Google Docs Tidak Bisa Diakses Sejak Kamis Malam, Sudah Kembali Normal

Achmad Fachrur Rozi

Google Docs Tidak Bisa Diakses Sejak Kamis Malam, Sudah Kembali Normal

Pondokgue.com – Google Docs tidak bisa diakses, itulah keluhan yang menjadi trending di media sosial X (Twitter) pagi tadi.

Fitur Google Docs ini memang biasa digunakan untuk membuat dokumen secara online dari perangkat apapun, entah itu laptop, PC, tablet hingga smartphone.

Jika masalah error pada Google Docs hanya tidak bisa mengedit dokumen, solusinya cukup melakukan refresh pada halaman tersebut.

Namun hal ini berbeda dengan yang dialami para pengguna hingga tadi pagi.

Google Docs Tidak Bisa Dibuka Tadi Pagi

Google Docs Tidak Bisa Diakses Sejak Kamis Malam, Sudah Kembali Normal

Bagi pengguna laptop Chromebook seperti saya, Google Docs menjadi opsi paling diandalkan untuk mengetik dokumen.

Namun pagi tadi (Jumat, 22/9/2023), kami tidak bisa mengaksesnya. Bahkan ternyata hal ini sudah dikeluhkan sejak Kamis (21/9/2023) malam oleh pengguna layanan Google Drive, seperti Google Docs, Google Sheet, dan Google Slides. 

Ternyata aplikasi tersebut memang tidak bisa digunakan oleh pengguna layanan jaringan internet tertentu. 

Masalah ini ramai diperbincangkan di Twitter atau yang kini berlogo X, pengguna  melaporkan bahwa layanan tersebut tidak dapat digunakan. 

Mereka mempertanyakan apakah laman tersebut mengalami down dilengkapi dengan bukti tangkapan layar bertuliskan bahwa sambungan tidak pribadi.

Beberapa di antaranya juga mengatakan bahwa lama docs.google.com termasuk dalam kategori situs yang diblokir oleh pemerintah.

Saat mengakses URL docs.google.com tersebut, muncul keterangan Unable to connect, atau menginformasikan bahwa situs tidak bisa diakses.

Berbagai pekerjaan jelas terganggu akibat masalah ini, sehingga wajar Google docs menjadi trending dengan 400 ribuan cuitan.

Menurut beberapa informasi yang beredar, pemblokiran terhadap Google Docs ini hanya dialami oleh pengguna Internet Service Provider (ISP) tertentu.

Baca Juga:   Microsoft Akan Luncurkan Windows Blue?

Pada penyedia layanan internet berbeda, mereka tidak menemukan masalah ketika mencoba mengaksesnya. Bisa untuk mengetik secara normal dan tanpa kendala apapun.

Akibat Google Docs Tidak Bisa Diakses

Pengguna Chromebook yang sudah ketergantungan dengan ekosistem Google, masalah Google docs tidak bisa dibuka membuat beberapa pekerjaan tertunda.

Melalui layanan pengolah kata berbasis awan bernama Google Docs ini, pengguna dapat mengedit isi dari hasil pengolahan kata bersama tim secara realtime.

Smart Compose sebagai fitur asistif yang dimilikinya juga memungkinkan penggunanya untuk menulis lebih cepat dengan sedikit kesalahan. Sehingga bisa lebih fokus pada ide yang mau disampaikan.

Pengguna bisa hemat waktu dengan berbagai fitur yang tersedia, seperti saran tata bahasa, ejaan, dikte, dan penerjemahan dokumen secara cepat. 

Selain itu, kemudahan lain seperti terhubung ke semua ekosistem aplikasi Google, menjadi salah satu alasan paling dominan. Layanan Google Docs dapat terhubung dengan aplikasi dari google lainnya, seperti Gmail, Google Sheets, atau Google Meet.

Kominfo: Google Docs Sudah Pulih, Bukan Diblokir Tapi Kesalahan Teknis

Google Docs Diblokir Kominfo

Sejumlah pengguna Twitter melaporkan bahwa nama Google Docs sempat masuk daftar blokir Kementerian Kominfo. 

Dari beberapa tangkapan layar yang diunggah pengguna Twitter, alamat docs.google.com tampak terjaring mesin sensor internet AIS.

Setelah mengetahui masalah tersebut, tentu saja ingin segera mendengar tanggapan dari Kominfo.

Sekarang ini, Google Docs sudah dipulihkan dan dapat diakses kembali seperti biasa. Pihak Kominfo mengatakan bahwa situs ini bukan diblokir oleh pemerintah, namun terjadi kesalahan teknis. 

Demikian beberapa update informasi mengenai Google Docs tidak bisa diakses atau dibuka sejak kemarin malam hingga pagi tadi. Kini masalah tersebut sudah diatasi dan Google Docs telah dipulihkan. 

Baca Juga:   5 Fitur YouTube Premium Baru dan Cara Menggunakannya

Kalian sudah bisa beraktivitas dan bekerja menggunakan aplikasi ini secara normal kembali.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment