HomeLaptop8 Perbedaan Laptop dan Macbook

8 Perbedaan Laptop dan Macbook

Penulis

View

Kategori

Ikuti kami di

PondokGue.com – Perbedaan laptop dan Macbook mungkin masih banyak yang belum tahu. Kedua jenis perangkat ini memang seringkali dibandingkan. Entah itu dari segi kemudahan akses, desain, performa dan sebagainya. Di sosial media, perdebatannya mirip Android dan iPhone.

Perlu dijelaskan terlebih dahulu, yang dimaksud laptop di sini adalah perangkat komputer portable yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows. Mencakup berbagai merk, mulai dari ASUS, Acer, Dell, HP (Hewlett-Packard), hingga Microsoft Surface.

Meskipun Macbook juga laptop, namun menggunakan sistem operasi tersendiri, yaitu MacOS

Berikut ini beberapa perbedaan laptop dan Macbook, atau lebih tepatnya perbedaan laptop Macbook keluaran Apple dan laptop merk dagang lainnya yang berbasis Windows.

Desain

Perbedaan Laptop dan Macbook - Desain
Desain Macbook terkesan elegan

Perbedaan laptop dan Macbook jika dilihat dari segi desain, mungkin penilaiannya cenderung subjektif karena selera setiap orang berbeda. 

Mengesampingkan hal tersebut, Macbook secara desain mungkin terlihat jauh lebih menarik. Terkesan mutakhir dan elegan jika dibandingkan dengan produsen laptop lain yang menggunakan sistem operasi Windows. 

Untuk laptop Windows, merk dengan desain yang mirip Macbook biasanya dikeluarkan oleh Dell dan Huawei.

Perbedaan Laptop dan Macbook - Desain
Variasi Desain Laptop Windows lebih banyak

Meski Macbook terkesan elegan dan eksklusif, namun jika dilihat dari generasi ke generasi secara desain juga terlihat monoton. 

Berbeda dengan laptop Windows pada umumnya yang berlomba-lomba merilis laptop dengan desain yang berbeda dari tahun ke tahun. Pilihan desainnya tentu lebih variatif.

Perangkat Keras/Hardware

Perbedaan laptop dan Macbook selanjutnya bisa disoroti dari segi perangkat keras atau hardware-nya. 

Macbook secara kualitas perangkat, dalam hal ini kemampuan prosesor, kartu memori dan kartu grafisnya, pilihan yang tersedia terbatas.

Inilah yang menjadikannya eksklusif, sehingga harganya tergolong mahal. 

Sedangkan laptop Windows, memiliki lebih banyak pilihan spesifikasi hardware yang lebih bervariasi. Harganya pun beraneka ragam dan biasanya lebih murah dari Macbook. 

Baca Juga:   ASUS Vivobook 15 A516 - Solusi Mengembangkan Bisnis di Masa Pandemi

Reparasi

Jika dilihat dari segi reparasi, perbedaan laptop dan Macbook memang agak njomplang. Di sinilah kekurangan Macbook, selain opsi tempat reparasi yang terbatas, harga suku cadangnya juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan laptop Windows pada umumnya. Sedangkan laptop Windows memiliki opsi perbaikan yang lebih banyak dengan menjamurnya tempat reparasi dan pilihan suku cadang yang lebih bervariasi, termasuk harganya yang lebih murah. 

Sistem Operasi

Tampilan Antarmuka Macbook
Tampilan Antarmuka Macbook

Seperti yang sudah disinggung di atas, perbedaan laptop dan Macbook paling menonjol terletak pada sistem operasi yang digunakan. 

Macbook menggunakan sistem operasi MacOS yang dirancang dan diproduksi khusus oleh perusahaan yang sama untuk mendukung satu sama lain. 

Tidak heran jika pengguna tidak menjumpai kesulitan saat bekerja dengan perangkat tersebut. 

Tampilan Antarmuka Windows
Tampilan Antarmuka Windows

Sedangkan laptop lain menggunakan sistem operasi Windows. Sistem operasi buatan Microsoft ini dirancang sebagai sistem operasi universal pada perangkat komputer portable dengan berbagai macam jenis yang ada di pasaran.

Produsen laptop tidak menciptakan sistem operasi khusus pada perangkatnya, namun menggunakan sistem operasi perusahaan lain yang sudah ada, yaitu Windows. 

Nah, hal ini berdampak pada kemampuannya dalam menampilkan hasil antar muka di layar. Akan sangat bergantung dari seberapa canggih perangkat yang dipasang di dalam laptopnya.

Ekosistem

Perbedaan laptop dan Macbook selanjutnya bisa disoroti dari segi ekosistem yang ditawarkan. 

Dalam hal ini, Macbook jelas lebih unggul daripada laptop lainnya. Sebab Macbook memang didesain untuk konektivitas seamless antar produk Apple dengan seluruh layanannya. 

Bagi pengguna yang sudah terlanjur nyemplung pada semua perangkat Apple, baik itu iPhone, iPad, Macbook dan sebagainya, kemudahan berpindah akses dari satu perangkat ke perangkat lainnya jelas terasa.

Perangkat Apple memang sengaja didorong untuk bekerja di platform cloud storage/iCloud. Semua data akan masuk ke iCloud dan bisa diakses dari semua device Apple yang dijual.

Baca Juga:   ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop untuk Semua Kalangan¬†¬†

Pada laptop, ekosistem semacam ini hanya ditawarkan oleh laptop Microsoft Surface. Melalui layanan OneDrive dan keunggulan Office yang memiliki produktivitas terbaik, membuat layanan laptop Microsoft Surface bisa disejajarkan dengan Macbook.

Namun sayangnya, jika beralih ke ranah smartphone Windows, bisa dikatakan masih sangat jauh tertinggal dari iPhone. Padahal jika Windows phone berhasil, platform ini kemungkinan akan menjadi platform paling mulus untuk bekerja dari mana pun.

Aplikasi/Software/Perangkat Lunak

Perbedaan laptop dan Macbook selanjutnya dilihat dari segi aplikasinya. Kedua perangkat ini memang menyediakan berbagai aplikasi khusus. 

Ada aplikasi-aplikasi tertentu yang hanya tersedia atau hanya bisa dijalankan di sistem operasi MacOS pada macbook, dan ada juga yang hanya tersedia di sistem Windows.

Menariknya, aplikasi yang tersedia pada laptop dan Macbook, biasanya akan lebih optimal jika dijalankan di Macbook. Hal ini lagi-lagi berkat sistem operasi khusus tersebut.

Harga dan Daya Tahan

Meskipun Apple identik dengan iklan produk anak muda produktif, namun jika dilihat dari segi harganya Macbook biasanya digunakan oleh kalangan usia yang lebih tua atau mapan.

Biasanya pengguna tersebut sudah menggunakan Macbook tersebut selama bertahun-tahun, bahkan masih banyak yang menggunakan produk Macbook tahun 2011 di tahun 2023 ini.

Sedangkan laptop Windows dari berbagai merk biasanya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. 

Rentan harga yang ditawarkan juga bervariasi, sehingga memudahkan pembelinya untuk mempertimbangkan dan menyesuaikannya dengan budget yang tersedia.

Selain itu, laptop Windows secara daya tahan masih di bawah Macbook. 

Demikian beberapa perbedaan laptop dan Macbook yang perlu diketahui. Sebenarnya masih banyak perbedaan lainnya. Seperti jika menginginkan laptop gaming, maka Macbook bukanlah pilihan terbaik. Namun pilihlah laptop Windows yang menyediakan lebih banyak opsi baik dari segi prosesor, memori, kartu grafis dan sebagainya yang kiranya lebih mumpuni dari pada Macbook.

Namun untuk produktivitas, seperti penyuntingan video, kemudahan akses dari berbagai perangkat, kemulusan dalam menjalankan aplikasi, maka Macbook bisa menjadi pilihan terbaik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru