6 Fitur iPhone yang Tidak Dimiliki Android

Achmad Fachrur Rozi

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android

Pondokgue.com – Jika berbicara mengenai fitur iPhone yang tidak dimiliki android, sebenarnya masih relatif. Sebab seiring berkembangnya teknologi, kedua perangkat tersebut saling melengkapi satu sama lain dan menawarkan keunikannya masing-masing.

Pada Android, terdapat Google Assistant, sedangkan pada iPhone memiliki Siri. Kemudian, jika iPhone memiliki fitur AirDrop, Android juga memiliki fitur Nearby Share yang fungsinya hampir sama.

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa fitur iPhone yang tidak dimiliki Android:

FaceTime

6 Fitur iPhone yang Tidak Dimiliki Android - FaceTime

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android yang pertama adalah FaceTime. Sebuah aplikasi panggilan video dari Apple yang hanya tersedia di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. 

Fungsi dan kemudahan yang ditawarkan FaceTime membuat aplikasi satu ini sangat populer di kalangan pengguna iPhone.
Jika Anda memiliki perangkat Android, sebenarnya masih bisa mencoba merasakan kegunaan FaceTime, namun harus ada perangkat iOs lain yang memulai panggilan video ini terlebih dahulu, lalu membagikan link kepada pengguna Android.

Pada perangkat Android, mungkin bisa seperti aplikasi bawaan Google Duo. Namun tingkat kepopulerannya masih kalah dengan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom Meetings. 

Saat menggunakan FaceTime, pengguna iPhone hanya memerlukan nomor telepon atau alamat email terdaftar oleh pengguna lain yang ingin diajak melakukan panggilan video.

Berikut adalah cara untuk menggunakan FaceTime:

  1. Buka aplikasi “FaceTime”, pilih “New FaceTime” dan ketik nomor telepon atau alamat email pengguna yang akan diajak berbicara. Pilih nomor atau alamat yang tepat, lalu pilih tombol “Audio” atau “FaceTime”.
  2. Jika kamu memiliki nomor telepon atau alamat email pengguna lain yang sudah tersimpan di Kontak, maka sudah bisa langsung mengetikkan nama mereka dan memilih namanya saat nama itu muncul. Lalu pilih tombol “Audio” atau “FaceTime”.
  3. Bisa juga memulai panggilan video FaceTime dari iPhone saat sedang melakukan panggilan telepon lain. Caranya, pilih tombol FaceTime di aplikasi Telepon untuk beralih ke FaceTime.

Drag and Drop

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android - Drag and Drop

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android selanjutnya adalah Drag and Drop. Fitur ini sudah ada di perangkat iOS selama beberapa tahun. Namun pada pembaruan software iOS 15 baru-baru ini, fungsi Drag and Drop lebih dieksplore lagi. 

Baca Juga:   Download : SpeederXP (mempercepat Proses Upload n Download)

Hanya dengan sentuhan satu jari saja, pengguna bisa menyalin dan memindahkan sebuah konten atau multimedia dari satu aplikasi ke memindahkannya ke aplikasi lain untuk menyalin dan menempelkan konten tersebut dengan mudah dan cepat.

Namun, sebelum memindahkan konten atau media ini, pastikan bahwa perangkat yang akan dijadikan tempat menempelkan media juga mendukung fitur yang sama. 

Berbagai file yang bisa dikirimkan antara lain seperti teks, foto, video, audio, dan konten lainnya.

Hapus Background Otomatis

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android - Hapus Background di iOS 16
Fitur Hapus Background di iOS 16

Fitur iPhone yang tidak dimiliki Android berikutnya adalah Remove Background. Pada iPhone, terdapat fitur bawaan untuk menghapus latar belakang pada foto secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghilangkan latar belakang pada foto dan membuat foto tersebut terlihat lebih profesional.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Remove Background pada iPhone:

  1. Buka aplikasi Foto di iPhone dan pilih foto yang ingin dihapus latar belakangnya.
  2. Tekan tombol Edit di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih ikon pensil di sudut kanan bawah layar.
  4. Kemudian pilih opsi “Markup” di bagian bawah layar.
  5. Di dalam Markup, pilih opsi “Remove Background” di bagian bawah layar.
  6. iPhone akan secara otomatis menghapus latar belakang pada foto tersebut dan menampilkan tampilan preview dari hasil penghapusan latar belakang.
  7. Jika hasil penghapusan latar belakang tidak memuaskan, pengguna dapat menggunakan alat pensil atau penghapus untuk mengedit hasilnya secara manual.
  8. Setelah selesai, tekan “Done” di sudut kanan atas layar.
  9. Terakhir, simpan foto yang sudah diedit dengan mengklik “Save” di bagian kanan bawah layar.

AirPlay

AirPlay

AirPlay merupakan salah satu fitur iPhone yang tidak dimiliki Android. Sampai sekarang, belum ada fitur bawaan Android yang menyediakan fungsi serupa.

Oleh sebab itu, banyak pengguna Android yang berharap agar sistem Google dapat menciptakan semacam kode atau membawa aplikasi bawaan yang serupa yang juga tersedia pada perangkat Android.

Untuk menggunakan AirPlay, dalam hal ini guna mengalirkan atau membagikan konten dari perangkat Apple ke perangkat lain seperti Apple TV, smart TV yang kompatibel dengan AirPlay 2, atau ke MacBook. Anda bisa menampilkan video, foto, atau semacam aplikasi yang dapat membantu menampilkan apa yang ada pada layar HP iPhone pada perangkat lain.

Baca Juga:   Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1

Berikut ini cara membagikan video dari iPhone ke perangkat lain melalui AirPlay: 

  • Hubungkan perangkat ke WiFi yang sama dengan Apple TV atau Smart TV.
  • Pilih video yang ingin dibagikan.
  • Pilih “AirPlay”. Pada beberapa aplikasi, mungkin harus mengoperasikan AirPlay dengan cara lain. Seperti, di aplikasi Foto, kamu harus pilih “Share”, lalu pilih “AirPlay”.
  • Temukan Apple TV atau Smart TV yang ingin dihubungkan dengan perangkat.
  • Untuk menghentikan tampilan, pilih “AirPlay” pada aplikasi yang sedang dibagikan, lalu pilih perangkat tersebut dari daftar.

Offload Unused Apps for iPhone

Selanjutnya, masih ada Offload unused apps, yaitu fitur iPhone yang tidak dimiliki Android. Berguna untuk menghemat penyimpanan pada iPhone. 

Apple memberikan kemudahan pada pengguna iOS untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan dengan tetap menjaga file dan data pengguna tetap aman. 

Sehingga ruang penyimpanan akan lebih lega tanpa harus mengorbankan foto, video, atau data penting yang dimiliki hanya untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Sayangnya, pengguna Android masih belum memiliki akses atau fitur serupa sehingga membuat mereka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengosongkan ruang dengan cepat di perangkat Android miliknya.

Cek Kesehatan Baterai

Cek Kesehatan baterai iphone

Salah satu fitur iPhone yang tidak dimiliki Android paling populer adalah cek kesehatan baterai (Battery Health). 

Dulu sempat terjadi masalah karena Apple sengaja memperlambat perangkatnya untuk mengimbangi penurunan daya baterai. 

Kemudian, Apple memperkenalkan fitur yang membantu pengguna iOS agar dapat memeriksa kesehatan baterai perangkatnya dengan mudah.

Saat kesehatan baterai iPhone turun hingga di bawah 80%, iOS menyarankan agar segera memperbaiki atau mengganti baterai iPhone. 

Pengguna juga bisa melihat informasi tentang kesehatan baterai iPhone dan mempelajari bagaimana penggunaan iPhone setiap hari dapat mempengaruhi tingkat baterai.

Berikut adalah cara cek kesehatan baterai pada iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Baterai.
  2. Pilih “Battery Health” atau “Kesehatan Baterai”.
  3. Lalu, fitur ini akan menampilkan informasi tentang kapasitas baterai iPhone, kinerja puncak, dan apakah baterai iPhone perlu segera diservis atau tidak.

Sayangnya, fitur battery health sampai saat ini pada sistem Android masih belum memberikan fitur. Terutama yang berguna untuk pengecekan informasi baterai pada perangkatnya. 

Masih perlu aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh secara manual oleh pengguna untuk melihat informasi tentang baterai perangkatnya.

Demikian beberapa fitur iPhone yang tidak dimiliki Android. Bagaimana menurut Anda?

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment