Daftar HP Snapdragon 8 Gen 3

Achmad Fachrur Rozi

Daftar HP Snapdragon 8 Gen 3 - Pondokgue.com

Pondokgue.com – HP Snapdragon 8 Gen 3 sudah mulai diperkenalkan ke pasar Indonesia. Meski bocorannya sudah beredar beberapa bulan lalu, akhirnya sudah muncul produk resmi yang ditawarkan.

Qualcomm resmi meluncurkan SoC flagship terbarunya, yaitu Snapdragon 8 Gen 3. Prosesor ini menawarkan peningkatan signifikan dari sisi performa dan efisiensi. 

HP Snapdragon 8 Gen 3 pertama yang diluncurkan adalah Xiaomi 14 Series. Selanjutnya bulan lalu, disusul oleh iQOO 12 dan Vivo X100.

Beberapa merk smartphone lainnya, seperti ASUS, Samsung, Honor, MEIZU, NIO, Nubia, OnePlus, OPPO, realme, Redmi, RedMagic, Sony, vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Smartphone-smartphone ini akan meluncur mulai akhir tahun 2023 ini hingga pertengahan tahun 2024 nanti. Seri ponsel yang akan menggunakan prosesor ini juga telah dikonfirmasi. 

Prosesor Snapdragon 8 Gen 3 Berteknologi AI

Prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Peluncuran mobile platform atau System-on-Chip (SoC) kelas flagship terbaru Snapdragon 8 Gen 3 berlangsung dalam acara tahunannya di Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Chipset ini menawarkan peningkatan kinerja, efisiensi daya, hingga aspek komputasi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI).

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 memiliki CPU Kryo Octa Core, yang terdiri dari 1 core Prime berbasis Cortex-X4 dengan kecepatan 3.3 GHz, 5 core Performance dengan kecepatan 3.2 GHz, dan 2 core Efficiency hingga 2.3 GHz.

Peningkatan performa yang ditawarkan Prosesor Snapdragon 8 Gen 3

Prosesor ini mampu menawarkan peningkatan performa hingga 30 persen dan jauh lebih efisiensi sebesar 20 persen.

Nantinya chipset tersebut akan mendukung RAM LPDDR5X dengan kecepatan hingga 4800 MHz dan kapasitas hingga 24 GB. Sementara untuk penyimpanan, sudah menggunakan standar terbaru, yaitu UFS 4.0.

Kemudian dalam hal grafis, Qualcomm membekalinya dengan GPU Adreno yang menawarkan peningkatan performa dan efisiensi hingga 25 persen dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2. Tak ketinggalan peningkatan dukungan Ray Tracing hingga 40 persen.

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Lengkap Smartfren Andromax V

Jadi jangan heran, dengan kemampuannya ini smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 3 mampu menjalankan game hingga 240 fps saat digunakan dengan layar yang mendukung 240 Hz.

Segi tampilan, Snapdragon 8 Gen 3 mendukung layar hingga 4K @60 Hz atau QHD+ @144 Hz, dan layar eksternal hingga 8K @30 Hz atau 1080 @240 Hz.

SoC ini juga mendukung Variable Refresh Rate dengan rentang dari 240 Hz hingga 1 Hz, serta dukungan untuk warna 10-bit dan standar HDR10, HDR10+, HDR Vivid, dan Dolby Vision.

Selain itu, sudah tersedia Qualcomm Spectra Image Signal Processor dengan konfigurasi triple 18-bit ISP yang menawarkan berbagai fitur, termasuk dukungan perekaman iToF hingga 1080p30 dan berbagai standar gambar HDR seperti DCG HDR, Staggered HDR, QDOL HDR, Less Blanking HDR, dan Multi-Frame HDR.

Dalam hal kamera, Snapdragon 8 Gen 3 mampu menangkap gambar hingga 200 megapiksel dan memiliki kemampuan deteksi wajah berbasis AI serta kedalaman warna hingga 10 bit untuk foto dan video.

Rekaman video HDR hingga 8K @30 FPS dan video 4K hingga 120 FPS.

Fitur tambahan lain di antaranya Bokeh Engine 2, video Pro Sight, video Night Vision dengan pengurangan noise AI RAW pada 4K 60 FPS, video HDR komputasional hingga 4 eksposur, resolusi video super, reduksi noise multi-frame, dan penyaringan temporal yang dikompensasi gerakan lokal.

Didukung juga dengan Truepic photo capture dengan sertifikat otoritas yang sesuai dengan C2PA.

Sementara itu, peningkatan yang paling mencolok terjadi dalam kemampuan AI. NPU Qualcomm Hexagon pada HP Snapdragon 8 Gen 3 nantinya akan mengalami peningkatan performa hingga 98% dan efisiensi daya hingga 40% per watt.

Qualcomm Sensing Hub terbaru juga menawarkan peningkatan performa AI sebesar 3.5 kali lipat.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap Nokia Lumia 510 | With SkyDrive and Office

Daftar HP Snapdragon 8 Gen 3

Beberapa merek smartphone sudah mengkonfirmasi penggunaan SoC Snapdragon 8 Gen 3 dalam perangkat mereka, termasuk ASUS, Honor, iQOO, MEIZU, NIO, Nubia, OnePlus, OPPO, realme, Redmi, RedMagic, Sony, vivo, Xiaomi, dan ZTE. Smartphone dengan SoC ini diharapkan akan segera hadir dalam beberapa minggu mendatang.

Seperti Redmi yang telah mengkonfirmasi Redmi K70 Series, Oppo dengan seri Find X7, OnePlus 12, Honor memperkenalkan Magic 6, Nubia juga akan meluncurkan Z60 Ultra dan Red Magic 9 Series, Realme dengan GT 5 Pro, dan tentu saja Samsung dengan seri Galaxy S24 di awal tahun depan.

Berikut ini daftar HP Snapdragon 8 Gen 3 terbaru, antara lain:

  1. ASUS ROG Phone 8 Series
  2. Samsung Galaxy S24+ dan S24 Ultra
  3. Samsung Galaxy S23 Ultra
  4. Xiaomi 14 Series
  5. Redmi K70 Pro
  6. Vivo X Fold 3 Pro
  7. OnePlus 12
  8. Realme GT2 Pro
  9. Realme GT5 Pro
  10. Oppo Find X7 Pro
  11. iQOO 12
  12. Meizu 21
  13. Nubia RedMagic 9

Demikian beberapa daftar HP Snapdragon 8 Gen 3 yang sudah dikonfirmasi akan segera hadir. Sebenarnya masih ada lagi HP lain yang menggunakan chipset serupa. Namun sayangnya tidak semua merk tersebut memasarkan HP SD8G3 di Indonesia.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

1 thought on “Daftar HP Snapdragon 8 Gen 3”

  1. hape dengan Snapdragon 8 Gen 3 bakal jadi quick killer hape2 sebelumnya yaa. Yang paling berasa pasti bagian kameranya, dan lensanya harus mengikuti kedigdayaan procie nya. Apalagi kalo fitur steady shot atau OIS nya juga disertakan, makin mantap

    Reply

Leave a Comment