ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop untuk Semua Kalangan  

Mufid

ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop untuk Semua Kalangan

Pondokgue.com – Meski sering dicap sebagai salah satu tahun paling buruk, namun tahun 2020 masih membawa beberapa hal positif. Salah satu hal paling positif adalah membuktikan bahwa kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan sekolah dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Transisinya memang tidak sangat mulus dan penuh rintangan, namun konsep bekerja dan belajar tanpa harus pergi ke kantor atau sekolah terbukti dapat dilakukan. 

Salah satu kendalanya memang terdapat pada perangkat. Tidak semua orang memiliki komputer di rumahnya sehingga sulit untuk bekerja atau belajar dari rumah. Solusi paling praktis adalah membeli laptop, karena bentuknya yang jauh lebih ringkas dari PC dan sudah dilengkapi dengan fitur untuk memenuhi kebutuhan bekerja atau belajar dari rumah seperti telah tersedianya webcam dan mikrofon. 

Namun sekali lagi, memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan bekerja dan belajar dari rumah ternyata juga tidak mudah bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya laptop yang dirancang secara spesifik untuk kebutuhan penggunaan tertentu, seperti laptop khusus untuk bermain game, atau bahkan laptop khusus untuk para content creator. 

ASUS yang merupakan pemain utama di pasar laptop dunia dan Indonesia, tampaknya berhasil melihat peluang atas permasalahan tersebut. Alih-alih rajin menghadirkan laptop yang lebih spesifik, kali ini ASUS memperkenalkan VivoBook 14 (A416) yaitu sebuah laptop yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dasar para pekerja dan pelajar. 

VivoBook 14 (A416) memang sebuah laptop kelas entry-level atau pemula. Meski demikian, laptop ini masih tampil layaknya sebuah laptop modern dan tetap menggunakan hardware terkini. Desain bodinya maish tetap ringkas dan mudah dibawa bepergian. Sementara dari sisi hardware laptop ini mendukung penggunaan PCIe SSD serta ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core. 

Laptop ini juga memiliki konektivitas yang cukup lengkap dan memenuhi standar konektivitas sebuah laptop modern yang dirilis tahun 2020. Selain telah dilengkapi webcam dan mikrofon terintegrasi untuk keperluan meeting secara online, VivoBook 14 (A416) juga sudah hadir dengan Office Pre-Installed sehingga siap langsung digunakan saat dikeluarkan dari kotaknya. 

Tampilan Khas Laptop Modern 

ASUS VivoBook 14 (A416) merupakan laptop modern dengan konsep mobilitas tinggi. Itulah mengapa VivoBook 14 (A416) tetap hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Bobotnya hanya 1,6 kilogram dan ketebalannya hanya 19.9mm membuat laptop ini tetap mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, ASUS bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas. 

Salah satu rahasia mengapa VivoBook 14 (A416) dapat memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan laptop 14 inci pada umumnya adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif dari ASUS tersebut memungkinkan bezel layar pada VivoBook 14 (A416) dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. 

Baca Juga:   5 Seri Produk ASUS Dengan Processor AMD Ryzen 4000

Berbicara soal layar, VivoBook 14 (A416) juga telah dibekali dengan layar berukuran 14 inci dengan resolusi hingga Full HD. Layar tersebut sangat cocok digunakan baik untuk bekerja maupun untuk menikmati konten multimedia karena sudah dilapisi dengan lapisan anti-silau (anti-glare) serta memiliki sudut pandang hingga 178 derajat. 

Punya Fitur Premium 

ASUS VivoBook 14 (A416) dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit, membuat laptop ini tetap dapat digunakan meski dalam kondisi gelap. Keyboard VivoBook 14 (A416) juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik. 

Selain keyboard yang nyaman, beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password. 

ASUS telah membekali VivoBook 14 (A416) dengan satu kamera sehingga laptop ini sudah bisa diandalkan sebagai perangkat untuk bekerja atau belajar di rumah. Pengguna VivoBook 14 (A416) juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software office karena laptop ini sudah dilengkapi denga Microsoft Office Pre-Installed. 

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini,  Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan.  

VivoBook 14 (A416) dirancang sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas. Untuk itulah VivoBook 14 (A416) dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari. Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel. 

ASUS VivoBook 14 (A416) juga tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fitur, tetapi juga memiliki konstruksi yang tangguh. Berbagai bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar, terbuat dari bahan logam untuk memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. ASUS juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD di VivoBook 14 (A416) bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat menyerap getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya. 

Dukungan Link To MyASUS 

Satu lagi kelebihan VivoBook 14 (A416) adalah hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang merupakan pusat kontrol untuk laptop ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan troubleshooting. MyASUS juga menyediakan fasilitas agar penggunanya dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS. 

Baca Juga:   Rekomendasi Laptop Murah untuk Bisnis Jasa Penulis Artikel

Yang paling menarik dari MyASUS adalah fitur bernama Link to MyASUS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) untuk menghubungkan smartphone-nya dengan laptop agar dapat beraktivitas secara lebih produktif. Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Link to MyASUS bahkan menyediakan fasilitas untuk berbagi file secara instan antara laptop dengan smartphone. 

Dukungan Hardware Modern 

ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core, prosesor modern dengan serangkaian fitur dan teknologi terkini. Varian tertingginya hadir dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Konfigurasi dan kemampuan prosesor ersebut membuat VivoBook 14 (A416) dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan mulai dari bekerja, berselancar di internet, atau menikmati konten multimedia. 

Beberapa varian VivoBook 14 (A416) juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan VivoBook 14 (A416) dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi photo editing, video editing, hingga game kasual. 

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan, VivoBook 14 (A416) hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 12GB. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, Anda dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini. 

VivoBook 14 (A416) sendiri dilengkapi dengan baterai berkapasitas 37Wh yang cukup untuk menemani penggunanya berkagiatan seharian. Ketika diuji menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office, VivoBook 14 (A416) berhasil bertahan hingga hampir 8 jam. Jika diasumsikan rata-rata jumlah jam kerja dalam sehari adalah delapan jam, artinya Anda tidak perlu lagi mengisi daya baterai laptop ini untuk bekerjas seharian. 

Berikut adalah hasil benchmark ASUS VivoBook 14 (A416) versi Intel Core i3 dengan SSD 512GB dan RAM 4GB: 

Kesimpulan 

Anda membutuhkan laptop untuk bekerja dan belajar dari rumah? VivoBook 14 (A416) merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya memiliki harga yang sangat menarik, laptop ini juga sudah sangat mumpuni untuk memenuhi semua kebutuhan dasar komputasi modern. 

Di Indonesia, ASUS VivoBook 14 (A416) dipasarkan di harga mulai dari Rp5.144.000. Informasi lebih lanjut produk ini dapat di simak di URL berikut. https://id.store.asus.com/vivobook-14-a416.html 

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Tags

Related Post

2 thoughts on “ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop untuk Semua Kalangan  ”

Leave a Comment