Cara Main Game Android di Laptop

Achmad Fachrur Rozi

Cara Main Game Android di Laptop

PondokGue.com – Cara main game Android di laptop saat ini sudah memungkinkan. Jika kalian sebelumnya mungkin sudah mengenal emulator, sekarang kalian bisa lebih leluasa berpindah device dalam akun yang sama.

Google Play Games Versi Beta

Jika kalian ingin bermain game Android di laptop, solusinya yaitu melalui Google Play Games. Meski masih dalam versi beta, kalian sudah bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk memainkan berbagai game yang tersedia.

Sekarang memang belum semua game Android tersedia, namun Google akan selalu berusaha untuk menghadirkan akses bermain game Android di perangkat Windows dalam versi penuh.

Bersiaplah, Google tentu akan menambahkan fitur baru dan mengevaluasi masukan dari berbagai pihak, baik itu developer maupun pemain.

Google Play Games ini pertama kali diluncurkan di beberapa negara, di antaranya Australia, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan.

Kemudian semakin luas dengan membuka akses di beberapa negara lain, seperti Indonesia, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brasil, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Kalian cukup menggunakan akun Google yang telah dimiliki sebelumnya. Nantinya semua game yang pernah dimainkan di smartphone akan di sinkronisasi ke perangkat laptop atau PC yang kalian gunakan.

Jadi, kalian bisa leluasa berpindah device mulai dari smartphone, tablet, laptop hingga ke PC. Satu akun untuk semua device.

Game Android tersebut sudah bisa dijalankan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Windows. 

Google mengungkapkan dalam keterangan resminya bahwa, “Tujuan utama kami adalah menjangkau para pemain game di mana pun mereka berada dan memberi mereka akses ke berbagai macam game di sebanyak mungkin perangkat.” 

Baca Juga:   Cara Menggunakan Windows 11 dari Instalasi Hingga Troubleshoot

Bukan hanya memperluas cakupannya, Google juga menambah daftar koleksi game yang bisa dimainkan.

Langkah signifikan yang telah dilakukan Google agar layanan ini bisa menjangkau lebih banyak pemain. Hal itu dilakukan dengan mengurangi persyaratan spesifikasi minimum PC yang bisa mengakses layanan Google Play Games.

“Kami senang dapat memperluas platform kami ke lebih banyak pasar, sehingga para pemain dapat menikmati game favorit mereka di Google Play.”

Kini Google Play Games sudah bisa diakses oleh gamer Indonesia. Kalian bisa menggunakan cara main game Android di laptop Windows 11 dengan versi beta.

Tak perlu lagi mengandalkan emulator, kalian cukup mendownload software Google Play Games saja dan install ke perangkat kalian.

Cara Main Game Android di Laptop melalui Google Play Games

Dengan begitu, kalian sudah bisa memainkan berbagai judul game Android yang tersedia. Mulai dari Mobile Legends, 1945 Air Force, Blade Idle, Cookie Run: Kingdom, dan masih banyak lagi.

Kalian juga bisa memainkan game tersebut menggunakan keyboard dan mouse. Jika laptop kalian layar sentuh, game tersebut juga bisa dimainkan secara langsung menggunakan layar sentuh.

Cara Main Game Android di Laptop

Cara Main Game Mobile Legends di Laptop Windows 11
Main Game Mobile Legends di Laptop

Berikut ini cara main game Android di Laptop, antara lain:

Cek Spesifikasi rekomendasi dan minimum laptop kalian

Sebelum menjalankan cara main game Android di laptop, pastikan perangkat yang kalian gunakan sudah memenuhi syarat minimum spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal Google Play Games PC. 

  • Windows 10 (v2004)
  • Solid State Drive (SSD) dengan ruang penyimpanan kosong 10 GB
  • GPU Intel UHD Graphics 630 atau yang sebanding CPU dengan 4 core fisik
  • RAM 8 GB
  • Akun admin Windows
  • Virtualisasi hardware harus diaktifkan

Download Google Play Games

Silakan kunjungi website resmi Google Play Games untuk mengunduh softwarenya di browser: https://play.google.com/googleplaygames 

Baca Juga:   7 Cara Memperbaiki HP Mati Total Kena Air Baterai Tanam

Kemudian, klik “Download beta” dan tunggu hingga proses instalasi software selesai. 

Login di Google Play Games

Setelah proses instal selesai, login menggunakan akun Google kamu. Ingat, proses ini sekaligus mensinkronisasi game yang terpasang di HP Android.

Cara Main Game Android di Laptop Windows 11

Setelah login, maka kalian bisa langsung mencari judul game Android yang ingin dimainkan menggunakan Google Play Games.

Lalu, klik “Install on Windows”. 

Mainkan Game Mobile Legends di Laptop
Mainkan Game Mobile Legends di Laptop

Dengan begitu, Google Play Games akan mulai menginstall game Android tersebut di laptop Windows kalian. Tunggu hingga proses downloadnya selesai dan mainkan.

Demikian cara main game Android di laptop menggunakan Google Play Games. Bagaimana menurut kalian? Semakin praktis, kan?

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment