HomeTutorialCara Melihat Versi Windows di Laptop 32 bit atau 64 bit

Cara Melihat Versi Windows di Laptop 32 bit atau 64 bit

Penulis

View

Kategori

Ikuti kami di

Pondokgue.com – Cara melihat versi Windows bisa kalian gunakan untuk mengetahui sistem operasi Windows, entah itu yang menggunakan konfigurasi 32-bit atau 64-bit.

Sampai saat ini, Windows masih mengeluarkan sistem operasi 32-bit pada Windows 10. Namun lambat lain, prosesor terbaru yang digunakan perangkat keluaran baru pada umumnya menerapkan konfigurasi 64-bit. Itu artinya, hal ini membuat sistem operasi beralih konfigurasi yang sama.

Misalnya pada Windows 11, saat ini sudah mewajibkan penggunanya untuk memakai perangkat 64-bit.

Ada beberapa kelebihan memiliki perangkat atau menjalankan sistem operasi 64-bit. Antara lain adalah sistem keamanan yang lebih baik dan kemampuan memakai memori di atas 4 GB. 

Bagi pengguna laptop keluaran terbaru, biasanya sudah menjalankan Windows dengan konfigurasi 64-bit. Namun jika kalian masih ragu dan penasaran, ingin mengecek kembali, guna memastikan konfigurasi apa yang berjalan di perangkat kalian saat ini, simak penjelasan berikut.

Cara Melihat Versi Windows 32 bit atau 64 bit

Masing-masing versi Windows, baik itu Windows 7, 8, 10, hingga 11 memiliki cara untuk mengecek detail informasi seputar versi Windows.

Bagi pengguna Windows 7, berikut ini cara melihat versi Windows 32-bit atau 64-bit:

  • Pertama, klik Start atau bisa juga menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Lalu klik kanan pada menu Komputer atau Computer.
  • Pilih opsi Properties atau Properti.
  • Setelah jendela Properties terbuka, langsung saja scroll atau gulir layar hingga terlihat menu System untuk melihat tipe sistem.

Jika perangkat kalian sudah menggunakan versi yang lebih baru, baik itu Windows 8, 8.1, atau 10. Berikut ini cara melihat versi Windows di laptop Windows 8.1 dan Windows 10:

  • Pertama, klik menu Start atau tekan tombol Windows pada keyboard.
  • Lalu pilih opsi Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian pilih Sistem atau System.
  • Selanjutnya, klik opsi About atau Tentang untuk menampilkan detail informasi seputar perangkat yang kalian gunakan.

Jika sudah mengetahui konfigurasi yang digunakan sistem operasi, apakah itu 64-bit atau 32-bit, maka kalian bisa menjadikannya sebagai informasi penting untuk menginstall program yang sesuai.

Nah, bagi yang menggunakan Windows 32-bit, padahal prosesor pada perangkat tersebut berkonfigurasi 64-bit, maka kalian bisa dengan mudah memindahkan versinya ke versi 64-bit.

Cukup dengan mengunduh versi Windows yang digunakan dengan kapabilitas 64-bit saja.

Manfaat Mengetahui Versi Windows

Setelah mengetahui versi Windows yang digunakan di laptop, kalian perlu mengetahu beberapa manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat mengetahui versi Windows yang digunakan:

Keamanan

Setelah mengetahui cara melihat versi Windows yang digunakan, maka kalian bisa memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan telah menerima pembaruan keamanan terbaru. 

Pembaruan ini berperan penting untuk melindungi perangkat tersebut dari ancaman keamanan dan serangan malware.

Kompatibilitas Perangkat Lunak

Manfaat selanjutnya yaitu dapat dijadikan acuan dalam memilih perangkat lunak yang kompatibel atau dapat digunakan pada laptop tersebut.

Sebab pada dasarnya, setiap perangkat lunak memiliki persyaratan minimum untuk menjalankannya dengan baik. 

Jika kalian sudah mengetahui cara melihat versi Windows yang digunakan, maka dapat memastikan bahwa perangkat lunak yang ingin diinstal atau dijalankan sesuai dengan persyaratan sistem yang ditentukan.

Dukungan Teknis

Informasi seputar versi Windows juga berguna untuk mengecek dukungan teknis yang tersedia. Sebab produk perangkat lunak biasanya memiliki siklus penjualan dan dukungan yang berbeda-beda. 

Setelah mengetahuinya, berarti kalian bisa memperoleh informasi tentang berapa lama dukungan teknis akan tersedia untuk sistem operasi tersebut.

Memperoleh Fitur Terbaru

Manfaat mengetahui versi Windows lainnya, tentu saja untuk mengetahui pembaruan fitur baru apa saja yang telah hadir demi meningkatkan pengalaman pengguna. Kalian bisa memastikan apakah sudah memperoleh pembaruan dan fitur terbaru yang disediakan oleh Microsoft.

Perbaikan Bug dan Masalah

Selanjutnya, kalian juga bisa memastikan bahwa Windows yang digunakan sudah menerima pembaruan perbaikan bug dan masalah yang relevan. 

Ketersediaan Fungsionalitas Tertentu

Beberapa versi Windows mungkin akan memiliki fitur atau fungsionalitas tertentu. Dengan mengetahui versi yang terpasang di perangkat, kalian bisa memastikan penggunaan fitur-fitur yang dibutuhkan atau diinginkan.

Kepatuhan Aturan

Selain beberapa poin di atas, kalian juga bisa mengetahui persyaratan khusus untuk menggunakan sistem operasi Windows tersebut. Dengan mengetahui hal itu, kalian bisa memastikan bahwa sudah melakukan sesuai dengan aturan dan kepatuhan yang berlaku. Pengalaman penggunaan perangkat tersebut dapat dimaksimalkan.

Demikian beberapa cara melihat versi Windows yang dapat dilakukan. Pelajari juga beberapa manfaatnya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Komentar Terbaru