Begini Cara Edit Pesan WhatsApp

Achmad Fachrur Rozi

Cara Edit Pesan WhatsApp dengan Mudah

Pondokgue.com – Cara edit pesan WhatsApp mungkin masih sangat sedikit orang yang mengetahuinya. Sebab fitur ini memang baru saja diluncurkan oleh WhatsApp beberapa waktu yang lalu.

WhatsApp sebagai aplikasi percakapan atau chatting paling populer di dunia, memang selalu menawarkan fitur terbarunya. Kini, Anda bisa mengedit pesan yang Anda kirim di WhatsApp. 

Cara Edit Pesan WhatsApp Sebelum 15 Menit Terkirim

Sebelumnya, pengguna memang tidak bisa mengedit pesan WhatsApp. Oleh sebab itu, opsi satu-satunya hanyalah menghapus pesan tersebut.

Namun hal ini memiliki kekurangan, sebab baik pengirim maupun penerima akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesan tersebut dihapus.

Setelah itu, pengguna harus membuat pesan baru lagi. Tentu saja merepotkan.

Nah, pada pembaruan kali ini, WhatsApp secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya merilis fitur edit pesan hingga 15 menit setelah dikirim.

Fitur ini berlaku baik untuk obrolan pribadi maupun obrolan grup. Jadi, ketika pengguna melakukan kesalahan dalam pengetikan atau typo, tidak perlu lagi menghapus pesan dan mengirimkan ulang.

Cara Edit Pesan WhatsApp

Cukup dengan mengeditnya saja. Berikut ini cara edit pesan WhatsApp yang bisa dilakukan:

  • Pertama, klik dan tahan suatu pesan selama beberapa detik. 
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi tindakan yang tersedia. 
  • Lalu, pilih menu “Edit” yang ada di menu “tiga titik vertikal” yang terletak di pojok kanan atas jendela percakapan. 
  • Untuk WhatsApp versi iOS, menu Edit ini tersedia dalam jendela pop-up yang akan muncul ketika pengguna mengeklik dan menekan suatu pesan WA yang sudah dikirim.  
  • Setelah mengeklik tombol Edit, barulah mereka bisa mengedit pesan WA mereka dengan pesan baru. 
  • Jika sudah diedit, pesan tersebut nantinya akan ditandai dengan label “Edited” dan ditemani dengan label informasi waktu (timestamp) pengiriman pesan pertama (sebelum diedit), sebagaimana tampak pada gambar di atas. 
  • Perlu dicatat, pengguna hanya diberikan waktu 15 menit setelah pesan terkirim untuk mengedit pesan WA mereka.  
Baca Juga:   Cara Reset Windows 10

Apabila lewat dari kurun waktu tersebut, pengguna sudah tak bisa lagi mengedit pesan WA, dan mereka harus menggunakan cara lama untuk mengubah isi pesan WhatsApp yang sudah dikirim sebelumnya. 

Meski demikian, pengguna bisa mengubah atau mengedit sebuah pesan WA berkali-kali, asalkan dalam kurun waktu 15 menit setelah pesan tersebut dikirim pertama kali.  

WhatsApp Tidak Menyimpan Pesan yang Diedit

Adapun WhatsApp tidak akan menyimpan seluruh pesan yang sebelumnya sudah diperbaiki. 

Dengan kata lain, pengguna, baik itu pengirim atau penerima, tidak akan bisa melihat isi pesan WA asli yang sudah mengalami perubahan. 

Fitur edit pesan WA ini bakal digelontorkan ke seluruh pengguna WhatsApp secara global dalam beberapa minggu ke depan. 

Fitur ini sudah bisa dinikmati pengguna Android yang menginstal WhatsApp Beta versi terbaru (2.23.11.6), dan fitur ini belum tersedia di WhatsApp non beta versi terbaru (2.23.9.75). 

Artinya, pengguna yang belum bisa mengedit pesan WhatsApp harus menunggu dan bersabar sedikit dalam beberapa waktu ke depan. 

Biasanya, fitur anyar WhatsApp sendiri akan hadir di versi WhatsApp terbaru. Dengan kata lain, pengguna bisa melakukan pengecekan secara berkala di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS) untuk melihat apakah ada pembaruan (update) WhatsApp versi teranyar atau tidak.

Tenang saja, semua hal tersebut masih akan dienkripsi end-to-end. 

Demikian cara edit pesan WhatsApp dengan mudah yang bisa dilakukan mulai sekarang. Tak perlu hapus pesan dan kirim ulang, cukup dengan mengeditnya saja, beres. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment