Beli Mobil Bekas Online? Periksa 4 Komponen Ini!

Mufid

Beli Mobil Bekas Online? Periksa 4 Komponen Ini!
Beli Mobil Bekas Online? Periksa 4 Komponen Ini!

Pondokgue.com – Bukan hanya mobil baru, tetapi sekarang banyak dealer yang menawarkan mobil bekas dengan berbagai penawaran harga dan promo yang menarik.

Sekalipun banyak penawaran yang tentunya bisa menggoda banyak orang, tentu tidak boleh mengabaikan pengecekan sebelum memutuskan untuk beli.

Riwayat perawatan yang sudah dilakukan oleh pemilik lama bisa menjadi pertimbangan penting, jika tidak ada riwayat perawatan maka harus beralih ke stok mobil bekas online yang lain.

Selain dibuktikan dengan riwayat perawatan melalui buku servis, calon pembeli juga wajib cek fisik secara langsung.

Bahkan tidak ketinggalan juga untuk test drive agar memastikan semuanya dalam keadaan baik. Bagi yang mau beli kendaraan bekas tapi masih bingung apa saja yang harus diperiksa selain mesin, berikut ini akan diberikan penjelasannya.

Kondisi Aki Mobil Bekas

Pemeriksaan pertama pada mobil bekas bisa dimulai dari sistem kelistrikan yaitu bagian aki yang juga berperan sangat penting.

Tanyakan kepada penjual atau dealer sudah berapa lama aki digunakan dan bagaimana kondisinya.

Setelah mendapatkan jawaban dari penjual, selanjutnya bisa cek langsung dengan menyalakan kendaraan.

Apabila sekali atau dua kali starter lalu mobil menyala maka bisa dipastikan aki masih bagus.

Tetapi jika aki sudah tidak bisa bekerja dengan baik maka butuh sampai beberapa kali untuk bisa menghidupkan kendaraan.

Brake Pad

Setelah cek aki, dilanjutkan dengan mengecek sistem pengereman dan salah satunya yaitu brake pad.

Salah satu komponen yang selalu bekerja ketika pengemudi menginjak rem mobil sehingga harus terus dicek dan dirawat dengan benar.

Semakin kendaraan roda empat sering dipakai maka brake pad akan mengalami penurunan fungsi sehingga berpengaruh terhadap pengereman.

Baca Juga:   Buka Bursama 'Ala Nusantara' di Horaios Hotel Malioboro

Maka itu jangan lupa cek brake pad sekaligus kinerja rem secara langsung ketika uji mengemudi.

Filter AC

Selain terkait dengan teknis, tentu calon pembeli juga harus mengecek kenyamanan di ruang kabin dengan memeriksa filter AC masih bekerja dengan baik atau tidak.

Cara mengeceknya juga cukup mudah dimulai dengan menyalakan AC dan tunggu selama beberapa menit, jika suhu di kabin sejuk maka kerja filter AC masih normal.

Tetapi jika sudah cukup lama AC aktif tetapi tidak menghadirkan kesejukan maka patut dicuriga ada sedikit gangguan di filter AC.

Ban

Komponen lainnya yang juga mesti dicek yaitu ban apalagi calon pembeli tidak tahu sudah berapa lama komponen ini digunakan di jalan.

Disarankan tanya kepada penjual dan mengecek secara langsung, apabila sudah terlihat tipis dan tidak terlihat lagi tapak, maka ban belum diganti dengan yang baru.

Sebenarnya masih ada banyak lagi komponen yang mesti dicek langsung bersama dengan penjual tapi tentunya akan banyak menghabiskan waktu.

Jadi ada baiknya mulai sekarang bisa beli mobil dengan cara yang praktis yaitu lewat platform mobbi.

Sejak awal kehadirannya yang bernama mo88i, platform ini sudah banyak penggunanya karena memiliki kelebihan mulai dari aman, transparan, dan harga yang kompetitif sesuai dengan kondisi kendaraan.

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

Leave a Comment