8 Tugas yang Bisa Dikerjakan ChatGPT dengan Baik

Achmad Fachrur Rozi

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT

Pondokgue.com – Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT saat ini beraneka ragam. Chatbot model bahasa canggih yang dikembangkan oleh OpenAI ini memang secara tidak langsung merevolusi cara kita untuk berinteraksi dengan kecerdasan buatan.

Tugas yang Bisa Dikerjakan ChatGPT

Berkat kemampuan pemrosesan bahasa alaminya yang canggih, ChatGPT bisa membantu berbagai tugas, mulai dari menjawab pertanyaan sederhana hingga menulis puisi.

Berikut ini beberapa tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT dengan baik, antara lain:

Buat resep

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT yang pertama adalah membuat resep berdasarkan preferensi pengguna, bahan, atau kebutuhan diet tertentu. 

Berikan titik awal dengan memberikan informasi tertentu tentang hidangan yang diinginkan, seperti jenis masakan, bahan utama yang ingin Anda gunakan, atau batasan diet apa pun yang mungkin Anda miliki. 

ChatGPT kemudian akan memberikan resep dengan petunjuk langkah demi langkah, jumlah bahan, dan tips memasak.

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT - Buat Resep

Buat draf rencana latihan yang dipersonalisasi

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT selanjutnya adalah membuat rencana latihan yang dipersonalisasi atau disesuaikan dengan tingkat kebugaran Anda, sasaran, peralatan yang tersedia, kondisi kesehatan, dan lainnya. 

Untuk memulai, Anda harus memberikan beberapa informasi tentang diri Anda, seperti informasi dasar, tingkat kebugaran saat ini, pengalaman berolahraga, sasaran, kondisi kesehatan, dan akses ke peralatan.

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT - Membuat Draf rencana latihan yang dipersonalisasi

Oya, jika Anda masih kebingungan mengenai informasi mana yang harus dimasukkan, maka bertanyalah kepada ChatGPT apa yang diperlukan untuk mengembangkan rencana latihan yang paling akurat dan personal.

Baca Juga:   Begini Langkah dan Cara Membuat Kartu Kredit

Terlibat dalam permainan trivia

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT berikutnya adalah menantang ChatGPT untuk, atau memintanya membuat, game trivia dengan memberikan pertanyaan, jawaban, atau fakta menarik tentang berbagai topik. 

Cukup beritahu ChatGPT bahwa Anda ingin bermain, lalu tentukan topik atau tema yang ingin difokuskan. Maka nantinya ChatGPT akan membuat pertanyaan untuk Anda jawab. Atau, Anda dapat menantang ChatGPT dengan pertanyaan trivia Anda sendiri.

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT - Buat dan Ikut bermain Trivia

Panduan perjalanan virtual gratis

Selanjutnya, tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT yaitu dapat bertindak sebagai panduan perjalanan virtual dengan memberikan informasi, rekomendasi, dan saran tentang berbagai tujuan perjalanan. 

Perlu diingat bahwa pengetahuan ChatGPT saat ini didasarkan pada data hingga 2021. Artinya, ChatGPT tidak dapat merekomendasikan apa pun yang mungkin muncul baru-baru ini, seperti restoran atau tempat rekreasi baru. 

Namun setidaknya, ChatGPT masih mampu menawarkan wawasan berharga tentang tempat untuk dikunjungi, adat istiadat setempat, masakan, dan topik terkait perjalanan lainnya.

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT - Buat Panduan Perjalanan Virtual Gratis

Buat musik

Kemudian, tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT lainnya adalah membuat musik. Meski sebenarnya ChatGPT tidak dapat membuat musik atau membuat file audio secara langsung. 

Tetapi paling tidak, masih bisa membantu berbagai aspek komposisi musik seperti menulis lirik, menyarankan progresi akor, atau memberikan tips tentang struktur dan aransemen lagu. 

Anda dapat meminta panduan tentang konsep musik tertentu atau bertukar pikiran tentang melodi atau harmoni.

Tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT - Buat Musik

Dapatkan bantuan dengan latihan meditasi dan mindfulness

Bagi yang suka bermeditasi, ChatGPT dapat membantu memandu Anda melalui latihan mindfulness dengan memberikan instruksi dan dukungan. Misalnya, jika Anda ingin melakukan latihan pernapasan sadar selama lima menit, ChatGPT akan memberi Anda petunjuk langkah demi langkah yang mendetail tentang apa yang harus dilakukan.

Baca Juga:   Ninja Pendisk |Antivirus Khusus Flashdisk|
Prompt dan hasil ChatGPT

Jika Anda ingin melakukan jenis meditasi atau latihan mindfulness yang berbeda, tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan, Anda selalu dapat meminta ChatGPT untuk memberi Anda beberapa saran.

Buat resume

Ada banyak pembuat resume di luar sana, tetapi ChatGPT dapat memberikan panduan, saran, dan tip untuk konten dan pemformatan jika Anda ingin membuat resume sendiri. 

Anda harus memberikan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, prestasi, dan detail relevan lainnya yang ingin disertakan.

Jika Anda merasa tidak nyaman melakukannya, Anda dapat meminta ChatGPT untuk memberikan template resume untuk pekerjaan yang hendak dilamar. 

Misalnya ingin melamar pekerjaan sebagai penulis di sebuah website namun tidak ingin memberikan informasi pribadi. Maka nantinya ChatGPT akan membuatkan template resume tersebut. Anda hanya perlu mengisi kekosongan formulir saja.

Prompt dan hasil ChatGPT

Menulis puisi

ChatGPT dapat menulis puisi dalam berbagai gaya dan tema. Beri ChatGPT informasi dasar yang diperlukan untuk membuat puisi, seperti topik, gaya, suasana hati yang diinginkan, atau apa pun yang menurut Anda relevan. Ini kemudian akan menghasilkan puisi berdasarkan informasi tersebut.

Prompt dan hasil ChatGPT

Sebenarnya masih banyak tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT dengan baik. Entah itu untuk keperluan mencari bantuan, hiburan, atau inspirasi kreatif. 

Seiring perkembangan teknologi, kita dapat mengharapkan aplikasi ChatGPT yang lebih inovatif dan model AI serupa. 

Di masa depan, bantuan yang didukung AI seperti ini masih terbuka lebar dan bisa dikatakan ini hanya secuil potensinya saja untuk merevolusi cara berinteraksi dengan dunia digital nantinya. 

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment