Rekomendasi Laptop di Bawah 5 Jutaan Terbaik 2022, Begini Cara Memilihnya

Achmad Fachrur Rozi

Rekomendasi Laptop di Bawah 5 Jutaan Terbaik 2022

PondokGue.com – Rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 memang sedikit sulit untuk menyaring daftarnya. Sebab laptop keluaran terbaru saat ini harganya di atas 6 jutaan.

Pembaca sering menanyakan hal tersebut, dengan budget sekitar 5 jutaan, kira-kira dapat laptop seperti apa?

Tentu pertanyaan tersebut masih harus dikerucutkan lagi, mau yang baru atau bekas. Diperuntukkan bagi kebutuhan apa? Misalnya untuk komputasi harian, desain ringan, mengerjakan tugas, browsing atau sesekali bermain game. 

Jika kebutuhan tersebut sudah ditentukan, maka barulah memilih laptop yang tepat dengan budget tersebut.

Cara Memilih Laptop di Bawah 5 Jutaan

Sebelum beranjak membahas rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan, kalian perlu memahami beberapa poin terlebih dahulu. Di antaranya seperti ukuran layar, ruang penyimpanan, dan prosesornya.

Sambil memilah rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan, kalian bisa juga membandingkan laptop incaran kalian di website versus untuk mengetahui mana yang kiranya lebih unggul.

Berikut ini cara memilih laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022:

Tentukan Ukuran Layar

Laptop dengan budget di bawah 5 juta, memang sudah tersedia beragam ukuran layar yang dapat dipilih.

Jika kalian ingin menjadikan laptop tersebut sebagai perangkat utama dan digunakan sehari-hari, ukuran laptop yang tepat yaitu laptop dengan layar 14 inci. 

Sebab ukuran tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, pas! Kemudian carilah layar dengan kualitas full HD agar gambarnya lebih jelas.

Selanjutnya jika ingin dibawa kemana-mana untuk bekerja, sebaiknya pilihlah laptop yang bobotnya lebih ringan dan tipis.

Tentukan Penyimpanan Internalnya

Jenis penyimpanan internal pada laptop sangat krusial dalam hal kecepatan transfer data. 

Jika kalian mematok budget di bawah 5 juta, mungkin jenis dan kapasitas penyimpanan ini akan sangat berdampak pada harga. 

Baca Juga:   5 Seri Produk ASUS Dengan Processor AMD Ryzen 4000

Jenis storage SSD, memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih baik dari pada HDD. Namun biasanya harga laptop tersebut akan menjadi lebih mahal.

Sebaliknya, penggunaan storage HDD menawarkan kapasitas yang besar, namun kecepatan transfer datanya juga lebih lambat. Oleh sebab itu, harga laptop tersebut menjadi lebih murah.

Bagi kalian yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar, maka pilihlah opsi HDD. Nantinya jika ada budget lebih, silakan upgrade ke SSD agar performa transfer datanya lebih cepat.

Ada satu lagi jenis penyimpanan yang jarang diperhatikan yaitu eMMC. Storage ini sangat cocok bagi kalian yang tidak terlalu mementingkan kapasitas penyimpanan. eMMC memiliki kapasitas yang kecil, namun menawarkan proses booting yang lebih cepat dibandingkan HDD. 

Selain itu, kecepatan menulis dan membaca datanya juga lebih cepat serta lebih tahan guncangan fisik karena tidak menggunakan piringan cakram ala HDD. Harganya jelas jauh lebih murah lagi dibandingkan HDD.

Biasanya laptop dengan eMMC menjadikan cloud sebagai ruang penyimpanan utama. Sehingga kalian bisa membuka file tersebut di perangkat manapun.

Perhatikan Prosesornya

Biasanya laptop di bawah 5 jutaan menawarkan prosesor Intel Celeron Dual Core atau sejenisnya. Keunggulan prosesor ini terletak pada sisi hemat tenaga, sehingga laptop bisa digunakan lebih tahan lama.

Prosesor Intel Celeron generasi terbaru pada laptop sekarang ini masih sangat mampu mengakomodasi kebutuhan sekolah, kuliah, membuka Microsoft Office, meeting online, hingga menonton film streaming. 

Namun sayangnya prosesor ini tidak bisa dipaksakan untuk melakukan pekerjaan berat, seperti bermain game dan mengedit video.

Sedangkan jika ingin menggunakan laptop sesekali untuk gaming, namun budget di bawah 5 juta, mungkin bisa memilih laptop dengan prosesor AMD. Prosesor ini masih sanggup untuk menjalankan game entry level dan kinerjanya juga lebih stabil untuk gaming. Tapi perlu diingat, bukan game-game berat.

Rekomendasi Laptop di Bawah 5 Jutaan Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 untuk kebutuhan sehari-hari:

Baca Juga:   ASUS Vivobook Pro 14X OLED (N7400)

ASUS M409DA-EK301T – Harga Rp5.000.000

rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 - ASUS M409DA
ASUS M409DA-EK301T | Sumber: ASUS

Spesifikasi Utama ASUS M409DA-EK301T

  • Layar: 14.0-inch Full HD
  • Prosesor: AMD Ryzen 3 3200U (2.60 – 3.50 GHz, 1 MB Cache)
  • Kartu Grafis: AMD Radeon Vega 3
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 1 TB HDD
  • Baterai: 2 -Cell 32 Wh Polymer

Laptop di atas sudah beresolusi layar full HD sehingga dapat memberikan kualitas visual jernih dan mengesankan. 

Pada sektor CPU, ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen 3 dan didukung RAM 4 GB yang akan membuat kinerja laptop ini menjadi bertenaga dan memiliki performa yang responsif untuk pekerjaan multitasking sekalipun, mulai dari berselancar di dunia maya, nonton streaming kualitas 4K, pengeditan foto ringan, dan lain sebagainya.

Lenovo S145 Ryzen 3 3 200U – Harga Rp4.800.000

rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 - Lenovo S145 Ryzen 3
Lenovo S145 Ryzen 3 3200U | Sumber: Lenovo

Spesifikasi Utama Lenovo S145 Ryzen 3 3200U

  • Layar: 14? HD (1366 x 768) TN 220 nits Anti-glare
  • Prosesor: AMD Ryzen 3 3200U (2C / 4T, 2.6 / 3.5GHz, 1MB L2 / 4MB L3)
  • Kartu Grafis: AMD Radeon Vega 3
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 1 TB HDD
  • Baterai: Integrated 30Wh

Ditenagai dengan prosesor Ryzen 3 3200U membuat Lenovo Lenovo S145 Ryzen 3 3 200U juga layak dijejerkan dalam kategori laptop terbaik di bawah Rp 5 Jutaan ini.

CPU tersebut juga tergolong bertenaga, membuat laptop ini nyaman digunakan untuk pekerjaan multitasking menengah dan game online modern.

Cocok sekali untuk kebutuhan standar seperti mengerjakan pekerjaan kantor dan aktivitas belajar kelas Mahasiswa.

Dilihat dari desainnya juga cukup stylish dan simpel sehingga cocok untuk anak muda.

Dell Latitude 11 3190 – Harga Rp4.829.000

rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 - Dell Latitude 11 3190
Dell Latitude 11 3190 | Sumber: Dell

Spesifikasi Utama Dell Latitude 11 3190

  • Layar: 11,6 inci (1.366p x 768p)
  • Prosesor: Intel Pentium Silver N5000 Quad-Core
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 128 GB SSD
  • Baterai: waktu stand-by 11 jam
  • Bobot: 1,44 Kg

Bagi kalian yang membutuhkan perangkat multitasking dan bisa berubah menjadi beberapa mode, maka Dell Latitude 11 3190 adalah pilihan yang tepat.

Sebab laptop ini mampu bekerja dalam mode flat, tent, tablet dan laptop. Kalian bisa menyesuaikan modenya berdasarkan aktivitas. Mulai dari mengerjakan tugas, menonton film, dan sebagainya.

Demikian cara memilih dan rekomendasi laptop di bawah 5 jutaan terbaik 2022 yang bisa kalian pertimbangkan. Sekali lagi kami ingatkan agar menentukan kebutuhan kalian terlebih dahulu, baru sesuaikan spesifikasi laptop berdasarkan budget saat ini.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment