokal yang melengkapi ExpertBook P1412, di antaranya komponen karton untuk kemasan laptop, adaptor charger, buku manual, hingga label-label yang terpasang di laptop maupun kemasannya. 

Sementara untuk hardware bawaannya, mulai dari prosesor, baterai, kipas, memori, port USB/HDMI, modul WiFi dan lainnya masih diimpor dari China atau Taiwan. 

Targetnya, ExpertBook P1412 diproduksi hingga 100 unit per hari, yang terdiri atas bermacam stock keeping unit (SKU), dengan spesifikasi chipset, kapasitas hard disk, dan RAM yang berbeda-beda. 

Diraihnya sertifikat TKDN ini, merupakan upaya ASUS dalam bersaing dengan vendor laptop lain di segmen government (pemerintahan). 

Dengan begitu, maka perusahaan bisa mengikuti proyek tender pengadaan barang yang dilakukan pemerintah, seperti laptop. 

Standar Kementerian Perindustrian sudah terpenuhi, mengingat adanya opsi TKDN kurang dari 25 persen, asalkan ditambah dengan nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP), sehingga akumulasinya menjadi 25 persen atau lebih. 

Oleh sebab itu, untuk memenuhi persyaratan tersebut ASUS memproduksi ExpertBook P1 di manufaktur Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan Riau. 

Laptop ASUS yang dijual di Indonesia sebelumnya, masih diimpor dari China atau Taiwan. 

Desain Laptop ASUS ExpertBook P1412CEA

Sebagai laptop bisnis yang diperuntukkan mendukung penggunanya bekerja di berbagai medan, laptop ini didesain elegan dan bodi yang tangguh. Terbukti dengan diperolehnya sertifikasi standar militer MIL-STD-810H. 

Dengan dipenuhinya standar militer MIL-STD-810H ini, ketangguhannya jelas sudah teruji. Karena telah menjalani uji ekstrem termasuk uji jatuh dari ketinggian ekstrem, suhu, kelembaban, dan sebagainya.

Sehingga cocok digunakan bekerja di lingkungan yang lebih keras seperti lokasi proyek, pabrik, dan sebagainya.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Layar ExpertBook P1412CEA

Tampilan ASUS ExpertBook P1412CEA

Laptop bisnis ExpertBook P1412CEA telah dibekali dengan layar berteknologi NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis TFT LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight.

Resolusi yang mampu dihasilkannya sudah Full HD 1920×1080 piksel dan mampu menampilkan warna 45% NTSC color gamut yang cemerlang dan tajam di kelasnya. 

Selain itu, berkat dukungan fitur Asus EyeCare protection, pengguna laptop ini tidak perlu khawatir mata tak cepat lelah saat menatap layar dalam waktu lama.

Dukungan fitur ASUS Splendid pada laptop ini juga mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. 

Laptop ini memiliki bezel layar yang tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 82%.

Prosesor Intel Core i5 Gen 11

ASUS ExpertBook P1412CEA Intel Core i5 Gen 11

Dalam segi performa, ASUS ExpertBook P1412CEA menawarkan dukungan prosesor Intel Core i5-1135G7 4 core (8 thread) Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 2,4GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz.

Sehingga masih sangat mumpuni untuk menangani komputasi modern saat ini.

Apalagi laptop yang kami gunakan saat ini telah diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB DDR4-3200Mhz yang masih dapat di-upgrade sesuai kebutuhan.

Sektor media penyimpanan, ASUS ExpertBook P1412CEA yang kami gunakan ini telah dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) berkapasitas 256GB PCIe 3.0 x4 M.2. 

Meski bukan varian tertingginya, namun sama-sama menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien, sehingga loading sistem terasa sangat gegas dan responsif. Laptop ini dilengkapi drive bay 2,5 inci kosong untuk menambahkan SSD atau HDD tambahan.

Sisi grafis, laptop bisnis ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel® Iris® Xᵉ. 

Bagi yang ingin menjalankan game baru atau tugas multimedia yang berat, Intel Iris Xe Graphics dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan arsitektur Xe yang baru dan teknologi supernode 10 nm, kartu grafis ini mampu memberikan kinerja yang luar biasa.

Pabrikan asal negeri Taiwan ini mengandalkan GPU Intel® Iris® Xᵉ yang mengusung 80 execution unit (EUs). 

Dilengkapi Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021

Laptop ASUS ExpertBook P1412CEA Update Windows 11

Sebagai laptop bisnis, bundle dukungan sistem operasi Microsoft Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed di dalamnya jelas menjadi nilai tambah. 

Sehingga pengguna tak perlu mengeluarkan budget untuk membeli lisensi lagi saat mulai menggunakan laptop ini.

Konektivitas Lengkap disertai Dongle LAN Tambahan

Port Sebelah Kanan Laptop ASUS ExpertBook P1412CEA
Port Sebelah Kiri Laptop ASUS ExpertBook P1412CEA

Laptop ini memiliki desain tipis, namun tetap menawarkan konektivitas lengkap. Meliputi WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.1, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, dan combo audio jack.

Dock Dongle RJ45 LAN to USB

Dalam paket penjualannya, tersedia juga dongle RJ45 tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan koneksi internet yang lebih baik.

Baca Juga:   Acer Swift 3 (SF314-55) Multimedia Notebook Multifungsi

Sektor audio, ExpertBook P1412CEA ini dibekali dengan speaker stereo yang didukung teknologi ICEpower dan Asus Sonic Master.

Meski belum semantap Harman Kardon, namun kualitas audio yang disajikannya sudah cukup memanjakan telinga pengguna.

Laptop Bisnis dengan Keamanan Mumpuni

ASUS tidak hanya memberikan label laptop bisnis saja, namun juga telah mempersenjatainya dengan fitur keamanan sensor sidik jari dengan dukungan Windows Hello, Trusted Platform Module (TPM) 2.0, Kensington Lock, dan BIOS Booting User Password Protection. 

Selain itu, webcam laptop ini juga sudah dilengkapi privacy shutter untuk melindungi privasi pengguna. 

Hadir juga dukungan fitur keamanan canggih seperti Secure Storage, Secure Guard, System Backtrack, dan sebagainya yang dapat diakses melalui Asus Business Manager. 

Opsi pengamanan dan pengelolaannya juga lebih mudah, khususnya bagi para manajer IT perusahaan. Sistem pengamanan yang kuat untuk memastikan data dan informasi sensitif perusahaan tetap terjaga.

Pengamanan hardware TPM 2.0 (Firmware TPM) di dalamnya berfungsi untuk memastikan para penyerang tidak bisa menerobos sistem operasi dan melakukan pencurian data. 

Sementara keamanan pada bagian fisik laptop, tersedia security lock yang mencegah laptop dicuri khususnya saat ditempatkan di lokasi yang kurang terjaga dengan baik.

Baterai Awet Seharian

Demi mendukung kebutuhan bisnis penggunanya, laptop ini telah dibekali dengan kapasitas 2 Cells 2S1P 37 Whrs lithium ion battery dan dukungan fitur fast charging yang bisa mengisi daya hingga 60% selama 49 menit saja.

Saat digunakan untuk kebutuhan komputasi ringan, multitasking, browsing, kecerahan maksimum, dan memutar musik dengan volume 100% secara bersamaan, laptop ini sanggup bertahan sekitar 5 jam pemakaian.

Harga ASUS ExpertBook P1412CEA 

ASUS ExpertBook P1412CEA merupakan laptop bisnis terjangkau yang tetap menawarkan performa andal dan bodi tangguh dengan standar militer.

Harga laptop bisnis Asus ExpertBook P1412CEA terbaru di Indonesia adalah Rp 7.899.000 untuk varian dengan RAM 8GB dengan SSD 256GB. 

Berbeda dengan laptop konsumer yang berorientasi performa yang tinggi, laptop bisnis seperti ASUS ExpertBook P1412CEA lebih mengunggulkan keandalan dan kestabilan.

Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan fitur keamanan yang lengkap dan performa memadai dari Intel Core i5-1135G7.

Laptop ASUS ExpertBook P1412CEA sudah dibekali OS Microsoft Windows 11 Home dan Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed yang membuatnya siap untuk bekerja.

Secara umum, laptop Asus ExpertBook P1412CEA layak dipertimbangkan bagi pebisnis yang membutuhkan laptop bisnis tangguh dengan harga murah.

Spesifikasi ASUS ExpertBook P1412CEA

PlatformNotebook
Tipe ProsesorIntel Core i5
Processor OnboardIntel Core i5-1135G7 Processor (8M Cache, up to 4.20 GHz)
Kapasitas Penyimpanan256 GB SSD + HDD Housing for storage expansion
Memori Standar8GB DDR4
Tipe GrafisIntel Iris Xe Graphics
Ukuran Layar14 Inch
Resolusi Layar1920 x 1080
Tipe LayarAnti-Glare Display
Layar SentuhTidak
Wireless Network TypeIntegrated
Wireless Network Protocol802.11ax
Wireless BluetoothBluetooth v5.1
Antarmuka / Interface1x USB 3.2 Gen 1 Type-A1x USB 3.2 Gen 1 Type-C2x USB 2.0 Type-A1x HDMI 1.41x 3.5mm Combo Audio Jack1x DC-in
KeyboardChiclet Keyboard
AudioBuilt-in microphone
SpeakerBuilt-in speaker
Kamera720p HD camera
Sistem OperasiWindows 11 Home
Software LainnyaOffice Home and Student 2021 included
Baterai2 Cell
Daya Tahan Baterai37WHrs
Daya / Power45W AC Adapter
Dimensi (PTL)32.54 x 21.60 x 2.04 ~ 2.04 cm
Berat Produk1.50 kg ( with battery), 1.40 kg (without battery)
Lain-lainUS MIL-STD 810H military-grade standardBrightness: 220 nitsColor gamut: NTSC: 45%Screen-to-body ratio: 82 %FingerPrintSonicMasterAudio by ICEpower®Voice control: with Cortana support

Demikian review ASUS ExpertBook P1412CEA, laptop bisnis andal lolos sertifikat TKDN pertama di Indonesia. Perangkat yang kami gunakan sekarang ini memiliki layar 14 inci, dengan prosesor Intel Core i5 Gen 11, RAM 8GB, SSD 256GB, dan GPU Intel Iris Xe.

Dalam paket penjualannya sudah termasuk sistem operasi Windows 11 dan Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed.

Dengan semua keunggulan yang ditawarkannya tersebut, laptop bisnis ini dibanderol dengan harga Rp 7.899.000 untuk varian RAM 8GB dan SSD 256GB.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment