HomeKnowledgeIde Setup Gaming dan 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Ide Setup Gaming dan 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Penulis

View

Kategori

PondokGue.com – Bagi kalian yang masih memikirkan ide setup gaming untuk kamar impian, mungkin beberapa rekomendasi berikut bisa menginspirasi.

Saat ini hampir semua kalangan usia hobi bermain game. Bahkan tidak jarang yang mendambakan setup gaming impian.

Duduk di depan meja komputer dalam waktu lama, mungkin akan merasakan betapa pentingnya kualitas setup gaming.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memilih Setup Gaming Idaman

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum merancang tata letak meja, yang paling krusial adalah sisi kenyamanan dan fungsionalitasnya.
Baru kemudian merambah ke hal-hal lain seperti pengaturan audio, penempatan layar, posisi mouse dan keyboard, serta beberapa fitur kecil lainnya, yang bisa berdampak besar pada interaksi pengguna dan PC.

Meja (Desk)

Sebelum membahas ide setup gaming idaman, kalian harus memperhatikan elemen meja yang akan digunakan. Terutama dalam hal penempatannya.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat mencari meja game PC yang ideal, seperti kenyamanan, area permukaan, material, dan keindahan.

Silakan awali dengan menentukan permukaan meja yang ideal berdasarkan selera masing-masing.

Pastikan permukaannya cukup kokoh untuk meletakkan layar atau monitor. Jika ruangan kalian kecil, maka gunakan pengaturan minimalis. Pertimbangkan untuk menggunakan meja berbentuk L agar terkesan lebih luas.

Layar (Monitor)

Penggunaan layar yang tepat sesuai kebutuhan dan posisi layar juga mempengaruhi kenyamanan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan posisi monitor, kalian harus menentukan berapa banyak monitor yang akan digunakan.

Bagi yang menyadari keunggulan layar terpisah untuk bekerja dan bermain game bisa jadi pilihan. Meletakkannya berdampingan, atau bisa juga memasang televisi dinding di atas monitor game di hadapan kalian dengan satu monitor tambahan yang dipasang vertikal.

Layar vertikal ini bisa kalian gunakan untuk memantau komentar sosial media dan pekerjaan lainnya.

Namun perlu diingat, posisi monitor utama harus berada tepat di depan kalian. Hal ini bertujuan agar otot leher tidak menjadi tegang karena terus menengok ke satu sisi.

Ide Setup Gaming - Opsi Posisi Monitor
Opsi Setup Monitor | Sumber: Intel

Pencahayaan

Tidak kalah pentingnya, sebelum menentukan ide setup gaming, kalian harus mempertimbangkan aspek pencahayaan.

Kalian mungkin sering merasakan mata cepat lelah karena menatap layar monitor terus menerus. Oleh sebab itu, kalian perlu mengatur lampu dengan pencahayaan yang tepat. Hindari kemungkinan sorotan lampu kalian terhalang oleh tubuh, sehingga bayangannya muncul di monitor.

Ide Setup Gaming Berbentuk L

Bagi yang ingin menyulap ruangan kalian menjadi kamar gaming, maka ide setup gaming L berikut bisa dipertimbangkan.

Ide Setup Gaming dengan Meja berbentuk L
Ide Setup Gaming Minimalis dengan Meja L

Masalah keterbatasan ruang bisa diatasi dengan pengaturan posisi meja berbentu L. Kalian bisa memasang monitor berdampingan di depan.

Ide setup gaming dengan Meja L

Posisi keyboard terletak di tengah-tengah dan posisi mouse berada di sebelah kanan keyboard.

Kalian juga bisa menempatkan CPU di bagian pojok atau siku huruf L. Hal ini bertujuan agar meja bisa menahan beban lebih maksimal.

Bagi para streamer, kalian bisa mengatur posisi webcam dan microphone di dekat monitor utama.

Ide Setup Gaming Minimalis

Ide Setup Gaming - Monitor Vertikal dan Horizontal
Ide Setup Gaming – Monitor Vertikal dan Horizontal

Jika sebelumnya posisi layar monitor berdampingan dan keduanya diposisikan horizontal. Rekomendasi ide setup gaming selanjutnya bergaya minimalis namun tetap estetik.

Kalian bisa memilih warna putih untuk semua peralatan gaming yang akan digunakan. Sebab warna putih memang terkesan lebih estetik. Meskipun sangat rentan dan mudah kotor.

Ide Setup Gaming - Monitor Vertikal dan Horizontal
Ide Setup Gaming – Monitor Vertikal dan Horizontal

Atur posisi monitor horizontal dan vertikal. Monitor horizontal untuk layar utama dan monitor vertikal untuk layar sekunder. Posisikan keyboard dan mouse di depan layar utama.

Layar sekunder yang diposisikan vertikal berada di sebelah kiri, bisa difungsikan untuk menampilkan chat, pesan, sosial media dan lain sebagainya.

Sedangkan layar utama berfungsi untuk menampilkan aktivitas utama kalian, bisa untuk bermain game, bekerja dan sebagainya.

Posisi layar tersebut juga bisa menghemat ruang di meja.

Ide Setup Gaming Satu Monitor

Ide Setup Gaming Satu Monitor
Ide Setup Gaming Satu Monitor

Ide setup gaming terakhir ini cocok bagi orang yang suka tampilan lebih simpel dengan satu monitor. Kalian bisa menambahkan set audio di sebelah kanan dan kiri monitor agar pengalaman bermain bisa lebih hidup.

Tambahkan juga aksesoris lainnya untuk sisi estetikanya, bisa dengan menambahkan action figure dan sebagainya.

Demikian beberapa rekomendasi ide setup gaming yang bisa kalian pertimbangkan. Pengaturannya bisa menyesuaikan berdasarkan selera masing-masing. Namun yang harus kalian perhatikan adalah posisinya agar kenyamanan pengguna bisa lebih maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru