5 Cara Mengatasi Lupa iCloud

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengatasi Lupa iCloud

PondokGue.com – Cara mengatasi lupa iCloud wajib diketahui oleh semua pengguna HP mahal ini. Mungkin saja sewaktu-waktu kalian mengalami masalah lupa password pada iCloud.

Cara mengatasi lupa iCloud sebenarnya mudah, tersedia berbagai opsi untuk memulihkan kata sandi iCloud.

Berikut ini cara mengatasi lupa iCloud:

Melalui WatchOS 8 atau Versi Terbaru

Cara mengatasi lupa iCloud yang pertama bisa dilakukan melalui perangkat WatchOS 8 atau versi yang lebih baru lagi. Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Buka pengaturan iPhone, iPad, iPod, atau Apple Watch kalian.
  • Ketuk nama yang muncul.
  • Pilih dan klik “Kata Sandi & Keamanan”.
  • Pilih opsi “Ubah Kata Sandi”.
  • Setelah masuk ke iCloud dan melakukan aktivasi kode sandi, Kalian nantinya akan diarahkan untuk memasukkan kode sandi perangkat.
  • Selanjutnya, tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera untuk memperbarui kata sandi.

Gunakan Nomor HP, Email atau Kontak Pemulihan Akun

Cara Mengatasi Lupa iCloud | support.apple.com
Cara Mengatasi Lupa iCloud | Sumber: support.apple.com

Cara mengatasi lupa iCloud yang kedua yaitu dengan menggunakan nomor HP, email atau kontak pemulihan akun yang kalian gunakan. Harus terpercaya, ya!

Sebab hal-hal tersebut berfungsi untuk melindungi bahaya peretasan akun. Meskipun keamanan iCloud sendiri memang sudah tidak diragukan lagi. Namun tidak ada salahnya jika tetap waspada dan berhati-hati.

Penggunaan nomor telepon, email, dan/atau kontak pemulihan terpercaya memungkinkan pengguna untuk mengatur ulang kata sandi iCloud. Oleh sebab itu, cara ini bisa dijadikan solusi paling cepat dan mudah jika suatu saat benar-benar lupa password iCloud dan ingin segera mengganti kata sandi.

Baca Juga:   Cara Download Mp3 dari YouTube

Pinjam Perangkat Apple Orang Lain

Cara mengatasi lupa iCloud selanjutnya mungkin akan sedikit merepotkan, namun tetap perlu kalian coba, yaitu dengan meminjam perangkat Apple orang lain. 

Kalian bisa mengatasi masalah password iCloud dengan mudah. Caranya lewat atur ulang kata sandi di iPhone, iPad, atau iPod touch milik anggota keluarga atau teman melalui fitur “Cari iPhone Saya”.

Berikut ini caranya:

  • Buka app Dukungan Apple di perangkat Apple pinjaman. Jika diperlukan, Anda dapat mengunduh app Dukungan Apple dari App Store.
  • Ketuk Kata Sandi & Keamanan > Atur Ulang kata sandi ID Apple > Mulai.
  • Ketuk “ID Apple lain.”
  • Masukkan ID Apple dan ikuti petunjuk di layar untuk mengatur ulang kata sandi.

Beli Perangkat Apple Baru

Jika kalian memiliki perangkat Apple baru atau perangkat Apple yang tidak digunakan untuk masuk dengan ID Apple, Anda dapat memilih “Lupa ID Apple atau kata sandi?” di mana pun pilihan ini muncul.

Selama pengaturan perangkat, kalian bisa menemukan pilihan ini di layar masuk ID Apple. Setelah pengaturan, silakan memilih app atau pilihan lain yang meminta untuk masuk:

  • iPhone, iPad, atau iPod touch: Buka app Pengaturan, lalu ketuk Pesan.
  • Mac: Pilih menu Apple  > Pengaturan Sistem (atau Preferensi Sistem). Setelah itu, klik Masuk dengan ID Apple (atau ID Apple) dan masukkan ID Apple Anda.

Atur Ulang Kata Sandi di Web Apple

Atur Ulang Kata Sandi di Web Apple | iCloud
Atur Ulang Kata Sandi di Web Apple | Sumber: iCloud

Jika tidak memiliki perangkat terpercaya, kalian bisa mengatur ulang kata sandi di web, namun sayangnya mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama.

Jika memungkinkan, proses web akan mengarahkan kalian ke perangkat terpercaya. Jika nantinya bisa segera memiliki akses ke salah satu perangkat terpercaya, mungkin akan lebih cepat dan lebih mudah untuk mengatur ulang kata sandi.

Baca Juga:   Cara Mendaftar BPJS Secara Online

Silakan kunjungi website berikut untuk mengatur ulang kata sandi iCloud kalian:

Mengatur ulang kata sandi Anda di iforgot.apple.com

Demikian beberapa cara mengatasi lupa iCloud paling praktis yang bisa kalian coba. Mana yang paling mudah? 

Oya, jangan lupa. Nantinya jika sudah berhasil login di iCloud, pastikan kalian membuat variasi password yang mudah diingat. Namun tetap menggunakan variasi password untuk mencegah bahaya pencurian data. 

Hindari kesamaan password pada beberapa media sosial, sebab mempermudah hacker mencuri data penting di satu akun media sosial dan mencobanya di beberapa media sosial lain. 

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment