3 Alat Parafrase Online Bahasa Indonesia Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Alat Parafrase Online

PondokGue.com – Alat parafrase online merupakan salah satu tools yang sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang kesulitan menulis esai, artikel, jurnal atau bahkan skripsi. Alat tersebut akan memudahkan kalian dalam menghindari plagiarisme pada kutipan saat ditulis ulang.

Jika dulu setiap orang yang ingin menggubah atau mengutip suatu karya, harus melakukannya secara manual. Namun seiring dengan kemajuan teknologi saat ini memunkinkan siapapun untuk melakukan parafrase secara otomatis menggunakan suatu alat tertentu.

Berikut ini beberapa alat parafrase online yang bisa kalian gunakan untuk mengedit suatu naskah agar lolos plagiarisme:

PrePostSEO

Alat Parafrase Online - PrePostSEO
PrePostSEO

Rekomendasi alat parafrase online bahasa Indonesia yang pertama adalah PrePostSEO. Salah satu kelebihan Prepostseo adalah mampu menyediakan layanan parafrase dalam berbagai bahasa, antara lain: bahasa Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, Jerman, Portugis, Turki, dan Indonesia.

Jika kalian ingin mencobanya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun PrePostSEO terlebih dahulu. 

Jika sudah, kalian bisa login ke akun tersebut dan sudah dapat menggunakan layanan parafrase di Prepostseo secara langsung.

Selain itu, kalian juga bisa memilih salah satu dari dua cara saat melakukan parafrase. Pertama, langsung mengunggah dokumen dari personal computer. Adapun beberapa jenis jenis dokumen bisa diakses oleh alat parafrase online, mulai dari .doc, .docx, .txt, sampai .pdf. 

Sedangkan cara yang kedua yaitu bisa dilakukan dengan salin dan tempel langsung artikel yang akan diparafrase dari web. 

Kalian bisa mencoba keduanya, pilih salah dua jenis cara tersebut, mana yang lebih mudah menurut kalian. 

Perlu diketahui juga bahwa PrePostSEO memang alat parafrase gratis. Di dalamnya juga menawarkan versi premium. 

Baca Juga:   Begini Cara Install Windows 11 yang Aman

Pada versi gratisnya, mungkin kalian akan sedikit repot dengan adanya iklan, captcha dan batasan karakter yang bisa diparafrase.

Jika ingin menghilangkannya, kalian bisa beralih ke versi Premium atau Pro.

SEO Magnifier

SEO Magnifier

Alat parafrase online kedua yaitu SEO Magnifier. Salah satu kehebatan dari tools parafrase online ini ialah karena tersedia dalam 7 bahasa. Kalian bebas menggunakan bahasa manapun di SEO Magnifier, antara lain bahasa Inggris, Belanda, Perancis, Spanyol, Jerman, Turki, dan Indonesia.

Jika kalian tertarik menggunakannya, silakan ketik di mesin pencarian browser di HP saja. Maka kalian akan diarahkan ke tautan situs tersebut secara langsung. 

Cara melakukan parafrase juga sangat mudah. Cukup dengan memilih opsi menu Paraphrasing Tools. Lalu masukkan teks yang ingin di parafrase ke kotak yang tersedia. Jika sudah, langsung saja klik tombol Paraphrase It

Tunggu beberapa saat hingga proses parafrase selesai dilakukan. Hasilnya nanti akan ada beberapa kata yang menggunakan warna yang berbeda. Hal tersebut untuk menandai kata mana saja yang telah diubah dengan sinonimnya.

Agar hasilnya lebih maksimal, kalian bisa mengeditnya sedikit jika masih ada beberapa kata yang belum pas dengan susunannya. Terakhir, kalian bisa langsung disalin ke dokumen baru. 

SEO Magnifier tidak hanya menawarkan alat parafrase online gratis saja. Namun juga menyediakan layanan cek plagiarisme, rewrite artikel, pembuat backlink, dan Meta Tags analyzer.

Spinner.id

Alat parafrase online yang ketiga yaitu Spinner.id. Kalian bisa langsung browsing situs tersebut untuk mencobanya. 

Sebagai aplikasi gratis, mungkin wajar jika Spinner.id memunculkan beberapa iklan saat mengunjunginya. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa jengkel dengan kemunculan popup halaman yang terus menerus. 

Sebelum menggunakannya, kalian wajib mendaftarkan akun terlebih dahulu. Jangan khawatir, proses pembuatan akun bisa dilakukan dengan cepat dan 100% gratis. Kemudian, lakukan login untuk menggunakannya. 

Baca Juga:   Mengenal Jasa Dewatering Konstruksi dan Metodenya

Perlu diketahui bahwa layanan parafrase dari Spinner.id hanya tersedia dalam bahasa Indonesia saja. 

Oleh sebab itu, bagi kalian yang hanya butuh alat parafrase online Indonesia saja, maka Spinner mungkin bisa dijadikan alternatif. 

Cara menggunakannya untuk melakukan parafrase otomatis benar-benar mirip dengan SEO Magnifier. Kalian hanya perlu mencari menu atau tombol parafrase saja. 

Lalu silakan masukkan teks, klik mulai parafrase, tunggu, dan salin hasil parafrasenya. Selesai!

Penutup

Selain ketiga alat parafrase online di atas, sebenarnya masih banyak lagi lainnya, seperti Paraphraser.io, EditPad.org, RePhrase.info, dan sebagainya. Kalian bisa mencoba semuanya untuk menentukan mana yang terbaik di antara semuanya.

Namun dari tiga alat parafrase di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa hampir semua alat hanya mencari sinonim suatu kata dan mengganti subjek dalam kalimat saja. Kalian masih harus meneliti dan memperbaiki susunan kalimatnya agar lebih enak dibaca.

Demikian beberapa rekomendasi alat parafrase online terbaik yang bisa kalian gunakan untuk lolos plagiarism. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment