Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Akan Memiliki Peningkatan Performa 25%

Achmad Fachrur Rozi

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Akan Memiliki Peningkatan Performa 25 Persen

PondokGue.com – Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 sedang dalam masa pengerjaan dan telah didaftarkan Geekbench. Pada bulan November lalu, Snapdragon 8 Gen 2 dirilis. 

Kabar baiknya, SoC generasi berikutnya dapat tiba lebih awal dari jadwal biasanya. 

Akan Rilis Lebih Awal dari Jadwal

Meskipun banyak yang memprediksi bahwa Qualcomm akan meluncurkan SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 baru sekitar waktu yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 2 tahun lalu— November. Namun, keterangan rahasia Stasiun Obrolan Digital menyarankan perusahaan lebih cepat dari jadwal dengan pengembangan prosesor yang akan datang dan mungkin memperkenalkannya lebih awal dari biasanya. 

Informasi tersebut belum memberikan waktu pastinya, tetapi harapannya SoC tersebut akan hadir pertama kali pada bulan Oktober tahun ini.

Digital Chat Station juga menambahkan bahwa perangkat yang dilengkapi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 bahkan akan mulai diluncurkan pada Q4 tahun ini. 

Prosesor baru dari Qualcomm ini kemungkinan akan memberi daya pada sebagian besar ponsel andalan yang tiba akhir tahun ini dan awal tahun depan. 

Termasuk beberapa perangkat yang akan diluncurkan dari pabrikan Cina, seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Peningkatan Kinerja CPU 25% Dibanding Gen 2

Skor yang diduga Snapdragon 8 Gen 3 Geekbench telah muncul secara online (gambar melalui Qualcomm)
Skor yang diduga Snapdragon 8 Gen 3 Geekbench telah muncul secara online | Sumber: Qualcomm

Masih tersisa beberapa bulan lagi, sehingga terasa masih cukup jauh dari peluncuran resmi chipset. Tidak heran jika detail informasi yang beredar masih sangat terbatas. 

Daftar Geekbench baru-baru ini mengungkapkan bahwa SoC Snapdragon 8 Gen 3 terbaru berhasil mendapatkan skor single-core 1.930 dan skor multi-core 6.236. 

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja CPU sekitar 25% dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2 terbaik saat ini. 

Baca Juga:   Promo Domain .xyz Namecheap $1 2015

Kita harus mempelajari lebih lanjut tentang Snapdragon 8 Gen 3 yang akan datang dalam beberapa hari mendatang.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Kalahkan Apple A16 Bionic dalam Uji Geekbench

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 sanggup mencetak 1.930 dan 6.236 poin dalam tes single dan multi-core Geekbench. 

SoC tersebut diduga akan menampilkan konfigurasi inti 1+5+2 dan 20% lebih hemat daya dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Hal ini seolah ingin membalas Snapdragon 8 Gen 2 yang secara dramatis belum bisa mengalahkan chipset A16 Bionic Apple. 

Snapdragon 8 Gen 3 generasi berikutnya dikabarkan akan memperbaikinya dengan inti Arm Cortex-X4 generasi berikutnya. 

Skor Geekbench yang diduga dari SoC menunjukkan kinerjanya jauh lebih baik daripada yang diperkirakan sebelumnya (1.800/6.500), bahkan melebihi Apple A16 Bionic baru yang saat ini masih bersinar.

Dugaan performa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Geekbench
Dugaan performa Snapdragon 8 Gen 3 Geekbench | Sumber: Meeco

Sebuah rumor di Meeco menunjukkan Snapdragon 8 Gen 3 mencetak skor single-core 1.930 dan skor multi-core 6.236. 

Menurut database benchmark, kinerja Snapdragon 8 Gen 2 generasi saat ini rata-rata 1.491 untuk single-core dan 5.164 untuk multi-core. 

Hal tersebut mewakili peningkatan 29% yang menakjubkan dalam kinerja single-core dan 20% dalam multi-core.

Snapdragon 8 Gen 3 juga dikabarkan menampilkan konfigurasi inti 1+5+2 yang unik, memangkas inti efisiensi lainnya dari pengaturan 1+4+3 pendahulunya. 

Meskipun demikian, dilaporkan 20% lebih hemat daya daripada Snapdragon 8 Gen 2, mungkin karena diduga diproduksi pada node proses N4P TSMC .

Namun perlu diingat, pengujian pada Snapdragon 8 Gen 3 di atas merupakan sampel teknik. Para insinyur bisa saja mempermainkan batas daya untuk menentukan seberapa jauh pengguna dapat mendorong chip tersebut.

Jika nantinya kinerja produk akhirnya identik seperti apa yang di sebutkan di atas, tentu akan sangat menyenangkan. Mungkin juga harus di-nerf lagi agar menjaga suhu tetap terkendali.

Baca Juga:   Sejarah dan Perkembangan Pesantren (Bagian -2)

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

1 thought on “Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Akan Memiliki Peningkatan Performa 25%”

  1. Pingback: POCO X5 Pro Harga dan Spesifikasi - Pondokgue

Leave a Comment