HomeTutorialBegini Cara agar Ping Stabil, Gamer Wajib Tahu

Begini Cara agar Ping Stabil, Gamer Wajib Tahu

Penulis

View

Kategori

PondokGue.com – Cara agar ping stabil saat bermain game wajib diketahui oleh para gamer. Ping yang rendah dan stabil tentu akan semakin meningkatkan pengalaman dan kenyamanan saar bermain game.

Namun sering kali muncul beberapa faktor yang menyebabkan ping kita naik bahkan membuat aktivitas bermain game terganggu.

Apalagi ping sangat mempengaruhi gameplay permainan. Semakin tinggi ping, maka semakin buruk pula pengalaman bermainnya. Hal ini jelas sangat merugikan, terutama jika sedang memainkan game yang intens, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Apex Legends, hingga Genshin Impact.

Ping tinggi jelas akan membuat HP kita menjadi nge-lag. Oleh sebab itu, kalian perlu mengetahui cara agar ping stabil dan rendah. Apa sajakah itu? Simak sampai selesai.

Optimalkan Jaringan Data

Kalian mungkin sering mengalami ping koneksi internet tinggi, bahkan bar indikatornya menunjukkan warna merah. 

Dari pada kalian hanya mengeluh, maka cobalah cara agar ping stabil yang pertama, yaitu mengoptimalkan jaringan data. 

Hal ini berlaku bagi kalian yang sebelumnya menggunakan koneksi WiFi. Kalian harus mengaktifkan koneksi data secara otomatis. 

Nantinya, apabila mengalami hal serupa, kalian akan otomatis beralih ke jaringan internet. 

Pilihlah jaringan mode LTE atau 5G (jika HP kalian sudah mensupportnya), lalu sesuaikan pengaturan jaringannya.

Gunakan Frekuensi WiFi yang Optimal

Cara agar ping stabil dan terbebas dari masalah lag yang kedua, yaitu beralih ke jaringan lain, seperti paket data. Sebab penyebab seringnya karena frekuensi router yang sedang digunakan kurang sesuai.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengalihkan router ke frekuensi 5GHz. Meskipun frekuensi ini memiliki jangkauan yang lebih sempit, namun kelebihannya dapat membuat kecepatan internet semakin meningkat.

Matikan Voice Chat

Apabila kalian pemain Mobile Legends maupun PUBG Mobile, mengaktifkan voice chat memang sangat penting dilakukan. 

Kekompakan tim sangat bergantung pada komunikasi yang dibangun. 

Perlu diketahui bahwa penggunaan voice chat membuat konsumsi internet kalian semakin tinggi. Baik unggahan dan unduhan akan semakin boros.

Jika sudah, matikan fitur Voice Chat tersebut. Maka dalam beberapa saat ping akan kembali normal dan indikasinya berwarna hijau.

Matikan Aplikasi Latar Belakang

Tanpa disadari biasanya HP kalian mungkin menjalankan beberapa aplikasi pada latar belakang. Aplikasi-aplikasi tersebut masih berjalan dan tetap mengkonsumsi internet.

Hal inilah yang menyebabkan HP menjadi lag atau ping tinggi. Oleh sebab itu, cara agar ping stabil selanjutnya adalah menghentikan atau mematikan semua aplikasi latar belakang secara manual. 

Selain itu, bisa juga melakukannya melalui manager aplikasi.  Meskipun HP kalian sangat mumpuni sekalipun, jika aplikasi latar belakangnya masih banyak yang hidup, maka jangan heran jika ping tiba-tiba naik tinggi.

Gunakan Aplikasi Penguat Ping

Jika kalian sudah mengikuti cara-cara di atas namun ping masih tinggi juga, maka gunakan cara berikutnya. Yaitu menginstall aplikasi penguat ping.

Ping tinggi membuat gameplay kita semakin buruk. Walhasil, menjadi beban bagi team kita sendiri. 

Lalu cara agar ping stabil kembali hijau, maka manfaatkan aplikasi penguat ping. 

Kalian hanya perlu menginstall salah satu aplikasi berikut di perangkat iOS maupun Android. Di antaranya:

Meskipun demikian, aplikasi-aplikasi tersebut masih tetap bergantung pada kualitas jaringan kalian. Jika masih belum membuahkan hasil, maka beralihlah ke koneksi lainnya.

Atur Grafis dari Dalam Game

Penggunaan grafis tinggi pada game online biasanya juga sangat berpengaruh terhadap kondisi ping internet kalian.

Memaksimalkan kemampuan perangkat inilah yang perlu kalian coba menuntaskannya.

Misalnya jika kalian suka bermain Mobile Legends, maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan => Basics => Graphics => Matikan mode HD dan Shadow => Kemudian Pilih pengaturan Smooth.
  • Buka Network Settings di pengaturan => aktifkan Speed Mode.
  • Buka lobby Ranked atau Classic => pilih Battlefield Overview => kemudian pindahkan ke Default (Western Expanse).
  • Keluar dari game, buka info aplikasi Mobile Legends untuk menghapus Cache.

Berhenti Bermain Sejenak

Selain usaha-usaha tersebut, Jika ada juga kasus ping tinggi terjadi karena memang dari game dan pengembang sedang ada masalah. Masalah server tidak bisa diatasi dengan tutorial Mobile Legend di atas. Apalagi game yang Anda sebutkan ini wajar kok.Biasanya sih, tengah malam atau di jam-jam produktif server game lebih penuh dari biasanya.

Jika kalian mengalami lag karena ping tidak stabil atau naik turun, maka cobalah untuk berhenti bermain terlebih dahulu.

Barangkali beberapa saat kemudian ping sudah kembali normal. Akan beda ceritanya jika akar permasalahannya terletak pada server. Maka kalian tidak dapat berbuat apa-apa lagi selain menunggu.

Demikian beberapa cara agar ping stabil yang harus diketahui para gamer. Asalkan ping internet stabil, maka menyeberang ke zona memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru