Mufid Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

4 Tips Menghindari Penebalan Rahim atau Hiperplasia Endometrium

1 min read 52 views

4 Tips Menghindari Penebalan Rahim atau Hiperplasia Endometrium

Pondokgue.com – Hiperplasia endometrium didefinisikan sebagai proliferasi sel-sel lapisan dalam rahim yang berlebihan, yang dikenal sebagai endometrium. Kejadian ini umumnya dianggap sebagai prekursor untuk pengembangan kanker endometrium dan telah terbukti merupakan hasil dari estrogen yang tidak ditentang, seperti yang terlihat dalam kasus terapi estrogen eksogen, siklus anovulasi, sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau obesitas.

Sayangnya, tidak ada metode pasti untuk mencegah perkembangan hiperplasia endometrium. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan wanita untuk mengurangi risikonya. Ini termasuk berhenti merokok, menghindari obesitas, mengambil kombinasi kontrasepsi oral, mencari pengobatan dini untuk kondisi yang mendasarinya, dan mendapatkan pemeriksaan medis rutin.

Risiko terkena kanker endometrium dengan bentuk hiperplasia endometrium pra-kanker kira-kira 25-33%. Ini cukup tinggi dan wanita yang terkena dampak dianjurkan untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mematuhi kunjungan tindak lanjut yang sering.

Apakah penebalan dinding rahim bisa sembuh total? Berikut ini adalah beberapa perawatan alami yang mungkin berguna untuk mengurangi ketebalan endometrium, bukan menyembuhkannya. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan persetujuan dan rekomendasi untuk setiap penyebab perdarahan vagina abnormal sebelum mencoba salah satu metode berikut:

  • Kantong es: Meletakkan kantong es di dekat daerah panggul selama sekitar 15 menit dapat berpotensi membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan hiperplasia endometrium.
  • Minyak jarak: Ketika diaplikasikan pada daerah perut dan panggul, minyak jarak dapat membantu meringankan nyeri akibat hiperplasia endometrium.
  • Bungkus tanah liat: Terbuat dari tanah liat dan air, bungkusan tanah liat dapat diaplikasikan pada perut dengan ketebalan setidaknya setengah inci. Setelah selesai, tutup dengan kain katun dan biarkan mengering setidaknya satu jam. Ini dapat membantu tubuh Anda mengurangi ketebalan endometrium.
  • Minyak ikan: Mengandung asam lemak omega-3, minyak ikan dapat mencegah pertumbuhan sel endometrium yang berlebihan.

Menggunakan pembalut yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya juga dapat menimbulkan berbagai penyakit kewanitaan yang tak diinginkan. Maka pastikan juga bahwa Anda telah memilih merk pembalut yang berkualitas baik.

Mufid Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *