6 Fungsi Fitur Talkback di HP Android dan Cara Penggunaannya

Achmad Fachrur Rozi

Fungsi Fitur Talkback di HP Android dan Cara Penggunaannya

PondokGue.com – Fungsi fitur Talkback pada HP Android merupakan salah satu fitur aksesibilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat menggunakan suara. 

Sebagian pengguna mungkin belum pernah menggunakannya. Wajar saja, sebab fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan atau pengguna yang membutuhkan bantuan suara dalam mengoperasikan perangkat.

Fungsi Fitur Talkback di HP Android

Berikut ini adalah beberapa fungsi fitur TalkBack di HP:

  1. Mengakses perangkat dengan suara: Fungsi Fitur TalkBack yang pertama adalah memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat menggunakan suara. Pengguna dapat memberikan perintah pada perangkat melalui suara untuk membuka aplikasi, memeriksa notifikasi, atau memainkan musik.
  2. Mengakses menu dan layar dengan gestur: Fitur TalkBack menyediakan beberapa gestur atau gerakan pada layar, seperti menggesekkan jari di atas layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk menavigasi antar menu, atau menggesekkan dua jari ke atas atau ke bawah untuk menggulir layar. Hal ini memudahkan pengguna untuk menjelajahi menu dan layar dengan cepat dan mudah.
  3. Memberikan informasi tentang tindakan pada layar: TalkBack memberikan informasi tentang tindakan yang dilakukan pada layar, seperti menggeser layar, memilih tombol, atau memutar layar. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memahami apa yang sedang terjadi pada perangkat dan memudahkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat dengan lebih mudah.
  4. Membaca teks pada layar: Fungsi Fitur TalkBack juga dapat membaca teks pada layar, termasuk teks pada aplikasi dan situs web. Hal ini sangat berguna bagi pengguna dengan keterbatasan penglihatan atau kesulitan membaca teks kecil pada layar.
  5. Memperbaiki kesalahan input suara: TalkBack dapat membantu pengguna untuk memperbaiki kesalahan input suara. Jika pengguna memberikan perintah yang salah pada perangkat, TalkBack akan memberikan saran untuk memperbaiki input suara.
  6. Membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan: Fitur TalkBack dirancang khusus untuk membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan. Dengan menggunakan suara, TalkBack memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan perangkat secara mandiri dan lebih mudah.
Baca Juga:   Cara Baru Mengatasi Facebook yang di Hack

Fitur TalkBack pada HP Android sangat bermanfaat bagi pengguna dengan keterbatasan penglihatan atau pengguna yang membutuhkan bantuan suara dalam mengoperasikan perangkat. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengakses semua fitur dan fungsi pada perangkat tanpa kesulitan, sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan perangkat sehari-hari.

Cara Mengaktifkan Fitur Talkback di HP Android

Setelah mengetahui fungsi fitur Talkback, berikut ini adalah langkah-langkah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur TalkBack pada HP Android:

  1. Buka Pengaturan (Settings) di HP Android Anda
  2. Gulir ke bawah dan pilih menu Aksesibilitas (Accessibility)
  3. Pilih menu TalkBack, kemudian aktifkan fitur dengan menggeser tombol di sisi kanan ke posisi on.
  4. Anda akan menerima notifikasi tentang pengaktifan TalkBack dan akan diminta untuk mengkonfirmasi pengaktifan fitur.
  5. Setelah itu, TalkBack akan menginstruksikan Anda untuk mengaktifkan Explore by Touch dengan menggeser tombol Explore by Touch ke posisi on. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi layar dengan menggesek jari di atas layar.
  6. Selanjutnya, TalkBack akan memberikan instruksi penggunaan pada HP Android Anda, seperti menggesekkan jari di layar untuk memilih item, atau mengetuk dua kali pada layar untuk memilih item atau tombol.
  7. Selain itu, TalkBack juga menyediakan beberapa gestur atau gerakan pada layar, seperti menggesekkan jari di atas layar dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk menavigasi antar menu, atau menggesekkan dua jari ke atas atau ke bawah untuk menggulir layar.

Setelah fitur TalkBack aktif, pengguna dapat menggunakan suara untuk memberikan perintah pada perangkat, seperti membuka aplikasi, memeriksa notifikasi, atau memainkan musik. 

Pengguna juga dapat mendengarkan informasi tentang tindakan yang dilakukan pada perangkat, seperti menggeser layar, memilih tombol, atau memutar layar.

Baca Juga:   Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Sekiranya pengguna merasa kesulitan atau mengalami masalah dalam menggunakan fitur TalkBack, ada beberapa sumber daya yang tersedia, seperti video tutorial, dokumentasi, atau panduan pengguna di situs web resmi Android atau produsen HP. 

Selain itu, pengguna juga dapat mencari informasi atau bergabung dengan forum komunitas pengguna HP Android untuk mendapatkan saran dan dukungan dari pengguna lain.

Demikian sedikit informasi mengenai fungsi fitur Talkback di HP Android dan cara penggunaannya. Fitur semacam ini bagi sebagian orang merupakan fitur yang sangat penting.

Setelah memahami fungsi fitur talkback, jika sewaktu-waktu membutuhkannya, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment