HomeTutorial5 Fitur YouTube Premium Baru dan Cara Menggunakannya

5 Fitur YouTube Premium Baru dan Cara Menggunakannya

Penulis

View

Kategori

Pondokgue.com – Fitur YouTube Premium baru telah hadir dan siap digunakan pelanggan setianya. Meski YouTube Premium terkesan sebagai salah satu layanan yang terbilang mahal. Sebab meminta lebih dari sesuatu seperti Netflix, Disney+ atau HBO Max. Namun hanya untuk membuat layanan gratis berfungsi lebih baik. Entah itu untuk menghilangkan iklan dan lain sebagainya. 

Penambahan fitur YouTube Premium baru ini mungkin masih belum mengubah pikiran Anda tentang hal tersebut. Apakah Anda bersedia membayarnya atau tidak, YouTube memang gencar menampilkan pop up untuk berlangganan versi premiumnya.

Menurut posting blog YouTube terbaru, tambahan baru untuk Premium mencakup tingkat kualitas video “1080p premium”, yang meningkatkan bitrate untuk pemutaran serupa dengan opsi video VuDu yang disempurnakan. 

Saat ini hanya tersedia di perangkat iOS, tetapi akan diluncurkan ke pengguna web Premium sebagai percobaan dalam waktu dekat. 

Ada juga integrasi yang lebih baik di seluruh web dan perangkat seluler: Pengguna premium akan melihat video mini “lanjutkan menonton” jika mereka menjeda gadget mereka yang lain, tanpa harus masuk ke tab Perpustakaan atau Riwayat.

YouTube sekarang mendukung iOS SharePlay, yang memungkinkan pengguna yang berbeda untuk menonton video secara sinkron sambil berbicara di FaceTime. (Hanya perlu satu orang dalam panggilan yang perlu berlangganan Premium) 

Pengguna Android sudah dapat melakukan ini melalui fitur Live Sharing di Google Meet, juga terkunci di belakang tingkat Premium. 

Aplikasi YouTube Android dan iOS juga akan mendapatkan kemampuan untuk menambahkan video ke antrean yang akan datang tanpa perlu membuat daftar putar baru.

YouTube Premium tetap menjadi langganan $11,99 per bulan atau jika di Indonesia dikenakan biaya Rp59.000 per bulan. 

Ada juga paket family atau keluarga seharga Rp99.000, yang bisa digunakan oleh Anda dan 5 anggota keluarga lainnya.

Manfaat yang ada (yang tidak akan hilang) mencakup pemutaran bebas iklan, pemutaran di latar belakang pada perangkat seluler, unduhan seluler offline, dan akses bebas iklan ke aplikasi YouTube Music.

Fitur YouTube Premium Baru dan Cara Menggunakannya

Seperti yang telah disebutkan di atas, fitur YouTube Premium baru mencakup kendali yang lebih fleksibel melalui ponsel maupun tablet, hingga kualitas pemutaran video 1080p yang lebih baik. Berikut ini beberapa Fitur YouTube Premium baru beserta cara menggunakannya, antara lain:

Kendalikan daftar tontonan lewat ponsel atau tablet

Fiture queuing atau antrean bisa dibuat lewat ponsel atau tablet bagi pelanggan YouTube Premium. Caranya sebagai berikut:

  • Login ke akun Premium Anda.
  • Cari video yang ingin ditambahkan ke antrean.
  • Klik Lainnya di samping judul video.
  • Pilih Putar video berikutnya dalam antrean atau Putar video terakhir dalam antrean.

Tonton YouTube Premium bersama orang lain

YouTube Premium memberikan akses bagi pelanggannya untuk menjadi host di Google Meet, dan mengajak teman atau keluarga menonton walaupun mereka bukan anggota Premium. 

Dalam waktu dekat, fitur serupa juga akan dirilis untuk pengguna FaceTime di iOS melalui SharePlay.

Melanjutkan tontonan di perangkat lain

Pengguna Premium bisa berpindah dari perangkat ke perangkat lain dan melanjutkan tontonan tepat pada durasi ketika mereka meninggalkannya. 

Misalnya, Anda menonton sebuah konten favorit di komputer lalu merasa lelah dan ingin nonton lebih santai sambil rebahan. 

Cukup tutup YouTube di komputer, lalu lanjutkan menonton di smartphone.

Video rekomendasi otomatis diunduh untuk ditonton saat offline

Untuk pengguna yang tidak selalu terhubung ke internet, YouTube Premium menawarkan fitur Smart Downloads. 

Jadi ketika internet aktif, YouTube secara otomatis akan memasukkan video rekomendasi ke library agar nantinya bisa ditonton secara offline. 

Jadi Anda tidak perlu searching video lagi.

Kualitas video 1080p yang lebih baik di iOS

Khusus untuk pengguna iOS, YouTube dalam waktu dekat akan meningkatkan bitrate dari video 1080p untuk pengguna Premium. 

Menurut YouTube, nantinya video 1080p akan terlihat lebih tajam dan jernih, khususnya pada video yang menampilkan gerakan serta detail tinggi misalnya pertandingan olahraga atau video tentang game.

Demikian beberapa fitur YouTube Premium baru dan cara menggunakannya. Bagi Anda yang baru tertarik atau sudah berlangganan YouTube Premium, selamat menikmati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru