iPad Mini 6 vs iPad 9, Mana yang Lebih Baik

Achmad Fachrur Rozi

iPad Mini 6 vs iPad 9 - Pondokgue.com

Pondokgue.com – iPad Mini 6 vs iPad 9, kedua tablet ini memang sudah diluncurkan lebih dari dua tahun yang lalu. Namun sampai saat ini masih banyak yang mendambakannya sebagai perangkat harian idaman.

Kami awalnya juga bingung, memilih antara iPad Mini 6 vs iPad 9, mending mana? Untuk mengerucutkan pembahasan, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika membandingkan antara iPad Mini 6 vs iPad 9. Silakan simak uraian berikut sampai tuntas.

Spesifikasi dan Performa iPad Mini 6 vs iPad 9

iPad Mini 6 vs iPad 9 - Pondokgue.com

iPad 9th Generation ditenagai oleh chipset A13 Bionic yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 11, sementara iPad Mini 6 dipersenjatai oleh A15 Bionic yang juga digunakan di seri iPhone 13 terbaru. 

Masing-masing dibekali dengan opsi penyimpanan 64GB atau 256GB, namun berbeda di RAM, dengan iPad 9 memiliki RAM 3GB, sementara iPad Mini 6 sedikit lebih besar dengan RAM 4GB.

Desain

iPad 9th Generation memiliki desain yang sama dengan pendahulunya, iPad 8, dengan sasis aluminium dan dua pilihan warna yaitu Silver dan Space Gray. 

Sementara itu, iPad Mini 6 hadir dengan desain baru yang lebih kekinian, dengan empat pilihan warna yaitu Space Gray, Pink, Purple dan Starlight.

Ukuran Layar

Salah satu poin yang menjadi pertimbangan utama yaitu ukuran layarnya. iPad Mini 6 dan iPad 9 berapa inci? 

iPad Mini 6 memiliki layar berukuran diagonal 8,3 inci, sedangkan iPad 9 memiliki layar berukuran diagonal 10,2 inci.

Selisih 1,9 inci memang tidak terlalu signifikan. Bagi kalian yang menginginkan perangkat dengan mobilitas lebih tinggi, mungkin akan memilih layar yang lebih kecil.

Baca Juga:   Rekomendasi Anime Terbaru 2023, Wajib Nonton

Namun bagi kalian yang suka menonton dan membaca e-book, tentu akan memilih layar yang lebih besar. Pilihannya tergantung pada prioritas masing-masing pengguna, seperti apa kebutuhannya.

Kamera dan Jaringan 

iPad 9th Generation memiliki resolusi kamera 8 MP, sementara iPad Mini 6 memiliki resolusi lensa depan mencapai 12 MP dengan fitur baru Center Stage. Sementara jaringan 5G sudah tersedia dalam iPad Mini Gen 6, sedangkan iPad Gen 9 mendukung jaringan 4G-LTE.

Dukungan Apple Pencil

Hadirnya dukungan Apple Pencil di tablet memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai tugas seperti menggambar, menulis catatan, dan lainnya dengan lebih mudah dan presisi. 

Oleh sebab itu, dukungan Apple Pencil juga dapat dijadikan pertimbangan ketika ingin memilih antara iPad Mini 6 vs iPad 9. Berikut ini perbedaan keduanya:

iPad Mini 6 sudah mendukung penggunaan Apple Pencil generasi ke-2. Desainnya lebih ramping dan modern, dengan bagian yang rata di kedua sisinya. Mekanisme pengisian dayanya juga praktis, cukup dengan menempelkan perangkat pada sisi menyamping.

Menariknya, Apple Pencil generasi kedua ini memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh generasi pertama, salah satunya kemampuan Tap to Wake atau fitur yang memungkinkan perangkat untuk segera siap digunakan setelah dipegang. Ada juga fitur gestur swipe yang dapat digunakan untuk mengganti alat gambar atau mengambil jangkauan rulernya.

Namun tentu saja Apple menjual Apple Pencil ini secara terpisah dari iPad Mini 6. 

Sementara untuk iPad 9 mendukung penggunaan Apple Pencil generasi pertama. Desainnya lebih membulat dibandingkan generasi kedua. Mekanisme pengisian dayanya masih dengan cara memasukkan ujung perangkat ke port lightning di iPad 9. Bagi kalian yang menyukai pengisian daya secara langsung daripada pengisian daya nirkabel, hal ini tentu saja menjadi kelebihannya.

Baca Juga:   3 Keuntungan yang Bisa Didapatkan dari Menyewa Genset

Selain itu, jika kalian sudah memiliki Apple Pencil generasi pertama, artinya tidak perlu membeli yang baru. Kalian masih bisa menggunakan perangkat yang lama. Jika belum punya, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan generasi kedua.

Konektor 

Port USB-C dan Lightning Apple

iPad Mini 6 sudah bisa menggunakan USB-C untuk pengisian daya dan menghubungkan ke aksesori lainnya. Sayangnya, iPad 9 masih menggunakan tipe lightning sebagai konektor.

iPad Mini 6 vs iPad 9 dalam hal konektor, jelas lebih unggul yang sudah menggunakan USB-C. Sebab sudah mendukung display out hingga resolusi 4K 30Hz.

Harga

Berikut ini harga untuk kedua tablet tersebut di Indonesia:

iPad Mini 6:

  • Versi Wi-Fi, 64GB: Rp 9.099.000
  • Versi Wi-Fi, iPad Mini 6 256GB harga: Rp 12.499.000
  • Versi Wi-Fi + Cellular, 64GB: Rp 12.499.000
  • Versi Wi-Fi + Cellular, iPad Mini 6 256GB harga: Rp 15.199.000

iPad 9:

  • Versi Wi-Fi, 64GB: Rp 5.999.000
  • Versi Wi-Fi, 256GB: Rp 8.999.000
  • Versi Wi-Fi + Cellular, 64GB: Rp 8.999.000
  • Versi Wi-Fi + Cellular, 256GB: Rp 11.499.000

Dari segi performa, keduanya sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan tugas-tugas berat seperti bermain game, namun mengingat chipset yang digunakan jauh lebih baru, maka secara performa keseluruhan, iPad Mini 6 unggul dari iPad 9.

Mengingat semua faktor di atas, jika kalian mencari tablet dengan performa tinggi, desain modern, dan dukungan untuk jaringan 5G, iPad Mini 6 mungkin adalah pilihan yang lebih baik. 

Namun, jika jika kalian mencari tablet yang lebih terjangkau dengan performa yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari, iPad 9 bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada akhirnya, pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment