ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400)

Mufid

ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400); Laptop Untuk Content Creator

Pondokgue.comLaptop seperti apa yang dibutuhkan oleh seorang content creator? Sebagian besar mungkin akan menyarankan laptop dengan spesifikasi tinggi seperti halnya laptop gaming mengingat banyak aplikasi kreatif yang memanng membutuhkan spesifikasi cukup tinggi agar dapat berjalan lancar. 

Wajar jika banyak orang menyarankan laptop gaming untuk kebutuhan content creation karena spesifikasinya yang tinggi bahkan di kelas pemulanya. Selain spesifikasi komponen utamanya, beberapa di antara Anda mungkin akan menyarankan untuk membeli laptop yang memiliki layar dengan kualitas visual mumpuni. Alasannya, tentu saja karena kualitas konten yang diproduksi sangat berpengaruh pada kualitas visual yang ditampilkan oleh layar laptop. 

Menariknya, kebutuhan ini bertolak belakang dengan kebutuhan gaming yang hanya fokus pada aspek kecepatan dari sisi refresh rate dan response time. Sementara para content creator tidak memerlukan hal tersebut, melainkan kualitas visual terbaik dengan tingkat reproduksi warna tinggi dan akurat justru lebih dibutuhkan.

Dari permasalahan tersebut, ASUS mencoba memberikan solusi melalui Vivobook Pro 14X OLED (N7400). Namun bukan hanya sekadar “mengawinkan” performa powerful ala laptop gaming dengan pilihan hingga Intel® Core™ i7 processor with Intel® Iris® Xᵉ graphics dengan layar dengan kualitas visual terbaik saja, laptop ini juga dibekali fitur yang membuatnya tampil sebagai laptop yang sangat futuristik. Bagaimana bisa? Mari kita bahas hingga tuntas.

Unik dan Futuristik

Jika dilihat sekilas, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) memang memiliki desain dan tampilan yang berbeda dibandingkan dengan laptop seri Vivobook yang ada sebelumnya. Selain kini mengadopsi desain dengan nuansa yang lebih minimalis dan modern, laptop ini juga hadir dengan ukuran yang tergolong ringkas dan ringan. Ketebalan bodinya 1,79cm dengan bobot hanya 1,45kg sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga memiliki bodi berbahan metal serta keyboard dengan tampilan yang unik. Keyboard pada laptop ini memiliki aksen warna ganda sehingga terlihat lebih futuristik. Di bagian pojok kanan keyboard-nya juga tersemat tombol power yang juga berperan sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor). Pembaca sidik jari tersebut sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga membuat laptop ini lebih aman.

Namun fitur yang paling menarik dari Vivobook Pro 14X OLED (N7400) tidak lain adalah ASUS DialPad. Fitur eksklusif yang merupakan dial virtual tersebut memulai debut salah satunya di Vivobook Pro 14X OLED (N7400).

A white board with writing on it

Description automatically generated with medium confidence

Dalam proses pembuatan konten digital, dial merupakan salah satu perangkat opsional yang telah lama dan banyak digunakan untuk membantu para kreator agar lebih produktif. Dial sendiri memiliki beberapa keunggulan selain mudah digunakan, salah satunya adalah tingkat akurasinya yang jauh lebih baik dari mouse.

ASUS DialPad sudah tertanam di bagian touchpad Vivobook Pro 14X OLED (N7400). Untuk mengaktifkannya, cukup geser ikon yang terdapat di pojok kanan atas touchpad laptop ini. ASUS DialPad bekerja layaknya sebuah dial, bahkan dapat diatur untuk berfungsi layaknya Microsoft Surface Dial. Menariknya, ASUS DialPad tealh dilengkapi dengan software khusus yang memungkinkan pengguna Vivobook Pro 14X OLED (N7400) untuk mengatur fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini terdapat empat aplikasi kreatif populer yang telah mendukung penggunaan ASUS DialPad, yaitu Adobe Lightroom Classic CC, Photoshop CC, Premiere CC, dan After Effects CC. Dukungan terhadap software lainnya dijanjikan akan hadir kemudian.

Layar Terbaik untuk Content Creation

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) merupakan salah satu laptop kreator dari ASUS yang mengusung layar berteknologi ASUS OLED. Dari segi ukuran layar, laptop ini memang sangat cocok untuk pengguna yang lebih suka menggunakan layar berukuran besar serta membutuhkan ruang kerja yang lega. Berkat resolusi layarnya yang tinggi yaitu 2,8K (2880×1800), Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dapat menghadirkan kualitas visual yang tajam. Namun kelebihan Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dalam hal kualitas visual tidak sampai di situ saja.

A close up of a book

Description automatically generated with low confidence

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) menggunakan layar yang sudah dilengkapi teknologi ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar lainnya, ASUS OLED menyediakan solusi lengkap bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik. ASUS OLED juga dilengkapi teknologi yang dapat melindungi kesehatan mata, serta telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuat laptop dengan layar ASUS OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

Baca Juga:   Lenovo Legion Pro 7i Gen 8, Laptop AI Tuned Gaming Overkill

Dimulai dari panel yang digunakan, layar ASUS OLED tentu saja menggunakan panel OLED (Organic Light-Emitting Diode). Karena menggunakan panel OLED, layar ASUS OLED memiliki struktur yang sangat berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel IPS. Layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

Warna yang Kaya dan Akurat Hanya di ASUS OLED

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna yang sangat banyak bukan berarti apa-apa jika warna yang ditampilkan tidak akurat. Di sinilah salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. 

Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

Editing Video Jadi Lebih Nyaman

ASUS OLED juga merupakan layar terbaik untuk para video editor. Selain memiliki spektrum warna yang luas dan akurat, layar ASUS OLED juga telah mendukung format HDR atau High Dynamic Range. Bersertifikasi Vesa DisplayHDR, layar ASUS OLED memiliki tingkat kontras warna yang sangat tinggi yaitu dengan rasio hingga 1.000.000:1. ASUS OLED juga memiliki tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 500nits, sehingga dapat tetap nyaman digunakan di luar ruangan.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang sangat berguna saat melakukan editing video, yaitu ASUS OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur.

Lebih Produktif Tanpa Merusak Mata

Salah satu efek negatif terbesar ketika menggunakan perangkat elektronik seperti laptop adalah paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi pancarane radiasi cahaya biru secara signifikan tanpa mengurangi kualitas visual. 

ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

A close up of a keyboard

Description automatically generated

Bukan Laptop Creator Jika Tak Punya Performa Kencang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, laptop khusus untuk para content creator sudah seharusnya dibekali dengan spesifikasi hardware lebih tinggi dibandingkan laptop untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Bagaimana dengan Vivobook Pro 14X OLED (N7400)?

Baca Juga:   6 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Pertama, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) ditenagai oleh CPU 11th Gen Intel Core H Series dengan versi tertingginya yaitu Intel Core i7-11370H. CPU tersebut biasanya digunakan di sebuah laptop gaming seperti halnya TUF Dash F15 yang artinya laptop ini memiliki performa sekelas laptop gaming. 

Tidak hanya soal CPU, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga mengadopsi GPU kelas gaming yaitu NVIDIA GeForce RTX 3050. GPU yang menggunakan arsitektur terbaru ini juga telah mendukung berbagai teknologi grafis modern, salah satunya adalah real-time ray tracing. Menariknya lagi, GPU di Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dibekali dengan NVIDIA Studio Driver. 

Berbeda dengan Game Ready Driver yang biasanya terpasang di laptop gaming, NVIDIA Studio Driver fokus pada optimalisasi GPU pada software dan aplikasi yang dibutuhkan oleh kreator.

Memori dan penyimpanan Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga sangat diperhatikan oleh ASUS. Laptop ini sudah dibekali dengan memori (RAM) DDR4 3200MHz berkapasitas 16GB yang tentunya sudah memenuhi standar untuk menjalankan berbagai aplikasi kreatif. Sementara penyimpanannya yang menggunakan PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas hingga 1TB membuat aplikasi dapat berjalan lebih gesit sekaligus memungkinkan pengguna laptop ini menyimpan data secara lebih leluasa.

Main Spec.VivoBook Pro 14X OLED (N7400)
CPUIntel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz)Intel® Core™ i5-11300H Processor 3.1 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz)
Operating SystemWindows 10 (Upgradable to Windows 11)Windows 11
Memory16GB DDR4 3200MHz (dual channel)
Storage512GB PCIe® Gen3 x4 SSD1TB PCIe® Gen3 x4 SSD
Display14”, 2.8K (2880×1800) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio DriverIntel Iris Xᵉ integrated GPU 
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
CameraHD Web Camera with privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm
Weight1.45 Kg
ColorsComet Grey, Cool Silver
PriceRp16.799.000 (Core i5 / 512GB SSD)Rp19.799.000 (Core i7 / 1TB SSD)
Warranty2 tahun garansi global

Berikut adalah hasil benchmark Vivobook Pro 14X OLED (N7400) yang menggunakan CPU Intel Core i7-11370H, GPU GeForce RTX 3050, 16GB RAM, dan 1TB PCIe SSD:

Tidak hanya soal performa komputasi, performa pendinginan juga harus sangat dipertimbangkan karena Vivobook Pro 14X OLED (N7400) mengusung hardware kelas gaming. Karena itulah laptop ini pun harus menggunakan sistem pendingin khusus. ASUS pun menyematkan sistem pendingin IceCool terbaru yang sudah menggunakan dua kipas. 

Dalam pengujian menggunakan 3DMark Stress Test pada mode Time Spy sebanyak 20 kali pengulangan, sistem pendingin di laptop ini dapat menjaga rata-rata suhu operasional di angka 61⁰C. Angka tersebut tergolong rendah mengingat dimensi Vivobook Pro 14X OLED (N7400) yang sangat ringkas.

Graphical user interface, text, application

Description automatically generated

Lebih Mudah dan Nyaman Digunakan

ASUS sepertinya sangat paham bahwa para kerator membutuhkan konektivitas yang lengkap. Mereka sering menggunakan perangkat tambahan untuk berkarya, mulai dari pen tablet, penyimpanan eksternal, dan lainnya. Hal tersebutlah yang membuat laptop ini (N7400) juga tampil dengan port yang lengkap.

A close up of a cell phone

Description automatically generated with medium confidence

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dilengkapi dengan port USB Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, dan pembaca kartu microSD. Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga hadir dengan port USB Type-C Thunderbolt 4 yang telah mendukung fitur USB Power Delivery. Artinya, pengguna laptop ini juga bisa mengisi daya baterai laptopnya menggunakan charger USB Type-C yang lebih ringkas atau bahkan menggunakan power bank untuk memperpanjang penggunaannya.

A black rectangular object on a wooden surface

Description automatically generated with low confidence

Tidak hanya memiliki port yang tergolong lengkap, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga telah dilengkapi dengan fasilitas koneksi nirkabel yang sangat mumpuni. Konektivitas nirkabel utamanya disokong oleh modul WiFi 6 (802.11ax) yang juga telah didukung oleh teknologi ASUS WiFi Master untuk konektivitas lebih baik. Selain itu, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali dengan Bluetooth 5.0 yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti mouse atau headphone nirkabel.

A picture containing text, electronics

Description automatically generated

Berkat konektivitas yang sangat lengkap, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) menjadi mudah dan nyaman digunakan. Pasalnya, pengguna laptop ini sudah tidak membutuhkan dongle untuk menghubungkan berbagai perangkatnya. Selain itu, kenyamanan penggunaan Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga ditingkatkan dari sisi daya tahan baterainya. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini berhasil bertahan lebih dari 9 jam pada mode Modern Office. Dengan kata lain saat digunakan dengan skenario penggunaan kantoran, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) dapat bertahan kurang lebih selama 9 jam. Cukup panjang untuk sebuah laptop yang ditenagai oleh CPU dan GPU kelas gaming.

Kesimpulan

Para kreator yang bingung memilih laptop kini telah memiliki opsi terbaik. Tidak hanya mengusung spesifikasi yang sangat mumpuni untuk content creation, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali layar berteknologi ASUS OLED yang merupakan layar terbaik untuk content creation. 

Disamping desain dan fiturnya yang futuristik, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) juga dibanderol denngan harga di bawah Rp20 juta sehingga masih sangat terjangkau oleh para content creator pemula atau bahkan pelajar yang ingin serius berkarya.

Informasi tentang laptop asus terbaru, silakan ikuti di Zencreator.ID.

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

Leave a Comment