HomeKnowledge6 Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone

6 Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone

Penulis

View

Kategori

Pondokgue.com – Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone mungkin masih jarang diketahui pengguna yang belum pernah mencoba salah satunya.

Perdebatan yang muncul di media sosial tentang sistem operasi mana yang terbaik di antara keduanya juga tak pernah usai. Sebenarnya hal ini wajar, sebab keduanya juga menghadirkan peningkatan dan perubahan UI, kadang kala juga menambahkan beberapa fitur baru.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa fitur Android yang tidak dimiliki iPhone.

Fitur Multiple Users dan Guest Mode

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone yang pertama adalah membuat lebih dari satu akun pengguna. Pada sistem Android, terdapat fitur Multiple Users dan Guest Mode yang sangat membantu pengguna yang juga berbagi HP dengan keluarga atau orang lain. 

Tak perlu khawatir soal privasi pengguna, sebab fitur ini juga tetap menjaganya dari pengguna lain.

Password, data dan aplikasi masing-masing akun juga bisa berbeda. Selain itu, pengguna lain juga bisa langsung menginstal aplikasi dari pengguna utama tanpa harus mengunduh lagi di Play Store. 

Mengakses Penyimpanan Internal via Kabel USB

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone - Transfer File via USB

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone berikutnya sangat membantu ketika ingin mengakses beberapa perangkat berbeda. 

Pada sistem operasi Android, Anda bisa mengakses penyimpanan internal melalui kabel USB. Nantinya jika USB sudah dihubungkan ke PC, maka akan muncul permintaan izin dari sistem untuk mengakses berbagai file.

Berbeda dengan iPhone, jika kabel lightning dihubungkan ke PC, maka pengguna hanya diberi akses ke foto dan video saja. 

Bisa dibilang, Android memberi kebebasan kepada pengguna untuk mengakses semua yang ada di penyimpanan internal maupun eksternal.

Dari situ, pengguna bisa dengan mudah berbagi file dari Android ke PC atau sebaliknya. 

Selain itu, Android juga memiliki opsi “USB tethering” untuk memanfaatkan HP sebagai sumber koneksi internet bagi PC yang terhubung. 

Jika tidak ingin berbagi file, pengguna juga bisa memilih opsi “No data transfer” untuk hanya mengisi daya.

Kustomisasi Home Screen

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone - Kustomisasi Home Screen

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone berikutnya adalah opsi kustomisasi home screen di HP. Sejak iOS 14, beberapa fitur baru telah dikenalkan Apple, seperti App Library dan Home Screen Widget.

Namun sayangnya, jika dibandingkan dengan Android, dalam hal ini iPhone masih ketinggalan.

Sebab sistem operasi Android memungkinkan penggunanya dari mengganti desain ikon hingga menggunakan launcher berbeda, Android memiliki segudang cara untuk kustomisasi home screen. 

Beberapa lainnya termasuk mengubah ukuran atau konfigurasi kolom aplikasi, menyembunyikan aplikasi tertentu, dan menampilkan akumulasi jumlah notifikasi masuk di ikon aplikasi.

Aplikasi Ganda

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone - Aplikasi Ganda

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone lainnya yaitu aplikasi ganda. Artinya, pengguna bisa menggandakan aplikasi dan menggunakan dua akun berbeda pada masing-masing aplikasi. 

Misalnya, jika ingin mencoba dua nomor WhatsApp sekaligus dalam satu HP, maka Anda hanya perlu menggandakan WhatsApp dan masuk dengan akun atau nomor baru di aplikasi kloningannya.

Bagi pengguna HP Xiaomi, Samsung dan OnePlus, fitur ini mungkin sudah familiat. Sebab 

Beberapa brand seperti Xiaomi, Samsung, dan OnePlus menghadirkan fitur-fitur secara bawaan dan bisa diakses di pengaturan. Akan tetapi, jika tidak ada, pengguna bisa dengan mudah mengunduh aplikasi pengganda aplikasi di Play Store secara gratis.

Mengganti Aplikasi Default

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone - Ganti aplikasi Default

Kemudian ada juga dukungan mengganti aplikasi default yang bisa dikatakan sebagai fitur eksklusif Android. iPhone baru mulai memberi opsi untuk mengganti aplikasi default sejak rilis iOS 14. Namun sayangnya masih terbatas pada aplikasi email dan browser saja. 

Kemudahan kustomisasi yang disebutkan poin sebelumnya juga berlaku pada pengaturan aplikasi default. Pokoknya pengguna bebas mengganti semua aplikasi sesuka hati, mulai dari telepon, pesan, asisten digital, dan berbagai aplikasi pihak ketiga lainnya yang dirasa memiliki UI lebih baik dan menawarkan fitur yang lebih lengkap.

Menginstal ROM Kustom

Fitur Android yang tidak dimiliki iPhone - Install ROM Kustom

Pernah dengar ROM kustom? Jika didefinisikan, singkatnya adalah sebuah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang umumnya menawarkan fungsionalitas lebih baik dan kustomisasi lebih lengkap serta mendalam.

Biasanya orang-orang tertarik mengganti ROM kustom beralasan karena memiliki banyak keuntungan, misalnya “menambah usia” HP, kustom ROM juga memungkinkan pengguna untuk mendapat akses root lebih mudah, overclocking, memasang mod kustomisasi, dan menambah RAM via penyimpanan internal.

Demikian beberapa fitur Android yang tidak dimiliki iPhone. Jika masih ada fitur lain yang belum tertulis, silakan berikan dikolom komentar. 

Satu hal lagi, dengan beberapa fitur eksklusif di atas, apakah Android bisa dikatakan lebih unggul daripada iPhone?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru