4 Pekerjaan Terbaik di Bidang Data Berdasarkan Gaji, Outlook dan Tren

Achmad Fachrur Rozi

Pekerjaan Terbaik di Bidang Data

PondokGue.com – Pekerjaan terbaik di bidang data saat ini semakin banyak digandrungi terutama bagi generasi Milenial hingga generasi Z. Sebab data merupakan bidang yang berkembang pesat dan memiliki banyak peluang kerja.

Permintaannya yang begitu tinggi dan sulit menentukan jalur karir mana yang akan dikejar. Bagi fresh graduate, hal ini penting diketahui sebelum Anda terjun langsung ke dunia data.

Berikut ini empat pekerjaan terbaik di bidang data berdasarkan beberapa faktor, seperti gaji, prospek pekerjaan dan peluang pertumbuhan.

Data Scientist (Ilmuwan Data)

Pekerjaan terbaik di bidang data yang pertama adalah Data Scientist. Data Scientist atau Ilmuwan Data adalah salah satu pekerjaan terbaik di bidang data. Tugas seorang data scientist yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan kumpulan data besar. 

Mereka menggunakan teknik pembelajaran statistik dan mesin untuk mengekstrak wawasan dari data dan mengkomunikasikan temuan mereka kepada pemangku kepentingan. 

Ilmuwan Data sangat diminati, dengan gaji rata-rata US$100.910 per tahun. Setara dengan Rp1.571.136.306 per tahun.

Di Indonesia, rata-rata gaji Data Scientist senior per bulannya berkisar antara Rp18.000.000 hingga Rp27.000.000. Sedangkan untuk pemula, berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000.

Prospek pekerjaan untuk Ilmuwan Data juga kuat, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebesar 36% dari tahun 2021 hingga 2031.

Data Engineer (Insinyur Data)

Pekerjaan terbaik di bidang data yang kedua yaitu Data Engineer. Seorang Data Engineer atau Insinyur Data bertugas untuk membangun dan memelihara infrastruktur dan jalur pipa yang memungkinkan organisasi menyimpan, memproses, dan menganalisis data dalam jumlah besar. 

Baca Juga:   Ide Setup Gaming dan 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan

Mereka bekerja sama dengan Ilmuwan Data dan Analis untuk merancang dan menerapkan sistem data efisien yang memenuhi kebutuhan organisasi. 

Di Amerika Serikat, misalnya seorang Data Engineer dapat menghasilkan sekitar US$93.272 atau setara dengan Rp1.452.215.098 per tahun.

Di Indonesia, secara umum gaji Data Engineer senior per bulannya berkisar Rp15.000.000 hingga Rp27.000.000. Sedangkan untuk pemula berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp18.000.000.

Permintaan untuk Data Engineer juga diperkirakan akan meningkat, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebesar 9% dari tahun 2021 hingga 2031.

Business Intelligence Analyst (Analis Kecerdasan Bisnis)

Pekerjaan terbaik di bidang data yang ketiga ialah Business Intelligence Analyst. Business Intelligence Analyst atau Analis Intelijen Bisnis menggunakan data untuk membantu organisasi membuat keputusan bisnis yang tepat. 

Mereka bertugas menganalisis data dari berbagai sumber, seperti catatan penjualan dan keuangan, untuk mengidentifikasi tren dan pola yang dapat menginformasikan strategi bisnis. 

Dilansir dari Glassdoor, gaji rata-rata untuk Business Intelligence Analyst adalah US$80.655 per tahun di US atau setara dengan Rp1.255.772.458 per tahun.

Sedangkan di Indonesia, pada umumnya gaji seorang Business Intelligence Analyst per bulan berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000.

Data Analyst (Analis Data)

Pekerjaan terbaik di bidang data yang terakhir yaitu Data Analyst. Seorang Analis Data menggunakan teknik statistik dan analitik untuk mengekstrak wawasan dari data dan mengkomunikasikan temuan mereka kepada pemangku kepentingan. 

Mereka mungkin bekerja dengan kumpulan data besar atau berspesialisasi dalam bidang tertentu, seperti keuangan atau pemasaran. 

Analis Data memiliki gaji rata-rata US$65.399 per tahun. Jika dirupiahkan, setara Rp1.018.241.435. 

Bahkan jika, seperti Analis Intelijen Bisnis, tidak ada angka konkret tentang pertumbuhan lebih lanjut yang dapat ditemukan di sini, dapat juga diasumsikan bahwa permintaan juga akan terus tumbuh, atau setidaknya tetap stabil.

Baca Juga:   Beberapa Hal Pada Wajah yang Membuat Orang Cenderung Kurang Percaya Diri

Di Indonesia, khususnya di perusahaan besar, gaji seorang data analyst beragam. Berikut ini rincian gajinya per bulan:

  • Data analyst Tokopedia: Rp. 8.200.000.
  • Data analyst Traveloka: Rp. 11.090.246 – 11.655.808.
  • Data analyst Shopee: Rp. 20.900.000
  • Data analyst Gojek: sekitar Rp. 6.000.000

Penutup

Kesimpulannya, Ilmuwan Data, Insinyur Data, Analis Kecerdasan Bisnis, dan Analis Data semuanya menawarkan jenjang karir yang menjanjikan di bidang data. 

Masing-masing peran ini menawarkan gaji tinggi, prospek kerja bagus, dan peluang untuk berkembang. 

Apakah Anda baru memulai karir atau ingin beralih, salah satu dari empat peran ini mungkin sangat cocok untuk Anda.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment