Cara Cek HP Kredit atau Tidak, Awas Tertipu

Achmad Fachrur Rozi

Cara Cek HP Kredit atau Tidak

Pondokgue.com РCara cek HP kredit atau tidak sebenarnya wajib diketahui semua orang. Terutama bagi yang ingin melakukan transaksi jual beli HP bekas. 

Selisih harga HP baru dan bekas memang menggiurkan. HP bekas dengan kondisi seperti baru namun harganya lebih murah ratusan ribu, siapa yang tidak mau.

Terlepas dari itu, konsumen juga harus cermat dalam membeli, mengingat banyaknya aplikasi pinjaman online yang menawarkan jasanya.

Salah-salah, kalian malah membeli ponsel bekas yang masih terikat cicilan pinjaman online atau masih nunggak pembayaran.

Dampak Membeli HP Bekas yang Masih Terikat Cicilan Online

Sebelum membahas cara cek HP kredit atau tidak, perlu diketahui beberapa risiko jika Anda membeli HP yang pernah digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

Ketika seseorang mengajukan pinjaman online, biasanya harus menginstall aplikasi pinjaman yang mengizinkan semua akses yang diminta. Mulai dari telepon dari kontak, SMS, kamera, lokasi dan sebagainya.

Aplikasi tersebut nantinya akan menjalankan algoritma yang mampu mengakses kebiasaan penggunanya hingga mengkonfirmasi apakah pengguna benar-benar berada di sekitar area yang diakui sebagai alamat rumah.

Aplikasi ini juga akan menyadap SMS dan kontak agar nantinya bisa digunakan untuk menentukan apakah nasabah tersebut aman atau tidaknya.

Dampak yang paling terlihat biasanya pada ponsel tersebut akan selalu muncul notifikasi yang menyatakan bahwa pemilik HP belum melunasi pembayaran cicilan. Sehingga masih ada kemungkinan HP tersebut akan diblokir. 

Bagi nasabah yang nakal, menjual HP bekas yang belum lunas cicilan kredit dengan harga normal memang memungkinkan. Apesnya bagi pembeli HP tersebut yang tidak jeli memeriksa kondisi HP tersebut saat membeli. Pihak pinjaman online bisa memanfaatkan fitur Find My Device untuk menguncinya dan memberi notifikasi lewat cloud saat HP tersebut ketahuan telah berpindah tangan ketika cicilan masih macet.

Baca Juga:   Cara Membuat Tampilan Keren di Windows 11

Cara Cek HP Kredit atau Tidak

Cara cek HP kredit atau tidak harus diketahui, apabila kalian ingin membeli HP bekas. Agar tidak tertipu membeli HP bekas kredit macet, silakan ikuti cara cek HP kredit atau tidak berikut ini:

Melalui Factory Reset

Sebenarnya ketika membeli HP bekas, melakukan factory reset adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan setiap penjual. Hal ini dilakukan agar semua data pemilik sebelumnya tidak tersisa di HP tersebut.

Nah, pada HP bekas kredit, cara cek HP kredit atau tidak bisa dilakukan melalui Factory Reset. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah.

Factory Reset dilakukan agar HP tersebut berada pada kondisi seperti pertama kali digunakan pengguna baru, tanpa data apapun. Hanya aplikasi bawaan HP saja yang akan tersisa setelah factory reset.

Namun jika aplikasi terkait pinjaman online tersebut masih ada dan tidak bisa dihilangkan, maka jelas HP tersebut terindikasi HP kredit yang belum lunas. 

Cara cek HP kredit atau tidak bisa dilakukan melalui Factory Reset. Trik ini memang biasa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. 

Meski tidak selalu berhasil, terutama jika aplikasinya memiliki kemampuan seperti Cerberus (aplikasi anti maling yang sangat sulit dihapus ketika sudah terpasang). Maka tidak bisa dihilangkan meskipun pengguna sudah melakukan factory reset.

Perhatikan setelah hapus aplikasi pinjol dan telah melakukan factory reset pada HP, apakah HP tersebut kembali menyala dan meminta pin serta email yang lama dari pengguna sebelumnya atau tidak.

Nah, jika ponsel bekas tersebut meminta pin atau email lama dari pengguna sebelumnya, maka besar kemungkinan bahwa HP tersebut masih terikat cicilan kredit atau belum lunas. 

Baca Juga:   Cara Merubah Tampilan Gmail 2013

Apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur membeli?

Setelah mengetahui cara cek HP kredit atau tidak, kalian tentu sudah lebih berhati-hati ketika akan membeli HP bekas.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur membeli?

Mau seperti apapun, membeli HP yang masih terikat dengan pinjaman online memang serba salah. 

Meski kemungkinannya kecil, pilihan paling mudah adalah mengembalikan perangkat tersebut pada penjual dan membatalkan transaksinya. 

Sialnya, jika penjual sudah menghilangkan jejak dan memblokir nomor pembeli, apa yang bisa dilakukan?

Mau tidak mau, cara satu-satunya yaitu dengan melakukan flashing ulang atau custom ROM, itupun jika memungkinkan.

Demikian cara cek HP kredit atau tidak, beserta risiko, cara mengatasi dan hal terkait lainnya. Hal ini perlu diingatkan juga agar terhindar dari kerugian membeli HP yang masih terikat pinjaman online. 

Oleh sebab itu, silakan cari HP bekas di tempat-tempat yang terpercaya dan punya reputasi bagus. Agar sewaktu-waktu ketika terjadi masalah dengan HP tersebut bisa komplain dengan mudah kepada penjualnya. 

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment