Mufid Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Work From Home? Ini 4 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Saja!

2 min read 9 views

Work From Home? Ini 4 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Saja!

Pondokgue.com – Istilah Work From Home atau Kerja di Rumah kini sedang populer dengan adanya wabah Covid-19 yang sedang menjadi Pandemi di banyak negara termasuk Indonesia.

Hal ini tentu saja mempunyai dampak yang serius bagi banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap seperti pegawai kantor atau pejabat pemerintahan dan tentu saja membutuhkan solusi yang pasti.

Untuk itu, pada artikel ini, saya akan mencoba membahas beberapa alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan dirumah dan bisa dimulai dengan modal yang minim.

Dropshipping; Work From Home

Secara gampang dropshipping adalah melakukan penjualan sebuah barang tanpa melakukan pembelian terlebih dahulu. Jadi, kita menjadi orang ketiga yang menghubungkan antara customer dan pemilik produk dengan selisih harga yang telah disepakati di awal.

Sebagai contoh, kita bisa melakukan Dopshipping menggunakan marketplace yang sudah ada di Indonesia saat ini seperti Tokopedia. Langkah awal yaitu cari produk yang ingin kalian jual dan temukan harga terendah dari semua produk yang ada. Pastikan toko yang akan kalian ambil sebagai suplier adalah toko yang mempunyai reputasi bagus.

Jika sudah menemukan produk yang ingin dijual, segera pelajari secara detail dan mulai lakukan penjualan. Ketika ada pembeli yang ingin membeli produk kalian, layani dengan sepenuh hati hingga mereka melakukan pembayaran dan pesankan produk tersebut di tokopedia.

Untuk menu Dropship di Tokopedia akan terlihat di bagian pembayaran dimana setelah memasukkan alamat untuk pengiriman, kita bisa mencentang menu Dropshipper dan masukkan nama toko online kalian disana. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Dropshipping Tokopedia
Dropshipping Tokopedia

Cukup mudah bukan? Selain dropship ada lagi pekerjaan yang bisa kamu lakukan di rumah. Lanjut yuk.

Content Writer

Era Milenial seperti ini, banyak sekali hal yang bisa dilakukan secara Remote atau tidak harus datang ke kantor, diantaranya yaitu menjadi seorang content writer atau penulis konten.

Banyak sekali media maupun blogger yang siap menerima kalian jika memang paham dengan dunia kepenulisan di media. Toh, meskipun sekarang kalian tidak memiliki bakat untuk menjadi content writer hal itu bisa dipelajari.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk menjadi seorang content writer? Ada beberapa cara:

  1. Biasanya, ada beberapa media yang secara langsung mencari konten writer untuk bekerja tetap dengan mereka dan bisa dilakukan secara remote. Tentu kita harus bergerak untuk dapat mencari informasi apakah media tersebut sedang membutuhkan penulis atau tidak.
  2. atau, kita bisa menawarkan jasa yang kita miliki ke beberapa platform marketplace Freelance seperti Projects.co.id atau lainnya dan memberikan beberapa informasi disana bahwa kita adalah penulis lepas dengan harga dan rate yang sudah kalian siapkan. Jadi, kalian bisa menentukan sendiri berapa harga yang pantas untuk tulisan kalian.
  3. Cara ketiga yaitu membuat sebuah blog dengan tema yang sangat spesifik. Jika sudah terdapat minimal 20-30 artikel, daftarkan blog kalian ke penyedia layanan Placement post seperti vira.id atau sosiago.id. Platform mereka nantinya akan menawarkan beberapa projek tulisan yang bisa kalian pilih dan tulis di blog kalian.

Admin Sosial Media; Work From Home

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kalian coba yaitu Admin Sosial Media. Saat ini banyak sekali bisnis yang memiliki sosial media tanpa sempat mengelola sosial media mereka dengan benar.

Disinilah mereka membuthkan admin untuk menjadi pengelola akun mereka dan bisa dikerjakan dimana saja, jadi tetep bisa Work From Home.

Tentu saja kalian perlu tahu bagaimana saja hal yang perlu dilakukan untuk menjadi admin sosial media seperti Desain, Editorial Plan dan Social Media Metrix. Namun, itu semua bisa dipelajari sambil mencobanya terlebih dahulu.

YouTuber

Pekerjaan terakhir yang paling mudah untuk dilakukan pada saat ini yaitu membuat sebuah video dan menguploadnya di YouTube. Hal paling penting untuk menjadi seorang YouTuber yaitu upload video sebanyak mungkin, bikin jadwal mingguan bila perlu dan jangan sekali kali memikirkan subscriber.

Karena memang dalam algoritma YouTube konten adalah hal yang palin utama. Jadi segeralah membuat video.

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Meskipun belum memiliki pengetahuan apapau tentang beberapa hal diatas, bisa dipelajari mulai saat ini. Selamat Work From Home.

Mufid Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

One Reply to “Work From Home? Ini 4 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa…”

  1. saya sih sekarang lebih condong ke content writer, karena emang suka nulis dari dulu. semoga kita bisa tetap kerja dengan pekerjaan yang cocok sama kondisi saat ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *