Microsoft Bing dan Edge Browser Bakal Dilengkapi ChatGPT Baru

Achmad Fachrur Rozi

ChatGPT Baru di Bing dan Edge

PondokGue.com – Microsoft Bing dan Browser Edge memang sudah pasti terinstall di Windows. Namun masih jarang yang menjadikannya sebagai mesin pencari utama. Di Indonesia, pengguna lebih akrab dengan Mozilla dan Chrome.

Hal ini mungkin akan mengalami perubahan sebentar lagi. Sebab Microsoft telah mengumumkan iterasi baru dari mesin pencari Bing-nya yang ditenagai oleh versi AI yang sama di belakang ChatGPT.

Microsoft Bing dan Browser Edge Siap Susul Google

Di kantor pusat Microsoft, yaitu di Redmond, Washington, perusahaan tersebut mengumumkan sedang memperbarui browser Edge dengan kemampuan AI baru dan tampilan baru.

Perlu diketahui bahwa Bing sudah ada selama 13 tahun terakhir, namun saat ini baru memegang 3% pangsa pasar browser saja. Masih kalah telak dengan Google yang telah menguasai sekitar 93%.

Microsoft percaya dengan hadirnya model GPT-4 OpenAI dan diintegrasikan dalam mesin pencarinya tersebut akan membantu menutup ketertinggalan tersebut.

Coba ChatGPT Baru di Bing dan Edge

Bing baru sudah bisa dicoba sekarang dalam versi terbatas di desktop—Anda dapat bergabung dalam daftar tunggu untuk mendapatkan semuanya. 

Mesin pencari menunjukkan hasil dalam bentuk tradisionalnya di samping sidebar bertenaga AI yang berisi jawaban yang lebih komprehensif. 

Pengguna juga dapat menanyakan pertanyaan chatbot secara langsung, seperti halnya ChatGPT.

Microsoft mengatakan Bing baru memberikan hasil yang lebih relevan, dapat meringkasnya dari berbagai sumber, dan mampu memperbaiki jawaban. 

Fitur terbaru ini juga mampu membuat rencana perjalanan liburan, mempersiapkan pengguna untuk wawancara kerja, mengambil berita tentang acara terkini, dan banyak lagi.

Microsoft Bing dan Edge Browser Bakal Dilengkapi ChatGPT Baru

Beberapa contoh lain yang bisa dilakukan Bing baru termasuk menemukan instruksi terperinci tentang cara mengganti telur dengan bahan lain dalam kue yang Anda panggang tepat pada saat itu, tanpa menggulir beberapa hasil. 

Baca Juga:   Nonton The Expendables 4: Iko Uwais Jadi Villain Utama

Microsoft juga mendemonstrasikan Bing membuat rencana perjalanan untuk setiap hari dari perjalanan lima hari ke Mexico City.

Browser Edge yang diperbarui, sementara itu, hadir dengan fitur Obrolan dan Tulis baru. 

Yang pertama memungkinkan pengguna meringkas halaman web dan mengajukan pertanyaan tentang kontennya, sedangkan yang kedua membantu menghasilkan suka email dan posting media sosial.

Microsoft Bing dan Edge Browser Bakal Dilengkapi ChatGPT Baru

Microsoft menggunakan versi yang ditingkatkan dari model bahasa GPT 3.5 yang mendukung ChatGPT OpenAI di Bing dan Edge yang baru. 

Perusahaan mengatakan model “Prometheus” ini lebih kuat daripada chatbot terkenal dan lebih mampu menjawab pertanyaan pencarian.

Revolusi chatbot berlanjut hari ini ketika Google mengungkapkan lebih banyak detail alat AI saingannya, Bard, selama acara Live from Paris, mulai pukul 8:30 ET / 5:30 PT. 

Raksasa pencarian China Baidu juga merilis layanan gaya ChatGPT-nya sendiri, yang disebut Ernie, pada bulan Maret.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment