Windows 12 Siap Diluncurkan Pada Tahun 2024, Intip Fitur Barunya!

Achmad Fachrur Rozi

Windows 12 Siap Diluncurkan Pada Tahun 2024

Pondokgue.com – Microsoft kabarnya sudah mempersiapkan versi Windows terbaru yaitu Windows 12 pada tahun 2024 nanti.

Tanpa disadari, Windows 11 sekarang ini sudah berumur dua tahun dengan berbagai pembaruan yang tersedia dengan versi 22H2.

Sebagian dari kita mungkin belum pernah mencicipinya, atau baru beralih ke versi tersebut. Namun sudah muncul rumor Windows 12. Seolah perkembangan terlalu cepat dan belum sempat terkejar, dan sudah akan muncul versi terbarunya lagi.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa versi baru ini akan diluncurkan pada tahun 2024. Meski belum diumumkan secara resmi oleh Microsoft.

Namun perusahaan telah berkomitmen untuk melakukan pembaruan tahunan dan pembaruan fitur yang lebih kecil untuk Windows 11.

Windows 12 Kapan Rilis?

Menurut laporan, versi utama Windows berikutnya akan diluncurkan sekitar tahun 2024, kira-kira tiga tahun setelah debut Windows 11. 

Sebenarnya ini waktu yang cukup lama, namun entah kenapa rasanya masih terlalu cepat.

Bagi yang sudah tergabung dalam Program Windows Insider, mungkin sudah melihat fitur-fitur Windows 12 muncul secara bertahap selama dua tahun ke depan. 

Apakah Windows 12 akan menjadi upgrade gratis?

Kemungkinan besar, Microsoft telah bersiap untuk menawarkan pembaruan Windows utama secara gratis kepada pengguna Windows yang sudah ada selama beberapa tahun sekarang, dan masuk akal jika hal itu terus berlanjut. 

Tentu saja, Windows 12 sendiri kemungkinan besar tidak gratis, jadi jika Anda tidak memiliki lisensi Windows sama sekali, Anda tetap harus membelinya.

Nah, masalah selanjutnya muncul dan mungkin mengharuskan Anda mengeluarkan uang adalah apakah PC Anda kompatibel dengannya.

Kalian juga sepertinya tidak perlu khawatir, karena Microsoft telah secara signifikan mengurangi upayanya untuk memaksa pengguna menginstal versi baru Windows secara paksa. 

Windows 11 masih merupakan pembaruan opsional untuk pengguna Windows 10, dan kemungkinan besar, pendekatan tersebut akan berlanjut pada rilis mendatang.

Memperbarui ke versi Windows yang baru mungkin wajib dilakukan jika versi Windows Anda mendekati akhir periode dukungannya. 

Baca Juga:   Sambut 2020, Operator 3 Tingkatkan Jaringan Hingga 8x Lebih Cepat

Misalnya, rilis asli Windows 11 akan didukung selama 24 bulan jika Anda memiliki Windows edisi Home atau Pro. 

Jadi, meskipun Windows 11 versi 22H2 tidak wajib, kemungkinan besar akan diinstal secara otomatis pada tahun 2023, sehingga Anda dapat terus mendapatkan pembaruan keamanan di masa mendatang.

Namun, jika melihat apa yang terjadi dengan Windows 10, Microsoft masih memberikan pembaruan keamanan untuk sistem operasi tersebut, dan terdapat pembaruan fitur baru setiap tahunnya. 

Mereka sebenarnya tidak menambahkan fitur baru yang besar, namun memperpanjang periode dukungan untuk PC Anda. 

Windows 10 secara keseluruhan didukung hingga Oktober 2025, dan alih-alih mendorong pengguna ke Windows 11, Microsoft malah mempertahankan mereka di Windows 10 melalui pembaruan yang lebih kecil ini. 

Kemungkinan besar Windows 11 akan menerima perlakuan yang sama setelah Windows 12 dirilis, sehingga Anda tidak akan dipaksa untuk melakukan upgrade.

Apakah PC saya Kompatibel dengan Windows 12?

Perlu diingat bahwa pada versi Windows 11, Microsoft secara signifikan meningkatkan persyaratan sistem minimum dibandingkan dengan Windows 10.

Jika Windows 11 saat ini memerlukan prosesor yang dirilis mulai sekitar tahun 2018 dan seterusnya, maka kemungkinan Windows berikutnya akan memerlukan lebih dari itu. 

Windows 11 membutuhkan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB, jadi setidaknya Windows 12 membutuhkan jumlah yang sama. 

Apa yang baru di Windows 12?

Mungkin pertanyaan ini masih terlalu dini. Namun, beberapa rumor telah memberikan informasi mengenai hal tersebut. 

UI desktop baru

Prototipe Windows 12 sudah banyak berseliweran meski belum diumumkan secara resmi oleh Microsoft. 

Microsoft secara tidak sengaja memamerkan konsep untuk Windows 12 selama keynote Microsoft Ignite yang dipandu oleh CEO Satya Nadella. 

Konsep tersebut menunjukkan beberapa perubahan menarik, termasuk taskbar mengambang dan beberapa ikon sistem yang kini ditampilkan di bagian atas layar, seperti Wi-Fi dan indikator baterai, serta widget cuaca. Ini akan membuat Windows lebih mirip dengan macOS atau beberapa distribusi Linux.

Jika ditinjau pada Windows 11 yang telah membuat perubahan besar pada taskbar untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, dan jika konsep ini bisa diterapkan, Windows 12 akan membuat perubahan yang lebih drastis pada pengalaman yang biasa kita alami.

Baca Juga:   Pembaruan Windows 11 Terbaru: Taskbar Punya Bing Bertenaga AI dan Fitur Menarik Lainnya

Perubahan lain yang telah dilaporkan termasuk layar kunci baru dan UI login yang lebih dioptimalkan untuk perangkat sentuh, dan pusat notifikasi baru yang dapat mengelompokkan notifikasi berdasarkan kontak, dan bukan hanya berdasarkan aplikasi. 

Pengguna juga kemungkinan dapat menyematkan widget ke desktop daripada harus menggunakan panel widget khusus. 

Kemampuan baru lainnya yang disebutkan adalah kemampuan membuat wallpaper animasi dengan efek paralaks berdasarkan gambar 2D.

Pembaruan lebih cepat

Laporan yang sama yang menyebutkan desain modular juga berbicara tentang perubahan lain pada struktur Windows 12 dengan diperkenalkannya pemisahan negara. 

Ini pada dasarnya berarti bahwa bagian-bagian tertentu dari sistem operasi akan diblokir dari akses pengguna dan dimasukkan ke dalam partisi terpisah. 

Hal ini akan memungkinkan Windows diperbarui dengan lebih lancar, karena sistem dapat memperbarui partisi inti ini secara bebas tanpa mengkhawatirkan campur tangan pengguna. 

Pembaruan akan diinstal lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit waktu henti.

Pemisahan negara juga dapat membuat pengalaman penyetelan ulang lebih dapat diandalkan. 

Karena pengguna tidak dapat mengakses partisi dengan file sistem, file-file ini kecil kemungkinannya untuk rusak, dan mengatur ulang PC Anda akan bekerja lebih baik.

fitur AI

Hal baru di Windows 12 lainnya adalah lebih banyak fitur AI yang tersedia. Salah satu fitur ini mungkin melibatkan kemampuan Windows 12 untuk mengenali konten yang ditampilkan di layar dan menyarankan tindakan berbeda tergantung pada apa yang sedang terjadi dan ditampilkan. 

Windows 12 juga dapat mengenali objek dalam foto dan memudahkan untuk menyalin objek tersebut dan menempelkannya di tempat lain.

Baru-baru ini, Microsoft juga mengumumkan Windows Copilot, yang diperkirakan akan debut di Windows 11, namun akan menjadi bagian yang lebih integral dari Windows 12. 

Laporan terbaru juga mengungkap banyak fitur AI di aplikasi Windows, seperti pembuat gambar untuk Paint dan dukungan OCR di aplikasi Kamera. 

Tidak jelas apakah itu akan dikirimkan ke Windows 11 atau akan dicadangkan untuk Windows 12 nanti.

Tidak ada lagi dukungan untuk aplikasi Arm 32-bit

Kabar buruknya, pada versi Windows berikutnya tidak akan mendukung aplikasi Arm 32-bit, mengikuti jejak platform Arm-centric lainnya. 

Ini sebenarnya bukan hal baru. Microsoft secara resmi  mengatakan perubahan ini terjadi pada versi Windows 11 yang akan datang, tetapi kita harus menunggu dan melihat kapan hal itu akan terjadi.

Demikian beberapa rumor Windows 12 yang kabarnya siap diluncurkan pada tahun 2024 nanti. Bagaimana pendapat kalian? 

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment