Sambut 2020, Operator 3 Tingkatkan Jaringan Hingga 8x Lebih Cepat
Sambut 2020, Operator 3 Tingkatkan Jaringan Hingga 8x Lebih Cepat

Sambut 2020, Operator 3 Tingkatkan Jaringan Hingga 8x Lebih Cepat

Posted on

Pondokgue.com – Saat ini, kebutuhan akan data internet memang sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna smartphone di sekitar kita, juga karena Generasi Milenial merupakan generasi yang tidak bisa lepas dengan gadget dan juga sosial media. Fakta ini merupakan tantangan tersendiri bagi banyak Provider di Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah, beberapa hari yang lalu, Pondokgue mengikuti acara yang diadakan oleh salah satu Provider di Indonesia yaitu 3 Indonesia (Tri) mengenai beberapa pembaruan layanan yang dimiliki oleh mereka. Ada beberapa poin penting yang Pondokgue ambil dari acara tersebut dan beberapa di antaranya menjawab tantangan Generasi Milenial dalam memenuhi kebutuhan data internet nantinya.

Salah satu poin yang dibahas dalam acara launching ini yaitu bahwa sepanjang tahun 2019, 3 Indonesia berhasil melakukan perkembangan jaringan dengan memasang teknologi terkini yang memungkinkan koneksi internet yang digunakan oleh masyarakat berjalan hingga 8x lebih cepat dibandingkan saat jaringan 4G pertama kali dirilis pada sekitar tahun 2016. Hal ini terbukti ketika Pondokgue mencoba menggunakan Jaringan 3 Indonesia di Yogyakarta, Internet relatif stabil dan nyaman untuk bermain Game dan juga Sosial Media.

Tidak cukup sampai disitu, di tahun 2019 3 Indonesia juga membenahi pelayanan mereka dengan memperluas jaringan. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan mereka dalam membangun lebih dari 9000 Base Transceiver Stasion (BTS) yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Dengan semangat Siapa Takut, 3 Indonesia saat ini mampu menjangkau hingga 200 juta pengguna di lebih dari 300 Kabupaten, 3000 Kecamatan dan 33.000 desa di seluruh Indonesia. M. Danny Buldansyah selaku Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia mengatakan “Upaya kami yang terus berlanjut didorong oleh satu misi, yaitu untuk turut berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan cara membantu menyamaratakan akses internet bagi anak muda Indonesia,”

“Anak muda Indonesia adalah kunci utama untuk memajukan bangsa karena saat ini sudah ada 66 juta anak muda yang berusia 10-24 tahun di Indonesia. Peran serta mereka akan jadi sangat penting bagi kemajuan negara di masa mendatang. Peningkatan kemampuan jaringan dan pemasangan teknologi terkini oleh 3 Indonesia merupakan upaya kami agar lebih banyak anak muda Indonesia, dari Sumatra hingga Sulawesi, dapat memanfaatkan internet untuk mewujudkan ambisi mereka.”

Hal lain yang juga dikenalkan oleh 3 Indonesia pada hari ini yaitu bahwa mereka sudah menggunakan teknologi 4,5G Pro terkini yaitu Massice MIMO 32T32R yang dari hasil percobaannya mampu menghasilkan koneksi internet lebih cepat. Dengan kesuksesan percobaan ini, 3 Indonesia mengatakan bahwa jaringan yang terhubung pada teknologi tersebut siap untuk mengimplementasikan jaringan 5G pada layanan mereka dengan jaringan yang tentu lebih cepat.

Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung mengatakan bahwa mereka telah memasang sumber daya listrik cadangan (back-up power supply) di semua BTS dan memasang teknologi pemindahan jalur yang disebut ASON pada jaringan fiber kami yang terus bertumbuh. Ini artinya, jaringan 3 Indonesia dapat beroperasi lebih lama pada saat bencana alam atau situasi darurat lainnya seperti mati listrik atau gempa bumi.

Setelah membahas banyak hal mengenai upgrading jaringan yang digunakan 3, pada sesi selanjutnya 3 Indonesia mengenalkan rangkaian produk yang mereka miliki. Produk ini merupakan produk yang relevan untuk anak muda di Indonesia. Beberapa produk tersebut yaitu:

  • AlwaysOn: Produk ini menawarkan kuota internet dengan masa aktif selamanya yang memungkinkan anak muda Indonesia untuk terhubung ke internet tanpa khawatir kuotanya hangus karena kuota AlwaysOn akan tetap aktif mengikuti masa aktif kartu.
  • KeepOn: 3 Indonesia juga menawarkan paket bundel kuota internet dengan penyedia konten Amazon Prime Video melalui produk KeepOn. KeepOn + Amazon Prime Video menawarkan ribuan konten berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau bahkan jika dibandingkan dengan laman Amazon sendiri. Semuanya dapat dinikmati tanpa kartu kredit dengan #BayarPakaiPulsaTri. Saat ini, 3 Indonesia merupakan merek telekomunikasi satu-satunya yang memungkinkan pengguna untuk berlangganan Amazon Prime Video dengan menggunakan pulsa 3.

Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto menegaskan bahwa “3 akan selalu mendukung peran anak muda Indonesia dalam memajukan bangsa. Kami akan terus berinovasi, memberikan yang terbaik dalam bentuk jaringan dan produk untuk mewujudkan Indonesia maju,”

Mendengar pemaparan itu semua, maka tidak heran jika kedepannya, bisa saja 3 Indonesia menjadi salah satu Provider yang memiliki layanan internet tercepat di Indonesia ya.

Gravatar Image
Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *