ASUS Zenfone 10: Smartphone Compact dan Powerful dalam Genggaman

Achmad Fachrur Rozi

ASUS Zenfone 10: Smartphone Compact dan Powerful dalam Genggaman

Pondokgue.com – ASUS Zenfone 10 baru saja dirilis di Indonesia dalam acara peluncuran virtual pada 29 September 2023 pukul 19.00 WIB.

Hadir sebagai penerus ASUS Zenfone 9, smartphone terbarunya kali ini juga masih mempertahankan desain compact namun tetap powerful.

Bahkan dari segi performa sudah menggunakan platform mobile terbaru, sistem kamera yang lebih baik dan beberapa fitur yang ditingkatkan.

Komitmen ASUS Melalui Zenfone 10

ASUS Zenfone 10 Mudah Dioperasikan dengan Satu Tangan

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, menjelaskan komitmen ASUS dalam membawa teknologi terdepan kepada masyarakat Indonesia melalui Zenfone 10. 

Ia menyoroti keunggulan desain compact namun bertenaga, chipset Snapdragon® 8 Gen 2, dan sistem kamera yang disempurnakan.

Spesifikasi Zenfone 10

ASUS Zenfone 10 hadir dengan sejumlah spesifikasi unggulan. Meski ukurannya lebih besar daripada generasi sebelumnya, yang tadinya 5,9 inci, sekarang hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,3 inci.

Tampilannya lebih halus, karena panel layarnya sudah memiliki refresh rate 120Hz.

Smartphone ini masih tergolong compact, nyaman digunakan dalam genggaman. Namun tetap powerful berkat prosesor terbaru yang dibawanya.

ASUS Zenfone 10 ditenagai oleh chipset Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform terbaru untuk performa yang cepat dan kemampuan gaming yang tinggi. Performa multi-threaded puncak yang mampu dihasilkannya mencapai 3,36 GHz.

Kemudian, di sektor RAM terdapat dua varian, yaitu 12GB dan 16GB. Penyimpanan internalnya dengan teknologi UFS 3.1 berkapasitas mulai dari 128GB hingga 512GB untuk varian tertingginya.

Form factornya yang compact namun tetap kuat dengan desain ramping dan modern.

Hasil Kamera Zenfone 10 di Malam Hari

Sistem kameranya yang disempurnakan untuk menghasilkan foto dan video yang luar biasa dalam berbagai kondisi pencahayaan. 

Cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan perangkat dengan kinerja multitasking lancar dan pengambilan momen-momen penting dengan cepat dan efisien.

Baca Juga:   Xiaomi Resmi Rilis MIUI 7.2 Stable

Selain itu, fitur-fitur lain juga tak kalah menarik, seperti fitur cerdas AI untuk penyesuaian UI dan fitur kamera yang lebih baik.

ASUS telah melengkapi Zenfone 10 dengan fitur AI yang meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur ini mencakup penyesuaian UI yang canggih hingga fitur kamera yang cerdas, membantu pengguna berinteraksi secara intuitif dan mudah sesuai preferensi mereka.

Fitur Unggulan Zenfone 10

Beberapa fitur unggulan Zenfone 10 meliputi:

  • Compact namun bertenaga: Didukung oleh chipset terbaru, kekuatan yang tak tertandingi dan multitasking yang lancar pada Zenfone 10 terbaru.
  • Sistem kamera yang disempurnakan: Hanya dalam satu genggaman, evolusi impresif dari sistem kamera Zenfone 10 dan memberikan hasil yang luar biasa.
  • Fitur cerdas: Memiliki kecerdasan yang lebih dari sebelumnya, Zenfone 10 menggabungkan kemampuan peningkatan software canggih untuk meningkatkan setiap aspek pengalaman para pengguna.

Perbandingan dengan Generasi Sebelumnya

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Zenfone 10 menghadirkan peningkatan signifikan dalam aspek-aspek berikut:

Peningkatan Prosesor

Zenfone 10 mengusung peningkatan performa dengan chip terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan RAM 16GB. 

Di seri Zenfone 9 menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, yang terdiri dari 8 core dengan core utama memiliki kecepatan maksimal 3,19GHz dan GPU Adreno 730.

Perbedaannya, CPU Kyro pada chip baru ini memberikan kinerja lebih cepat hingga 35% dan hemat daya hingga 40%.

Tampilan Lebih Besar

Jika menurut Anda layar ASUS Zenfone 9 terlalu mungil, kini seri terbarunya, yaitu Zenfone 10 dibekali dengan panel layar AMOLED yang lebih besar, yaitu berukuran 6,3 inci. 

Masih lebih kecil dari ukuran smartphone pada umumnya, sehingga nyaman digunakan meski hanya dengan satu tangan. 

Selain itu, panel barunya tersebut juga sudah berjalan pada 120Hz, sehingga sangat mampu membuat tampilannya lebih halus.

Peningkatan Kamera

Kamera Zenfone 10

Pada sektor kamera, ASUS Zenfone 10 mendapatkan peningkatan yang sangat signifikan. Kamera utamanya akan memiliki 200MP dan teknologi OIS yang canggih, memberikan hasil foto yang lebih baik dibandingkan Zenfone 9.

Baca Juga:   Spesifikasi Lengkap Nokia Lumia 920

Untuk saat ini, kami belum menemukan detail mengenai aperture atau sensor, namun yang jelas peningkatan tersebut membuat Zenfone baru lebih kompetitif dibandingkan para pesaingnya.

Baterai lebih Besar

ASUS Zenfone 10 Mendukung Wireless Charging

Dengan performa yang lebih hebat, Zenfone 10 dilengkapi baterai berkapasitas 5000mAh, meningkat dari 4300mAh pada Zenfone 9. 

Pengisian cepat 67W juga akan memastikan pengisian daya lebih cepat. 

Ponsel ini juga menggunakan sistem pendingin cair untuk menjaga suhu prosesor tetap optimal selama penggunaan.

Sistem pendinginnya ini mengandalkan uap yang kemudian menuju ke ujung lain pipa di mana ia berkondensasi lagi menjadi cairan ketika diinginkan.

Pembuangan panas lebih efisien, mengingat prosesornya yang kencang, meski dalam kondisi bermain game atau tugas berat lainnya sekalipun.

Fitur-fitur smartphone lainnya juga tak kalah menarik, seperti penambahan fitur cerdas AI untuk penyesuaian UI dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Memiliki bodi tahan debu dan tahan air dengan peringkat IP68, seperti pendahulunya. Artinya smartphone ini bisa masuk ke dalam air maksimal kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

Desain compact yang lebih ramping menjadikan Zenfone 10 lebih mudah dibawa dan digunakan secara sehari-hari.

Ketersediaan dan Harga di Indonesia

Varian Warna ASUS Zenfone 10

ASUS telah mengumumkan peluncuran Zenfone 10 di Indonesia pada tanggal 29 September 2023.

Mengenai informasi harga dan promo Zenfone 10 lebih lanjut dapat diakses di situs resmi ASUS

Di Indonesia harga ASUS Zenfone 10 juga sudah dikonfirmasi saat acara peluncuran resmi tersebut, yaitu Rp11,2 jutaan.

Zenfone 10 Launch Sales Promo

Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

  • Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.
  • Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.

Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :

  • Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.
  • Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment