HomeLaptop5 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa Termurah

5 Rekomendasi Laptop untuk Pelajar dan Mahasiswa Termurah

Penulis

View

Kategori

Ikuti kami di

Pondokgue.com – Laptop untuk pelajar dan mahasiswa saat ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu mengerjakan tugas, belajar online hingga mengakses berbagai sumber informasi.

Mengingat kebutuhan tersebut, artinya tidak semua laptop cocok untuk kebutuhan pelajar. Ada beberapa spesifikasi laptop yang perlu diperhatikan agar bisa mendukung aktivitas belajar secara optimal.

Spesifikasi Laptop untuk Pelajar

Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memilih spesifikasi laptop terbaik untuk pelajar:

Prosesor

Pertimbangan utama yang perlu dipikirkan dalam memilih spesifikasi laptop untuk pelajar adalah prosesornya. Sebab prosesor inilah yang menjadi otak dari laptop yang menentukan kinerja dan kecepatan laptop. 

Bagi pelajar, sebaiknya memilih prosesor yang memiliki kelas menengah ke atas, seperti Intel Core i3, i5, atau i7, atau AMD Ryzen 3, 5, atau 7. 

Bisa juga untuk memilih prosesor Intel Celeron generasi terbaru agar mendapatkan unit yang lebih murah. Secara performa, prosesor generasi terbaru memiliki kinerja yang lebih cepat.

Prosesor ini dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar dan tidak mudah panas.

RAM

Kedua, adalah RAM atau memori sementara yang digunakan laptop untuk menyimpan data yang sedang diproses. 

Semakin besar RAM, maka semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan tanpa mengalami lag atau lemot. 

Jika ingin digunakan untuk pelajar, sebaiknya memilih laptop yang memiliki RAM minimal 4 GB, atau lebih baik lagi 8 GB atau 16 GB.

Penyimpanan

Salah satu spesifikasi yang tak kalah penting yaitu penyimpanannya. Penyimpanan (Storage) merupakan tempat untuk menyimpan data secara permanen di laptop. 

Ada dua jenis penyimpanan yang umum digunakan, yaitu HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). 

HDD memiliki kapasitas besar tetapi kecepatan rendah, sedangkan SSD memiliki kapasitas kecil tetapi kecepatan tinggi. 

Saat ini, jika ingin agak awet, maka sebaiknya memilih laptop yang memiliki SSD atau kombinasi HDD dan SSD. 

SSD dapat membuat laptop lebih responsif dan cepat saat booting atau membuka aplikasi, sedangkan HDD dapat digunakan untuk menyimpan data yang besar seperti foto, video, atau dokumen.

Layar

Layar adalah bagian yang paling sering dilihat oleh pengguna laptop. Layar yang baik dapat memberikan pengalaman visual yang nyaman dan tidak membuat mata lelah. 

Untuk pelajar, sebaiknya memilih laptop yang memiliki layar dengan ukuran antara 14 inci hingga 15,6 inci. Namun agar mudah dibawa kemana-mana, sebaiknya cukup gunakan ukuran 14 inci saja.

Resolusi minimal HD (1366 x 768 piksel), dan teknologi anti silau atau matte. Layar dengan ukuran ini dapat menampilkan konten dengan cukup jelas dan tidak terlalu besar atau kecil. Resolusi HD dapat memberikan gambar yang tajam dan detail, sedangkan teknologi anti silau atau matte dapat mengurangi pantulan cahaya yang mengganggu mata.

Baca Juga:   Acer Day 2019, Acer Rilis Laptop ConceptD Series

Baterai

Laptop untuk pelajar membutuhkan baterai yang tahan lama tanpa harus sering diisi ulang. Oleh sebab itu, sebaiknya memilih laptop yang memiliki kapasitas baterai minimal 4000 mAh atau paling tidak bisa bertahan minimal 4 jam.

Baterai dengan kapasitas ini dapat membuat laptop dapat digunakan untuk belajar online atau mengerjakan tugas tanpa khawatir kehabisan daya.

Rekomendasi Laptop untuk Pelajar Termurah

Setelah mempertimbangkan beberapa spesifikasi di atas, jika Anda sedang mencari laptop untuk pelajar dengan harga terjangkau. 

Namun memiliki spesifikasi yang baik, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan:

ASUS VivoBook Go 14 (E1404F)

ASUS VivoBook Go 14 (E1404F)

Rekomendasi laptop untuk pelajar yang pertama adalah ASUS VivoBook Go 14. Laptop ini telah resmi di pasar Indonesia, dengan menawarkan desain bodi trendi yang sudah bersertifikasi US MIL-STD 810H military grade standard. Artinya laptop ini sudah lolos uji ketahanan sehingga bodinya lebih terjamin dan tidak ringkih.

Dibekali dengan baterai awet dan dukungan fitur fast charging membuatnya lebih bisa diandalkan ketika dibawa bepergian dan beraktivitas di luar ruangan.

Menariknya lagi, ASUS VivoBook Go 14 (E1404F) memiliki performa yang mumpuni, berkat adanya prosesor AMD Ryzen 7000 Series sebagai otak kinerjanya.

Masalah performa, AMD Ryzen 3 7320U sudah tidak diragukan lagi untuk menangi berbagai kebutuhan komputasi harian. Kecepatannya 2.4GHz (4-core, 8-thread, 4MB cache, hingga 4.1GHz max boost).

Selain itu, prosesornya ini juga ditandemkan dengan kartu grafis AMD Radeon Graphics. Agar lebih cepat dan efisien, laptop ASUS VivoBook Go 14 ini menawarkan konfigurasi RAM dan penyimpanan yang terbilang mumpuni.

Yaitu dibekali dengan RAM 8GB LPDDR5 5500MHz onboard dan kapasitas storage 256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD.

Urusan konektivitas juga sangat lengkap, dari segi port meliputi USB 2.0 type-A, USB 3.2 Gen 1 type-A, USB 3.2 Gen 1 type-C, HDMI 1.4, 3.5mm combo audio jack dan DC-in. Didukung juga dengan konektivitas Wi-Fi 6E dual band dan Bluetooth 5.3 wireless card.

Sebagai laptop untuk pelajar, laptop ini mampu menjalankan video call atau Zoom Meeting dengan lancar dan berkualitas. Karena sudah memiliki kamera dengan resolusi 720p@30fps dilengkapi e-shutter

ASUS VivoBook A416

Laptop untuk Pelajar - ASUS VivoBook A416

Laptop ASUS VivoBook A416 ini memiliki prosesor Intel Core i3-1005G1 generasi ke-10 yang tangguh dan hemat energi. 

Dilihat dari segi spesifikasi prosesornya, laptop ini memiliki kecepatan 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz), tentu saja sangat mampu menangani berbagai tugas dan aktivitas multimedia lainnya karena sudah ditandemkan dengan kartu grafis Intel UHD Graphics.  

Apalagi sudah disandingkan dengan RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 12 GB. Kemudian untuk penyimpanannya sudah menggunakan SSD berkapasitas 256 GB yang cepat dan ringan. 

Baca Juga:   Laptop Gaming ROG dengan 12th Gen Intel® Core™ Resmi Hadir di Indonesia!

Layar 14 inci Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan bezel tipis dan teknologi NanoEdge, semakin memanjakan mata penggunanya.

Soal daya tahan baterai, tenang saja, karena sudah disertai baterai 37 Whr yang bisa bertahan hingga 6 jam. Jadi laptop ini sanggup bertahan untuk digunakan seharian di sekolah.

Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur seperti fingerprint reader, backlit keyboard, WiFi 6, Bluetooth 5.0, dan port USB Type-C. Harga laptop ini sekitar Rp 6 jutaan yang sudah include Office Home and Student 2021. Sehingga pengguna tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli lisensinya.

ASUS BR1100CKA

Laptop untuk Pelajar - ASUS BR1100CKA

Jika ingin lebih murah lagi, ASUS BR1100CKA menjadi rekomendasi laptop pelajar yang paling menarik. Terutama bagi pelajar yang sering membawa banyak buku di tas. 

Sehingga laptop satu ini hadir dengan layar berukuran 11,6 inci yang tidak cukup besar dan mudah untuk dimasukkan ke dalam tas sekolah. 

Tidak perlu khawatir jika mata cepat lelah, sebab layar laptop juga sudah dilengkapi dengan teknologi anti-glare.

Prosesor yang digunakan ASUS BR1100CKA juga sudah cukup menangani berbagai aktivitas pembelajaran. 

Didukung dengan prosesor Intel Celeron Dual-Core N4500N yang ditunjang dengan Intel HD graphics dan RAM 4GB DDR4. 

Sementara untuk memory penyimpanan, laptop ini menggunakan memory e-MMC dengan kapasitas 128 GB. Meski tidak sekencang SSD, namun dari segi performanya tidak ketinggalan jauh.

Menariknya, ASUS BR1100CKA ini memiliki bodi yang tangguh karena dikelilingi lapisan karet di semua sisinya. bisa diputar 178 derajat dan sudah menggunakan baterai 3-cell Li-ion yang mampu bertahan lebih lama. 

Di pasaran, harga laptop ini dibanderol sekitar 4,7 jutaan.

Acer Aspire 3 A315

Laptop untuk Pelajar - Acer Aspire 3 A315

Rekomendasi laptop untuk pelajar selanjutnya yaitu Acer Aspire 3 A315. Laptop ini memiliki prosesor AMD Ryzen 3 3250U yang kuat dan efisien, RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 12 GB. 

Penyimpanannya besar, yaitu menggunakan HDD 1 TB yang luas dan bisa ditambah SSD M.2 SATA. Layar 15,6 inci HD (1366 x 768 piksel) dengan teknologi ComfyView. Daya tahan baterainya juga sudah bagus, karena didukung baterai 36,70 Whr yang bisa bertahan hingga 5,5 jam. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur seperti webcam, WiFi, Bluetooth 4.2, dan port HDMI. Harga laptop ini sekitar Rp 5 jutaan.

Lenovo IdeaPad Slim 3i

Laptop untuk Pelajar - Lenovo IdeaPad Slim 3i

Laptop untuk pelajar yang terakhir yaitu Lenovo IdeaPad Slim 3i. Laptop ini memiliki prosesor Intel Celeron N4020 yang hemat daya dan cukup untuk kebutuhan dasar, RAM 4 GB yang bisa diupgrade hingga 8 GB, SSD 256 GB yang responsif dan ringan, layar 14 inci HD (1366 x 768 piksel) dengan teknologi anti silau, serta baterai 35 Whr yang bisa bertahan hingga 7 jam. 

Laptop ini juga dilengkapi dengan fitur seperti webcam, WiFi, Bluetooth 5.0, dan port USB Type-C. Harga laptop ini sekitar Rp 4 jutaan.

Demikian beberapa rekomendasi laptop untuk pelajar dan tips memilihnya. Silakan pertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan budget yang tersedia. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru