ASUS Vivobook 15 A516 – Solusi Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi

Laptop 15 Inch, Sebuah OASE Bagi Pebisnis dengan Mobilitas Tinggi

ASUS Vivobook 15 A516 - Solusi Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi

Pondokgue.comLini laptop saat ini mengalami pergeseran dari sebelumnya banyak pengguna yang menggunakan laptop dengan ukuran layar 14 inch, kini mulai beralih menggunakan layar yang lebih besar yaitu 15 inch.

Euforia penggunaan layar 15 inch ini di amini oleh ASUS dengan mengeluarkan beberapa seri laptop ASUS dengan layar lebih besar dan ditunjang dengan spesifikasi yang tentu akan bisa membantu penggunanya memaksimalkan device yang dimiliki.

Saya pribadi sebagai pengguna laptop dengan layar 14 inch sebelumnya tentu sangat membutuhkan laptop dengan layar yang lebih lebar. Karena dengan layar lebih lebar, maka saya bisa memaksimalkan penggunaan dengan melakukan multi tasiking seperti membuat dual side aplikasi secara bersamaan hingga memudahkan saya untuk melakukan website developer.

10 Tahun Bersama Laptop 14 Inch ASUS K43SJ

Sebelum melihat lebih jauh bagaimana laptop 15 inch yang dirilis oleh ASUS, saya akan sedikit menceritakan 10 tahun pengalaman saya menggunakan laptop dengan layar 14 inch yang juga dirilis oleh ASUS. Laptop ini banyak memberikan manfaat bagi saya dalam menyeleseikan jenjang akademik hingga memulai hobi blogging dan membuka bisnis secara online.

Tahun 2011, tahun pertama saya memiliki sebuah device yang nantinya akan memberi perubahan besar dalam hidup saya. ASUS K43SJ. Sebuah laptop yang akhirnya bisa dibeli dengan tambahan dana dari program beasiswa Kementerian Agama sebagai penunjang kebutuhan perkuliahan.

Membantu Menyelesaikan Study

Laptop ASUS ini merupakan seri Laptop yang bisa dibilang tangguh, karena memiliki spesifikasi yang cukup lumayan pada waktu itu, Pentium 4 dengan tambahan grafis NVIDIA GT520M. Dengan Laptop ini, saya berhasil menyelesaikan Studi S1 pada tahun 2015 jauh sebelum pandemi dimulai.

Namun, menjelang berakhirnya Studi S2 pada awal tahun 2020, pandemi datang dan membuat saya harus banyak berinteraksi dengan dosen hingga menulis Thesis dengan menggunakan Laptop ini. Satu bulan lebih berkutat dengan laptop dan perpustakaan, akhirnya penelitian saya berhasil di selesaikan dan bisa mengikuti wisuda virtual yang juga dilakukan di depan laptop ASUS K43SJ ini.

Membantu Mengembangkan Skill dan Bisnis

Selain untuk keperluan study, laptop ini juga membantu saya secara pribadi untuk menambah skill dan mengembangkan bisnis. Beberapa skill yang mulai bertambah sejak memiliki laptop dengan layar 14 inch yaitu blogging dan developing website.

Dari sini juga saya akhirnya memberanikan diri membuka jasa pembuatan website yang bisa dilihat pada halaman berikut >Pondokgue Digital< kepada beberapa teman dekat hingga perusahaan, mulai dari harga yang cukup murah hingga harga yang boleh dibilang tidak saja bayangkan ketika mempelajari cara membuat sebuah website.

Selain itu, skill lain yang juga dipelajari yaitu strategi online marketing mulai dari SEO, Facebook Ads dan juga Facebook Ads. 10 Tahun berlalu, laptop ini masih bisa bertahan dengan sedikit penggantian komponen. Bayangkan, Laptop ASUS yang dirilis 10 tahun yang lalu, mampu digunakan untuk menunjang jenjang pendidikan yang begitu lama. Lalu bagaimana dengan laptop ASUS Terbaru dengan layar 15 inch?

ASUS VivoBook 15 A516 – Wider Screen, Bigger Dream

Nah, pengalaman 10 tahun dengan laptop ASUS dengan layar 14 inch tentu saja membuat saya tertarik ketika ASUS mulai mengenalkan laptop dengan layar yang lebih besar dengan slogan “Bigger Dream, Wider Screen” seperti laptop ASUS VivoBook 15 A516. Untuk itu, disini saya akan membahas lebih jauh seperti apa laptop 15 inch dan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membembangkan bisnis di Masa Pandemi ini.

Cepat dan Efisien dengan Prosesor Terbaru

Untuk saat ini, kecepatan sebuah laptop adalah hal yang paling dibutuhkan, terutama untuk pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi. Hal ini diamini oleh ASUS dengan memberikan prosesor Intel® Core™ generasi ke-10 yang disandingkan dengan grafis NVIDIA MX330.

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Perpaduan ini tentu membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat sehingga memudahkan penggunanya untuk bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Saya sendiri membayangkan akan mampu mengerjakan banyak hal dengan kolaborasi intel generasi terbaru dengan grafis NVIDIA ini. Utamanya dalam membuka aplikasi yang diperuntukkan untuk proses pembuatan website seperti XAMPP, Laragon dan lain sebagainya.

ASUS VivoBook 15 A516 Ringkas dan Lebar

Nilai tambah yang juga dimiliki oleh ASUS VivoBook 15 A516 yaitu bodynya yang bisa dibilang sangat ringkas sehingga makin cocok dibawa kemana saja. Laptop dengan layar 15 inch ini memiliki body yang ringkas dengan teknologi NanoEdge Display yant membuat ASUS A516 dikemas dengan bezel yang tips dan screen-to-body ratio hingga 83%

Dengan ukuran layar yang lebih lebar dan bezel tipis, ASUS A516 hanya memiliki berat 1.8 kilogram dengan ketebalan 19.9mm saja. Sebagai penggunanya, tentu saya akan merasa tidak berkeberatan membawanya seharian penuh untuk bertemu dan berkunjung di tempat klien.

ASUS Vivobook 15 A516 - Anti-Glare
ASUS Vivobook 15 A516 – Anti-Glare

Tidak hanya dibekali dengan layar yang lebar, ASUS A516 juga memiliki resolusi layar hingga Full HD yang sudah dilapisi dengan teknologi anti-glare, sebuah teknologi anti-silau yang memanjakan mata bahkan ketika digunakan diluar ruangan. So, saya yakin bisa bekerja dimanapun dan kapanpun jika menggunakan laptop ini.

SSD Ready dan Penambahan Internal Storage

Sebagai pengguna laptop generasi lama, salah satu kendala yang sering terjadi yaitu terhambatnya pekerjaan karena ketahanan Harddisk yang sudah terlalu lama. Hadirnya SSD atai solid-state drive pada ASUS Vivobook 15 A516 menjadi angin segar yang sangat saya nantikan.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Kehadiran SSD M.2 PCIe yang dibarengi dengan HDD 1 TeraByte tentu saja akan memaksimalkan penggunaan laptop karena sebagai pengguna saya tidak perlu menambah Hardisk Eksternal seperti penggunaan laptop sebelumnya.

Untuk keamanan data pengguna, ASUS sendiri telah menyediakan perlindungan khusus pada HDD yang jarang kita ditemukan pada provider lain yaitu adanya Internal protection / HDD protection yang berfungsi sebagai peredam guncangan E-A-R® HDD dan melindungi data pengguna dari benturan yang mungkin terjadi. Fitur sederhana yang membuat saya merasa aman dan nyaman jika memiliki laptop ini.

ASUS VivoBook 15 A516 Original Office Bundling

Sebagai laptop yang dirilis untuk kebutuhan pengguna dengan mobilitas yang cukup tinggi, ASUS memperhatikan banyak hal. Diantaranya yaitu dihadirkannya aplikasi Office Original yang sangat berguna untuk kebutuhan penulisan dokumen dan laporan lainnya.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Seperti yang disebutkan diatas bahwa adanya program original ini membuat pengguna menjadi lebih aman dan nyaman karena tidak perlu memikirkan adanya kemungkinan peratasan ataupun virus yang masuk. Sebagai pelaku bisnis, tentu saja ini merupakan point penting yang tidak bisa saya abaikan begitu saja.

Melihat beberapa fitur diatas, bagaimana dengan spesifikasi lengkap ASUS Vivobook 15 A516 ini? Saya mencoba membuat infografis yang akan membantu pembaca untuk bisa lebih mudah memahami apa saja yang akan didapatkan ketika membeli laptop ini.

Infografis Spesifikasi ASUS Vivobook 15 A516

Kesimpulan

Dari sini, sebagai pengguna Laptop ukuran 14 inch dengan berat sekitar 2.44 kilogram. Kehadiran ASUS Vivobook 15 A516 seperti oase di padang gurun. Bagaimana tidak? Menghadirkan layar yang lebih besar sebagai Modern PC ternyata tidak menghentikan ASUS untuk terus berinovasi. Hal ini terbukti dengan berat laptop hanya 1.8 kg dan ketebalan 19.9 mm yang mampu mematahkan argumen bahwa semakin besar laptop maka akan semakin berat juga untuk dibawa.

Hadirnya ASUS Vivobook 15 A516 menjadi bukti juga bahwa size does matters. Laptop dengan ukuran layar 15 inch merupakan jawaban bagi pelaku bisnis dengan mobilitas tinggi namun tetap ingin terlihat trendy. Bagaimana menurut kalian?

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com