Kaca Mobil Pecah? Ketahui 4 Penyebab dan Biaya untuk Menggantinya

Mufid

Kaca Mobil Pecah? Ketahui Penyebab dan Biaya untuk Menggantinya
Kaca Mobil Pecah? Ketahui Penyebab dan Biaya untuk Menggantinya

Pondokgue.comKaca mobil pecah merupakan mimpi buruk bagi semua pemilik mobil. Satu hal yang paling dikhawatirkan dari kondisi ini adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan atau penggantiannya. Ternyata tidak semahal yang dibayangkan.

Pecahnya kaca mobil dapat memengaruhi keamanan pengendara dan penumpang di dalam mobil, karena pecahan kaca dapat menyebabkan luka dan bahkan memicu kecelakaan lebih lanjut.

Selain itu, kaca mobil yang pecah juga dapat menyebabkan masalah keamanan, karena mobil akan lebih mudah diakses oleh pencuri.

Oleh karena itu, jika kaca mobil pecah, segera lakukan tindakan perbaikan atau penggantian kaca agar dapat memastikan keamanan pengemudi dan penumpang dalam mobil.

Mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai penyebab hingga biaya untuk mengganti kaca mobil yang pecah.

Penyebab Kaca Mobil Bisa Pecah

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kaca mobil pecah atau retak. Dengan begitu, sebisa mungkin penyebab ini bisa dihindari agar tidak merugikan.

1. Wiper Getas

Penyebab ini sering tidak diperhatikan oleh para pemilik mobil. Seiring dengan bertambahnya usia mobil, karet wiper menjadi getas. Jika dibiarkan, wiper ini bisa membuat kaca mobil pecah ataupun menjadi baret. Lama kelamaan, kaca mobil pun bisa retak.

2. Terlalu Sering Terkena Hujan dan Panas

Menaruh mobil di tempat parkir outdoor membuat kendaraan ini sering terpapar cuaca ekstrem. Mobil akan terkena paparan sinar matahari saat cuaca terik, kemudian terkena air hujan secara tiba-tiba.

Baca Juga:   “Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2011”.

Bila hal ini dibiarkan dalam waktu lama, kekuatan kaca akan berkurang. Ketika terkena guncangan atau hentakan, kaca akan jauh lebih mudah pecah. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memarkirkan kendaraan di outdoor dalam waktu lama.

3. Menghantam Lubang dengan Kecepatan Tinggi

Lubang di jalan tidak hanya bisa menyebabkan pecah ban, tapi juga bisa mengakibatkan pecah kaca. Terlebih saat melewatinya dalam kecepatan tinggi.

Mobil pun akan mendapatkan guncangan yang hebat. Hal ini dapat membuat kaca retak hingga pecah. Oleh karena itu, lubang di jalan sebisa mungkin dihindari.

4. Tertimpa Dahan Pohon

Memarkirkan kendaraan di bawah pohon juga memiliki risiko yang besar. Dahan pohon yang tiba-tiba jatuh menimpa mobil dapat membuat kaca pecah.

Berapa Biaya Penggantian Kaca Mobil Pecah?

Kalau sudah pecah, lebih baik diganti saja dengan yang baru. Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk mengganti kaca mobil? Perhatikan tabel berikut ini untuk melihat kisaran harganya.

Bagian yang DigantiBiaya (Mulai dari)
Kaca depanRp1.000.000
Kaca sampingRp1.000.000
Kaca belakangRp3.000.000
Biaya pemasangan kacaRp600.000

Harga kaca mobil akan berbeda-beda tergantung pada tipe mobil, jenis materialnya, serta ukuran dan ketebalannya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghubungi bengkel mobil secara langsung dan menanyakan rincian biayanya.

Selain itu, pemilik mobil juga masih harus melakukan pemasangan kaca film agar kaca lebih redup dan melindungi penumpang dari paparan sinar matahari langsung.

Lalu, berapakah waktu yang dibutuhkan untuk mengganti kaca mobil yang pecah? Untuk pemasangan kaca berukuran besar di bagian depan dan belakang mobil, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3-4 jam. Sementara untuk kaca yang kecil di bagian pintu membutuhkan waktu 2-3 jam.

Baca Juga:   Ramadhan di Kaliwungu

Jangan panik ketika kaca mobil pecah karena bisa diganti. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti kaca mobil juga tidak mahal dan tidak membutuhkan waktu lama untuk pemasangannya.

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Tags

Related Post

Leave a Comment