6 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik

Achmad Fachrur Rozi

Laptop Gaming Terbaik 2023

Pondokgue.com – Laptop gaming terbaik kalimat tersebut mungkin sedikit subjektif dan bisa berubah kapanpun. Di tahun 2023 ini, kami akan mencoba menyaring daftar laptop gaming terbaik dengan berbagai ukuran dan harga.

Demi menangani berbagai aktivitas dan kebutuhan penggunanya, semua produsen berlomba-lomba menghadirkan laptop terbaiknya.

Tak perlu panjang lebar, langsung saja simak daftar rekomendasi laptop gaming terbaik saat ini: 

ASUS ROG Strix SCAR 16 (G634) – Laptop Gaming Terbaik Overpower

ASUS ROG Strix SCAR 16 (G634) - Laptop Gaming Terbaik paling Powerful
ASUS ROG Strix SCAR 16 (G634) | Sumber: ASUS ROG

Rekomendasi laptop gaming terbaik yang pertama adalah ASUS ROG Strix SCAR 16 (G634) yang hadir dengan spesifikasi yang sangat tinggi. 

Dibekali dengan salah satu prosesor terkencang saat ini, yaitu Intel® Core™ i9 generasi ke-13 dengan 24 core dan 32 thread, prosesor Intel® Core™ i9-13980HX. 

Pada sisi kartu grafisnya, tidak tanggung-tanggung, tentu saja menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 dengan TGP maksimal 175W, 

ROG Strix SCAR ini memiliki layar Mini LED ROG Nebula HDR berukuran 16 inci dengan resolusi QHD, rasio aspek 16:10, refresh rate 240Hz, dan warna DCI-P3 100%.

Tenang saja, berkat kartu grafis yang dibawanya, layarnya ini sudah mendukung teknologi NVIDIA G-SYNC yang mampu menyinkronkan frame rate GPU dengan refresh rate layar. Sehingga dapat menghilangkan tearing dan stuttering.

ROG Strix SCAR 16 (G634) tidak hanya menonjolkan segi performa saja. Di balik kecanggihannya tersebut, laptop ini juga menawarkan konektivitas yang sangat lengkap.

Mulai dari HDMI 2.1 sehingga dapat dihubungkan ke layar tambahan, 2.5Gbps LAN untuk konektivitas lebih stabil menggunakan kabel, hingga 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio.

USB 3.2 Type-C yang telah mendukung fitur DisplayPort™ dan USB Power Delivery. Laptop gaming terbaik ini juga masih dibekali dengan USB 3.2 Type-A sehingga gamer masih dapat menghubungkan berbagai perangkat pendukung seperti keyboard dan mouse. 

Selain itu, ada juga satu port USB Type-C Thunderbolt 4™ yang menawarkan kecepatan transfer tinggi serta kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat modern.

Tidak ketinggalan juga teknologi WiFi 6E yang memungkinkan perangkat tersebut terhubung ke tiga frekuensi jaringan WiFi, yaitu 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz.

Hadir juga Bluetooth® 5.2 yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, ataupun gaming controller ekstra.

Jika nantinya setelah beberapa tahun penggunaan merasa masih kurang, ROG Strix SCAR 16 (G634) menyajikan opsi upgrade yang cukup lengkap berupa upgrade memori melalui ketersediaan dua slot SO-DIMM, serta upgrade penyimpanan melalui dua slot M.2 PCIe 4.0 x4.

Tenang saja, laptop gaming terbaik dari ROG ini sudah bergaransi global selama 2 tahun dan ASUS VIP Perfect Warranty selama 1 tahun.

ROG Flow X16: Laptop Gaming Convertible

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2023 - ASUS ROG Flow X16
ASUS ROG Flow X16 | Sumber: ASUS ROG

ASUS ROG Flow X16 GV601 merupakan laptop gaming terbaik yang convertible dengan layar berukuran 16 inch.

Meski sudah diluncurkan tahun lalu, dengan performa kencang prosesor AMD Ryzen 9 6000 Series dan GPU RTX 30 Series, laptop ini masih bisa dikelompokkan sebagai laptop gaming terbaik saat ini.

Form factor convertible atau 2 in 1 pada laptop ini memungkinkan berbagai skema pemakaian. Mulai dari laptop, stand, tent hingga tablet. 

Tak ketinggalan fitur layar canggih berupa touchscreen membuatnya semakin menawan. Pada seri yang lebih tingginya, ROG Flow X16 GV601RW hadir ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 6900HS.

Prosesor tersebut hadir dengan konfigurasi Octa Core yang menawarkan base clock di angka 3.3 GHz.

Baca Juga:   Beli Laptop Resmi di ASUS Online Store - Mudah, Nyaman dan Ekstra Garansi

Berkat 16 thread prosesor dengan default TDP 35 watt dan dukungan teknologi Max Boost mampu membawa laptop gaming convertible ini berlari kencang hingga 4.9 GHz.

Ditandemkan dengan AMD Radeon 680M yang memiliki performa proses grafis 2.4 GHz sebagai komponen integrated GPU.

Diskrit GPU NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti yang dibawanya menawarkan TGP di angka 125 watt serta VRAM 8 GB GDDR6 untuk memberikan performa olah grafis yang lebih bertenaga.

RAM bawaan berkapasitas 16 GB DDR5 4800 MHz dengan Konfigurasi dual channel memori 8 GB dan masih memiliki slot RAM SODIMM.

Artinya, pengguna bisa menambah kapasitas memori RAM hingga 64 GB jika diperlukan.

Untuk penyimpanannya, laptop gaming ini sudah dibekali dengan media penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe Gen4 x4 berkapasitas 1 TB.

ASUS ROG Zephyrus G15

Laptop Gaming Terbaik 2023 - ASUS ROG Zephyrus G15
ASUS ROG Zephyrus G15 | Sumber: ASUS ROG

Rekomendasi laptop gaming terbaik tahun 2023 selanjutnya adalah ASUS ROG Zephyrus G15. Laptop ini merupakan laptop gaming 15 inci terbaik yang bisa kalian beli. Zephyrus G15 menjadi laptop gaming 15 inci paling ringan yang tidak berkompromi pada kinerja untuk portabilitas.

Produsen membuat terobosan bagi laptop gaming dengan tetap menempatkan spesifikasi yang kuat di mesin game tipis: lebih ramping, lebih portabel, dan lebih profesional. 

Mereka memiliki layar yang luar biasa dan cepat menyegarkan yang diperlukan untuk pengalaman bermain game yang luar biasa. Laptop ini tidak hanya bagus untuk bermain game, tetapi juga untuk pekerjaan sehari-hari.

Laptop ini dapat menangani game yang paling berat di pasaran saat ini dan juga menjadi driver harian yang hebat.

Satu hal lagi yang perlu diingat dengan laptop gaming terbaik adalah kekuatan yang dapat diharapkan. Sebagai laptop gaming, prosesor yang digunakan juga tak tanggung-tanggung.

ROG Zephyrus G15 sudah dibekali dengan salah satu chipset terbaik saat ini dan tampilan 165Hz QHD (1440p) yang cepat membuatnya mampu menangani segala macam game AAA terberat pada resolusi QHD.

Tidak semua chip dengan nama yang sama dibuat sama — RTX 3070 di satu laptop mungkin tidak menghasilkan frekuensi gambar yang sama dengan RTX 3070 di laptop lain karena wattnya (serta faktor lain seperti prosesor dan pendinginan). 

Nvidia sekarang mengharuskan perusahaan untuk mengungkapkan kecepatan jam dan kekuatan grafis pada halaman produk masing-masing model, tetapi banyak produsen belum melakukannya.

Panelnya juga memiliki reproduksi warna yang sangat baik, sehingga membuat tampilan game kalian semakin luar biasa.

Selain itu, audionya juga tak kalah memuaskan. Terdapat susunan enam speaker di dalamnya yang memiliki bass yang kuat, keyboard dan touchpadnya seperti yang diharapkan. Baterainya sanggup bertahan hingga delapan setengah jam.

Hal yang disayangkan dari laptop gaming satu ini adalah tidak adanya kamera webcam internal. Bagi yang ingin menggunakannya untuk keperluan meeting atau video conference, laptop ini mungkin bukan pilihan terbaik.

Harga ASUS ROG Zephyrus G15 dibanderol mulai Rp31.500.000.

ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop Gaming Terbaik 2023 - ASUS ROG Zephyrus G14
ASUS ROG Zephyrus G14 | Sumber: ASUS ROG

Jika kalian sedang mencari laptop yang lebih tipis dan lebih ringan dari G15, maka ASUS ROG Zephyrus G14 bisa menjadi alternatif. Sebab pada dasarnya G14 merupakan versi G15 yang lebih kecil. 

Harganya hanya terpaut satu juta dari G15, laptop ASUS ROG Zephyrus G14 dibanderol dengan harga Rp30.499.000. 

Spesifikasinya benar-benar sama, yang membedakan hanya ukuran layar dan GPU yang digunakan. Satu lagi, ada kamera webcam. 

Baca Juga:   5 Seri Produk ASUS Dengan Processor AMD Ryzen 4000

Jika kalian tertarik untuk memiliki kisi animasi lampu berwarna di komputer, maka juga dapat membayar lebih untuk model yang memiliki Matriks AniMe ASUS. 

Namun pandangan subjektif kami, model ini tidak menawarkan nilai yang sangat bagus untuk harganya. Namun masih memiliki beberapa keuntungan menarik – kalian bisa menyesuaikannya untuk menampilkan kata atau gambar pilihan, dan ada hewan peliharaan virtual di dalamnya yang dapat dimainkan. 

Terlepas dari itu, jika kalian mencari laptop 14 inci dengan performa game yang kuat yang dapat berfungsi ganda sebagai driver harian, perangkat ini harus menjadi yang teratas dalam daftar kalian.

Razer Blade 17

laptop gaming terbaik 2023 - Razer Blade 17
Razer Blade 17 | Sumber: Razer

Rekomendasi laptop gaming terbaik selanjutnya adalah Razer Blade 17. Laptop ini mampu menghadirkan beberapa performa gaming terbaik yang dapat ditemukan di laptop. 

Hal yang mengesankan dari Razer 17 inci ini adalah Razer Blade 17 mampu mengemas kekuatan luar biasa itu ke dalam sasis yang tipis dan menarik. Tebalnya kurang dari 0,8 inci saja. Kalian bisa leluasa membawanya di dalam ransel atau tas kerja tanpa mengorbankan daya. 

Model tahun ini hadir dengan layar QHD 240Hz. Sebagai laptop gaming, terdapat keyboard RGB per tombol yang dapat disesuaikan, yang menambahkan sentuhan warna tanpa terlalu intens untuk kantor.

Razer Blade 17 memang tidak murah, tetapi ini adalah laptop yang harus dibeli jika kalian menginginkan yang terbaik dari yang terbaik. Harga laptop gaming terbaik 2022, Razer Blade 17 di Indonesia dibanderol mulai Rp29.500.000.

Sedangkan untuk varian Prosesor Intel Core i9 Gen 12th, RTX 3080, RAM 32GB, dan 1TB PCIe Gen4 NVMe dibanderol dengan harga Rp65.000.000.

Lenovo Legion 5 Pro

Laptop Gaming Terbaik 2023 - Lenovo Legion 5 Pro
Lenovo Legion 5 Pro | Sumber: Lenovo

Rekomendasi laptop gaming terbaik 2022 berikutnya adalah Legion 5 Pro. Hingga saat ini menurut kami, laptop gaming terbaik yang pernah dibuat Lenovo masih dipegang laptop satu ini. 

Hal ini bukan tanpa alasan, yang pertama dan paling utama kamera harganya di bawah $2.000, Anda mendapatkan performa luar biasa dari prosesor AMD Ryzen 5000 dan RTX 3070 dalam sasis 16 inci yang menarik. 

Hal tersebut memberikan hasil yang luar biasa pada setiap game yang bisa kalian coba, bahkan pada resolusi aslinya 2560 x 1600. Berkat layar 165Hz-nya, kalian dapat memanfaatkan kekuatan Legion 5 Pro sepenuhnya.

Selain kinerja, sorotan dari Legion 5 Pro adalah layar 16:10. Layar setinggi ini sulit ditemukan di pasar laptop gaming saat ini, dan memberi lebih banyak ruang untuk multitasking jika kalian ingin menggunakan Legion 5 Pro sebagai daily driver. Keyboardnya juga menyenangkan untuk digunakan, dengan jarak masing-masing tombol 1,5 mm dan lampu latar empat zona yang dapat diprogram.

Kelemahan utama Legion 5 Pro adalah daya tahan baterainya. Laptop ini hanya dapat bertahan sekitar empat setengah jam penggunaan terus menerus. 

Jika dibandingkan dengan laptop sebelumnya, mungkin akan terasa. Namun bagian pengisiannya sangat cepat dengan power brick 300W yang disertakan. 

Secara keseluruhan, meskipun G15 akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang yang sering bekerja saat bepergian, Legion masih merupakan pilihan yang solid. 

Demikian beberapa daftar rekomendasi laptop gaming terbaik 2023 yang bisa kalian pertimbangkan. Semua daftar di atas memiliki keunggulan masing-masing berdasarkan ukuran, spek dan harganya. Kalian tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

2 thoughts on “6 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik”

  1. Pingback: √10 Rekomendasi Game yang Cocok Dimainkan di Laptop Gaming ASUS
  2. Pingback: Keunggulan ROG Strix Scar 16: Pilihan Terbaik untuk Gamer Profesional - Ahasna

Leave a Comment