8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Pondokgue.com – Cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam mungkin membuat banyak orang penasaran. Sebab, hampir semua smartphone saat ini sudah menggunakan baterai tanam.

Di sisi lain, jika suatu saat terjadi kerusakan atau penurunan performa pada baterai tersebut, pengguna tentu saja mulai resah.

Sebenarnya hal ini wajar, sebab smartphone yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari seiring berjalannya waktu akan mengalami kerusakan. Entah itu kerusakan ringan pada software hingga kerusakan berat pada hardware, seperti misalnya baterai yang mulai ngedrop.

Baterai cepat habis dan tidak bisa dicas, tampilan di layar tertera 0% tidak meningkat meski sudah dicharge. Bisa juga baterainya sudah tidak bisa memberikan daya hingga mati total.

Sayangnya, jika smartphone masih menggunakan baterai removable atau bisa dilepas sendiri, tentu pengguna hanya perlu membeli baterai baru.

Namun jika seperti kebanyakan HP saat ini, yang menggunakan baterai tanam, tidak semua pengguna memiliki keahlian untuk membongkar baterai tersebut. Salah-salah malah bisa merusak komponen lain. 

Oleh sebab itu, silakan simak cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam berikut ini.

Penyebab HP Tidak Bisa Di Cas

Sebelum membahas cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya. 

Secara umum, penyebab baterai HP tidak bisa dicas biasanya karena usianya yang sudah lama atau terjadi kebocoran pada baterai tersebut.

Berikut ini beberapa penyebab HP batre tanam tidak bisa dicharge:

  • Terdapat komponen pendukung Handphone yang mengalami kerusakan seperti misalnya kabel, charger, hingga adaptornya.
  • Port charger yang ada di HP ataupun colokan di kabel chargernya mengalami kerusakan sehingga saat dicas mengalami kegagalan atau tidak terisinya baterainya.
  • Aplikasi atau software yang digunakan untuk mendeteksi ketika HP sedang dicharge mengalami error atau bermasalah. Karena jika software / aplikasi ini mengalami kegagalan dalam mendeteksi, maka proses pengisian baterai bakal gagal.
  • Pada ponsel terdapat software atau aplikasi pihak ketiga yang terinstal dan kemungkinan membuat boros baterai serta mengganggu proses pengisian daya dari handphone.
  • Handphone sewaktu melakukan proses update OS atau sistem tidak berhasil sempurna atau gagal saat proses berlangsung.
Baca Juga:   9 Fitur dan Trik Tersembunyi di Windows 11

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebabnya, barulah kita beranjak untuk membahas cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Langsung saja, berikut ini beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam:

Tekan Tombol Volume & Power Bersamaan

Bagi para pengguna HP Xiaomi yang mengalami masalah tersebut, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam pada Xiaomi bisa dilakukan dengan menekan tombol volume & power secara bersamaan. 

Tombol volume atas dan bawah ditekan bersamaan dengan tombol power selama beberapa saat hingga HP melakukan proses booting.

Baru kemudian setelah layar HP menyala, lepas tombol tersebut. 

Tekan Tombol Volume Bawah

Bagi pengguna HP Oppo, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam bisa dilakukan dengan menekan tombol volume bawah dan hubungkan charger ke port charging. 

Tunggu hingga HP masuk ke mode Fastboot atau Recovery Mode, setelah itu lepas tombol tersebut. Nah, nantinya akan muncul opsi Reboot atau Restart. Silakan pilih opsi Restart untuk memulai ulang, maka HP akan menyala dan terdeteksi sedang melakukan pengisian daya.

Tekan Tombol Volume, Power & Home

Bagi pengguna HP Samsung, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam bisa dilakukan dengan menekan tombol volume (atas & bawah), power dan Home (jika ada) secara bersamaan. Lalu hubungkan kabel pengisian daya ke HP tersebut hingga menyala.

Biasanya setelah layar HP menyala, maka akan muncul gambar baterai sedang mengisi daya. Lalu lepaskan semua tombol tersebut. 

Coba Charger dengan Kapasitas Ampere Tinggi

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya adalah dengan mengganti charger HP dengan kapasitas Ampere yang lebih tinggi. 

Bisa jadi, masalah ini bisa diatasi melalui charger dengan kapasitas ampere yang tinggi atau charger yang sudah support fast charging. Sebab adanya kemungkinan pengisian daya tidak berlangsung normal karena kapasitas ampere pada charger yang sebelumnya digunakan terlalu rendah. 

Baca Juga:   Cara Screen Recorder di Laptop Windows 10 dan Mac

Setelah beberapa menit mengecas HP dengan charger yang memiliki daya kapasitas Ampere yang tinggi dan terdeteksi oleh HP, langsung ganti mengecas menggunakan charger asli bawaan Handphone-nya. Ini tujuannya agar tidak mempercepat kerusakan pada IC Charger HP-nya.

Jadi, jangan heran jika setiap produsen menyarankan agar penggunanya selalu memakai charger HP bawaan.

Lepas SIM Card & Micro SD

Kemungkinan lain yang bisa menyebabkan baterai HP cepat habis adalah kapasitas penyimpanan yang berlebih. Sehingga membuat HP jadi lemot dan proses pengisian daya tidak berlangsung normal. 

Nah, solusinya adalah melepas SIM card serta micro SD yang terpasang. Lalu biarkan HP istirahat beberapa saat. Setelah itu, coba melakukan charging HP lagi.

Ganti Adapter Charger

Bagi yang sering menggunakan charger HP yang bukan bawaan asli smartphone tersebut, biasanya juga akan berdampak buruk pada baterai. 

Oleh sebab itu, cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam bisa dilakukan menggunakan adapter charger asli atau bawaan smartphone. 

Namun jika masih belum berhasil, coba cara lainnya seperti mengecas HP dengan adapter charger baru atau yang memiliki Ampere yang lebih besar ataupun Fast Charging.

Bersihkan Port Charger

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam selanjutnya yaitu dengan membersihkan port charger. Bisa jadi penyebabnya karena port charger atau lubang di HP yang buat menghubungkan / mencolokkan kabel charger ke HP terlalu kotor atau ada kotoran yang membuat HP tidak terdeteksi saat dicas. 

Oleh sebab itu, solusinya adalah membersihkan lubang port charger di HP tersebut. Entah itu dengan Cotton Bud yang kecil dengan pelan-pelan dan hati-hati. Bisa juga dengan batang lidi ataupun pinset kecil.

Kunjungi Service Center

Jika sudah mencoba cara-cara di atas, namun belum berhasil mengatasinya, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengunjungi service center. 

Daripada mencoba untuk mengganti batre tanam sendiri, tentu sangat beresiko merusak komponen lain. Oleh sebab itu, silakan bawa HP tersebut ke tempat servis HP terdekat. Pastikan juga tempat servis resmi dari merk HP tersebut. 

Sebab bisa jadi sumber masalahnya pada IC Charger di HP ataupun baterai tanamnya yang bermasalah atau rusak. 

Demikian beberapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment