Samsung Galaxy S23 Ultra, Pengalaman Bermain Game Lebih Baik

Achmad Fachrur Rozi

Samsung Galaxy S23 Ultra, Pengalaman Bermain Game Lebih Baik

PondokGue.com – Samsung Galaxy S23 Ultra diklaim sebagai smartphone yang powerful untuk bermain game seluler to the next level. Berikut ini adalah panduan untuk pengguna yang ingin menggunakan Galaxy S23 Ultra dalam bermain game serta perbandingannya dengan S23 dan S23+.

Perangkat andalan Samsung terbaru, bahkan mengalahkan Z Fold 4 berdasarkan performa ini memiliki kamera dengan resolusi ekstrim, yaitu 200 MP pada sensor utamanya.

Apalagi dengan dukungan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang dibawanya khusus dibuat untuk jajaran Galaxy. Baterainya juga tergolong jumbo, yaitu 5.000 mAh.

Berkat spesifikasinya tersebut, tentu saja S23 Ultra menjadi perangkat Samsung paling powerful.

Samsung mencatat dalam acara Unpacked 2023, bahwa Samsung Galaxy S23 Ultra dirancang khusus dengan mempertimbangkan game dan produktivitas.

Jika melihat spesifikasi internalnya, terdapat peningkatan dan penyesuaian yang dilakukan. Sehingga pengguna bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game dengan grafis yang lebih menarik.

Peningkatan tersebut berpotensi menyaingi ROG Phone 6 dan perangkat gaming unggulan lainnya.

Snapdragon 8 Gen 2 dan GPU Adreno

Peningkatan paling menonjol pada seri Galaxy S23 – termasuk S23 dan S23+ – adalah mengemas chip Qualcomm terbaru dan tercepat, yaitu Snapdragon 8 Gen 2. 

Chip tersebut secara khusus diperuntukkan bagi perangkat Samsung Galaxy S23 Ultra. 

Pada CPU, pengoptimalan lebih maksimal, chip yang dirancang untuk perangkat tertentu terbukti lebih baik daripada chip yang dirancang untuk penggunaan luas. Misalnya, Pixel 7 tidak memiliki chip tercepat atau terbaik di luar sana, tetapi Tensor G2 bekerja dengan sangat baik karena dirancang dengan mempertimbangkan perangkat khusus Google tersebut.

Baca Juga:   ASUS Zenfone 10: Smartphone Compact dan Powerful dalam Genggaman

Nah, menurut Samsung, Snapdragon 8 Gen 2 S23 Ultra miliknya memiliki performa sekitar 34% lebih cepat dibandingkan jajaran tahun lalu. 

SoC tersebut dibangun dengan 8 inti dan terdiri dari satu inti utama, empat inti menengah, dan tiga inti yang lebih kecil. 

Core utama dan tengah bekerja dengan aktivitas yang sangat tinggi, seperti bermain game. Sedangkan core yang lebih rendah digunakan bersama untuk meningkatkan efisiensi.

Chipset Khusus Snapdragon untuk Samsung Galaxy S23 Ultra

Sebagian besar dari sistem itu adalah GPU Adreno 780, yang menarik banyak beban untuk memproses dan merender visual saat bermain game. 

Samsung juga mencatat bahwa seri S23 hadir dengan modul Ray Tracing yang berfungsi untuk menghadirkan kontras dan detail yang lebih baik dalam game.

Kecerahan puncak lebih tinggi dan layar AMOLED

Sementara bagian dalam memang menarik banyak beban, tampilan di bawah standar akan menghabiskan semua kekuatan pemrosesan tersebut. 

Pada S23 Ultra, Samsung mengemas layar 6,8″ 3088 x 1440 AMOLED 2X. Layar memiliki kecepatan refresh adaptif di mana saja dari 1Hz hingga 120Hz. 

Layar AMOLED-nya tersebut menawarkan warna hitam yang tajam dan detail lebih banyak, yang memberikan pengalaman bermain game yang baik.

Sebagai tambahan, S23 Ultra memiliki kecerahan puncak 1.750 nits, yang sempurna untuk memainkan judul favorit penggunanya. 

Ini merupakan salah satu tingkat kecerahan puncak tertinggi di pasaran, diikuti oleh iPhone 14 Pro dengan 2.000 nits.

Seluruh tampilan diatur agar cukup menarik, layar Quad HD+ pada 3880 x 1440 berjalan lebih optimal dengan panel AMOLED.

Baterai besar dan pendinginan lebih baik

Area ketiga yang benar-benar meminjamkan S23 Ultra untuk bermain game adalah sistem baterai. 

Samsung Galaxy S23 Ultra mengemas baterai 5.000 mAh, yang merupakan daya mentah yang besar. 

Baca Juga:   [MOD] Andromax Rasa XPeria Z

Untuk memperpanjang itu, Samsung telah membuat penyesuaian untuk mengoptimalkan daya dan memberikan masa pakai baterai yang lebih baik.

Untuk membantu masa pakai baterai yang lebih lama, Samsung memperluas ruang uap S23 Ultra, yang berarti area yang lebih besar untuk penyebaran panas. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, baterai 5.000 mAh bisa melangkah lebih jauh dan bertahan lebih lama.

Apakah Galaxy S23 Ultra dibuat untuk bermain game?

Samsung Galaxy S23 Ultra merupakan perangkat paling kuat dari ketiga seri lainnya. Dari semua spesifikasi yang tertera, ternyata S23 Ultra hanya berbeda dalam beberapa hal. 

Misalnya, ketiga perangkat tersebut memiliki Snapdragon 8 Gen 2, serta GPU Adreno 780. 

Selain itu, ketiga perangkat memiliki kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz, meskipun S23 dan S23+ memiliki kisaran yang lebih kecil yaitu 48-120. 

Meskipun ini bukan kerugian untuk bermain game, S23 Ultra cocok untuk masa pakai baterai yang lebih baik karena dapat menghemat daya dan menampilkan 1fps saat dibutuhkan.

Samsung Galaxy S23 Ultra dan S23 Series Lainnya

Salah satu hal yang membuat S23 Ultra menonjol adalah ukuran baterainya. Sistem pendinginan yang diperpanjang, dan layar AMOLED. 

Ketiga sistem ini menambah kekuatan ekstra untuk game seluler yang menuntut banyak hal dari perangkat tersebut.

Dari semua perangkat Samsung Galaxy, S23 Ultra adalah perangkat yang paling direkomendasikan untuk aktivitas berat seperti bermain game. 

Bahkan jika kalian tidak bermain game, aktivitas berat lain seperti mengedit foto, video dan multitasking akan menguji S23 Ultra. 

Demikian beberapa informasi mengenai Samsung Galaxy S23 Ultra. Smartphone flagship terbaru dari Samsung ini di atas kertas memang memiliki performa tinggi untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Sekaligus juga sangat efisien dalam hal penggunaan daya.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment