7 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Achmad Fachrur Rozi

cara mengatasi hp panas batre tanam

Pondokgue.com – Cara mengatasi HP panas batre tanam wajib diketahui pemilik smartphone sekarang. Masalah yang kerap kali muncul pada batre tanam adalah suhunya yang tinggi ketika digunakan. Terutama saat melakukan aktivitas berat, seperti bermain game dengan grafik tinggi.

Jika hal ini berlangsung lama dan berulang-ulang, maka tentu saja baterainya cepat drop. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan mati total.

Tak perlu khawatir, cara mengatasi HP panas batre tanam agar terhindar dari kerusakan fatal, ada beberapa upaya yang bisa diterapkan. Apa saja itu? Silakan simak sampai tuntas.

Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

Berikut ini beberapa cara mengatasi HP panas batre tanam yang bisa diterapkan langsung oleh para pengguna:

Gunakan Charger Ori

Cara mengatasi HP panas batre tanam yang pertama adalah memastikan penggunaan charger original dari HP tersebut. 

Sebab setiap pabrikan membuat charger bawaan sesuai tegangan yang dimiliki setiap tipe HP. 

Oleh sebab itu, pengguna juga perlu mengetahui dan bisa membedakan charger original dan charger lain yang berpotensi merusak baterai. 

Nonaktifkan GPS 

Menonaktifkan fitur GPS di HP juga bisa meringankan kinerjanya. Sebab saat ini banyak sekali aplikasi yang meminta akses lokasi dengan GPS terus menerus dan berjalan di latar belakang. 

Selain memakan baterai dan menjadi boros, pengaktifan fitur tersebut juga membuat HP menjadi lebih cepat panas. Mungkin masih ada beberapa pengguna hanya mengaktifkan GPS, ketika menggunakan aplikasi pembaca peta saja.

Baca Juga:   Cara Screen Recorder di Laptop Windows 10 dan Mac

Namun jika pengguna selalu ingin mencari letak HP tersebut pada aplikasi Find My Device misalnya, tentu saja harus selalu mengaktifkan GPS dengan tingkat akurasi tinggi.

Inilah salah satu penyebab HP panas pada batre tanam. Oleh sebab itu, menonaktifkan GPS ketika tidak diperlukan juga bisa mengoptimalkan atau mendinginkan HP agar tidak terlalu panas menjadi suhu yang ideal. 

Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung 

Jika HP sering digunakan di outdoor, sebisa mungkin untuk menghindarkan HP dari sinar terik matahari langsung. 

Sorotan langsung sinar matahari sangat berbahaya untuk smartphone, karena HP akan sangat panas dan bahkan akan menyebabkan kerusakan hardware yang ada pada smartphone tersebut. 

Turunkan Kecerahan Layar

Cara mengatasi HP panas batre tanam berikutnya adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. 

Disadari atau tidak, bagi pengguna mode kecerahan otomatis ketika mengoperasikan HP di bawah terik matahari tentu saja akan memaksa HP dalam tingkat kecerahan maksimal. Hal ini menjadi penyebab utama HP cepat panas.

Dengan menurunkan kecerahan layar serta mengurangi durasi waktu layar supaya tidak menyala terlalu lama bisa memperingan kinerja HP sehingga tidak terlalu panas.

Selain itu, bisa juga ditambah dengan menggunakan pelindung layar anti glare yang bisa membantu melihat layar hp di bawah sinar matahari dengan lebih mudah, sehingga tidak perlu lagi menaikan kecerahan layar hingga membuat hp bekerja lebih keras.

Gunakan Mode Hemat Daya 

Cara mengatasi HP panas batre tanam lainnya, pengguna bisa memanfaatkan mode hemat daya, atau Low Power Mode. 

Saat ini mungkin hampir semua smartphone memiliki fitur tersebut untuk menjaga daya perangkat menjadi jauh lebih optimal.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kinerja HP memang tidak maksimal pada performa terbaiknya. Namun hal ini juga memiliki kelebihan karena bisa meminimalisir suhunya agar tidak cepat panas. 

Baca Juga:   Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Update Software

Hadirnya pembaruan atau update pada software biasanya dibarengi dengan adanya perbaikan bug dan peningkatan efisiensi HP.

Hal ini juga membuat HP bekerja lebih ringan dan menjaga suhunya tetap stabil. 

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan 

Cara mengatasi HP panas batre tanam yang terakhir adalah dengan mematikan aplikasi yang tidak digunakan.

Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh pengguna. Padahal dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, itu artinya memaksa perangkat untuk bekerja lebih keras.

Dampaknya tentu saja HP menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, mematikan aplikasi yang tidak digunakan menjadi salah satu cara jitu untuk mengefisienkan kinerja perangkat.

Demikian beberapa cara mengatasi HP panas batre tanam yang perlu diketahui. Hal ini nantinya bisa dinikmati pengguna HP batre tanam agar tidak cepat panas dan merusak komponen lain. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment