7 Cara Memperbaiki HP Mati Total Kena Air Baterai Tanam

Achmad Fachrur Rozi

Cara Memperbaiki HP Mati Total Kena Air Baterai Tanam

Pondokgue.com – Cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam mungkin sedang kalian cari. Wajar saja, ketika mengalami hal tersebut kalian akan panik.

HP satu-satunya yang kalian bawa camping misalnya, tidak sengaja tercebur ke dalam air atau kehujanan. Setelah dicek ternyata sudah tidak bisa nyala atau mati total.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut, pada kesempatan kali ini akan membahas cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam.

Silakan simak sampai tuntas agar bisa menerapkan langkah demi langkahnya.

Cara Memperbaiki HP Mati Total Kena Air Baterai Tanam

Memperbaiki HP yang mati total karena kena air dan memiliki baterai tanam bisa menjadi tugas yang sulit dan memerlukan keterampilan yang tepat. Sebab jika tidak, bisa-bisa malah akan merusak komponen lain yang sebetulnya masih normal.

Jika HP kalian baterai tanam dan tanpa sengaja kena air, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba dari cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam:

Matikan HP dan Jangan Coba Dinyalakan

Cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam yang pertama adalah mematikan HP secepat mungkin dan cabut baterainya jika memungkinkan.

Apabila kalian tidak memiliki keahlian dalam membuka baterai tanam, maka cukup matikan saja HP tersebut secepatnya.

Jangan mencoba untuk menyalakan ulang HP terlebih dahulu karena hal ini kemungkinan dapat merusak lebih banyak komponen di dalamnya.

Baca Juga:   Begini Cara Activation Windows 10 Permanen

Buang atau Keringkan Sisa Air

Langkah kedua yaitu membuang semua sisa air dari HP dan baterainya. Cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam dengan mengeringkan HP dari air lebih dulu menjadi prioritas. 

Kalian bisa mengeringkannya menggunakan handuk atau tisu untuk menyerap air yang ada di dalamnya. 

Namun perlu diingat agar jangan menggunakan pengering rambut atau alat pemanas lainnya karena ini dapat merusak komponen di dalam HP.

Jangan Dikeringkan di Bawah Sinar Matahari Langsung

Meski kalian sedang panik dan ingin cepat-cepat untuk mengeringkan HP tersebut. Namun jangan menaruh HP di bawah sinar matahari langsung atau di dekat sumber panas.

Sebab hal ini bisa mengakibatkan komponen di dalam HP rusak.

Copot Baterai

Cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam berikutnya adalah dengan membuka HP dan baterai jika memungkinkan. 

Setelah melakukan hal tersebut, kalian bisa mencoba untuk membersihkannya dengan hati-hati. Bisa dengan menggunakan alkohol isopropil dan sikat gigi lembut. 

Pastikan semua komponen dan kabel terhubung dengan benar.

Tunggu Hingga Benar-benar Kering

Jika sudah dibersihkan, selanjutnya adalah membiarkan HP dan baterai kering secara alami selama beberapa hari. 

Kalian bisa mencoba untuk mengeringkannya di dalam tumpukan beras atau silica gel.

Jangan mencoba menyalakan HP kembali sebelum yakin bahwa semua bagian sudah benar-benar kering.

Pasang dan Nyalakan HP

Cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam yang terakhir, tentu saja dengan memasangkan kembali baterainya. Kemudian silakan coba untuk menyalakan ulang HP tersebut. 

Pergi ke Layanan Servis HP Terdekat

Jika HP masih tidak menyala, coba bawa ke layanan servis HP terdekat atau ahli yang berpengalaman untuk memperbaikinya.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Penting untuk diingat bahwa cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam tidaklah mudah. Kalian perlu keahlian khusus untuk melakukannya. Jika tidak merasa percaya diri dalam melakukannya, sebaiknya bawa ke ahli atau layanan servis yang dapat membantu memperbaikinya.

Silakan tanyakan estimasi biayanya terlebih dahulu, agar bisa memutuskan ingin memperbaikinya atau tidak. 

Demikian cara memperbaiki HP mati total kena air baterai tanam. Sebenarnya, penjelasan di atas adalah langkah awal ketika kalian baru mengalami masalah tersebut. Tujuan utamanya hanyalah agar tidak merusak komponen lainnya.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment