Arti Gwenchana dan 6 Contoh Penggunaannya

Achmad Fachrur Rozi

Arti Gwenchana dan Contoh Penggunaannya

Pondokgue.com – Arti Gwenchana beberapa waktu ini memang banyak dicari netizen, terutama bagi anak-anak muda pengguna TikTok.

Sebab berbagai konten dengan kata Gwenchana ini terus berseliweran atau FYP.

Sehingga tidak heran jika banyak dari mereka yang mencari arti gwenchana agar bisa relate dengan konten yang sedang viral tersebut.

Apa Arti Gwenchana ?

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, arti gwenchana (괜찮아) yaitu tidak apa-apa. Kata ini berasal dari bahasa Korea yang cocok digunakan dalam obrolan orang yang usianya lebih muda, teman sebaya atau untuk orang yang sudah akrab.

Pengucapan kata gwenchana ini dalam bahasa Korea biasanya diucapkan dengan nada naik. Misalnya ketika ada orang yang menanyakan kabar, dan yang ditanya tadi merasa baik-baik saja, maka kalian bisa menggunakan kata gwenchana.

Setelah mengetahui arti gwenchana, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penggunaannya.

Penggunaan Gwenchana dalam Situasi Formal dan Informal

Seperti yang telah disebutkan di atas, arti gwenchana adalah “tidak apa-apa” dan merupakan kata formal. 

Untuk bentuk formalnya, bisa menggunakan kata gwenchanayo (괜찮아요). Kata ini cenderung sopan sehingga bisa digunakan untuk beragam situasi. Namun, jika digunakan ke orang yang sudah akrab justru terkesan canggung.

Kata gwenchanayo (괜찮아요) lebih cocok digunakan untuk guru, atasan di tempat kerja, guru, kakek-nenek, orang yang kurang akrab atau lebih tua. Adapun, kata yang lebih formalnya lagi, adalah gwenchansumnida (괜찮습니다) tapi hanya digunakan di situasi resmi seperti saat presentasi, siaran berita atau pidato.

Baca Juga:   4 Aplikasi untuk Memperjelas Foto

Jika di dalam kamus, bentuk dasar dari gwenchana, adalah gwenchanta (괜찮다). Ketika digunakan dalam percakapan harus menggunakan konjungsi, sehingga menjadi gwenchana atau gwenchanayo. Perbedaan gwenchana atau gwenchanayo yaitu ada penambahan “yo” sehingga jadi formal.

Contoh Penggunaan Kata Gwenchana

Penggunaan kata gwenchana bisa digunakan dalam beragam konteks kalimat. Contohnya untuk menanyakan kabar, menolak tawaran dan menerima permintaan maaf. Berikut contoh penggunaannya:

Menanyakan Kabar Seseorang

A: gwaenchanh-a (괜찮아)? artinya “apa kamu tidak apa-apa”
B: gwaenchana (괜찮아) artinya “tidak apa-apa”

Menjawab Permintaan Maaf

Untuk permintaan maaf, kata gwenchana bisa digunakan dalam kata berikut:

  • Contoh 1

A: mianhae (미안해), artinya “maaf”
B: gwaenchana (괜찮아), artinya “tidak apa-apa” atau “tidak perlu minta maaf”

  • Contoh 2

Rina: “Nomu mianhaeyo” artinya “aku sungguh meminta maaf”
Salma: “Gwenchanayo” artinya “tidak apa-apa, ini bukan masalah”

Menolak Tawaran

Kata gwenchana juga dapat digunakan ketika menolak tawaran bisa diucapkan seperti ini:

A: jibe teryeodajulkka (집에 데려다줄까)? artinya “mau aku antar pulang?
B: gwenchana (괜찮아) artinya “tidak perlu”

Forum Resmi

Bentuk kata gwenchana lainnya, adalah yaitu Gwenchanseumnida. Umumnya digunakan ketika forum resmi seperti pidato, presentasi, pengumuman atau membacakan berita di televisi. Gwenchanseumnida juga cocok digunakan kepada seseorang yang pangkatnya lebih tinggi atau usianya lebih tua. Untuk penggunaan kalimatnya yaitu sebagai berikut:

Gwaenchanseumnida? geuleon tteus-i anieoseo joesonghabnida (괜찮습니다? 그런 뜻이 아니어서 죄송합니다), artinya “apakah Anda baik-baik saja” atau “maaf saya tidak bermaksud seperti itu”.

Munjega haegyeoldoeeossseubnida. modeunge gwaenchanhseubnida (문제가 해결되었습니다. 모든게 괜찮습니다), artinya “masalah sudah diselesaikan” atau “semua baik-baik saja”.

Bisa disimpulkan, kata gwenchana artinya “tidak apa-apa” sehingga cocok digunakan untuk menanyakan kabar seseorang atau menjawab permintaan maaf. 

Baca Juga:   Kumpulan Makalah dan Laporan-laporan Organisasi...!!

Bentuk penggunaannya ada formal dan informal sehingga perlu disesuaikan dengan situasi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai arti gwenchana yang tengah viral beberapa waktu ini. Pahami juga contoh penggunaannya agar kalian bisa mengetahui maksudnya, misalnya ketika menonton drakor atau menjadi pekerja migran di Korea nanti.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment