7 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Pondokgue.com – Cara mengatasi HP tidak ada suara bisa dicoba ketika HP Anda tidak sengaja kemasukan air atau tersumbat kotoran. 

Tak perlu panik, jika HP Anda tidak ada suara memang tidak bisa mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon. Bisa jadi penyebabnya bukan karena speakernya rusak.

Oleh sebab itu, ada beberapa solusi atau cara mengatasi HP tidak ada suara yang bisa dilakukan. Silakan simak penjelasannya sampai tuntas.

Penyebab HP Tidak Ada Suara

Sebelum membahas cara mengatasi HP tidak ada suara, perlu diketahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan penyebabnya.

Berikut ini beberapa kemungkinan HP tidak ada suara atau suara di HP menjadi hilang. Di antaranya seperti lupa mengatur volume di HP, tidak sengaja mengaktifkan mode Do Not Disturb, basah, kotor, atau kemungkinan terburuknya karena speaker rusak.

Bisa juga dengan mengeceknya dengan memutar konten lain, barangkali masalahnya bukan pada HP Anda, melainkan pada konten tersebut yang memang tidak memiliki suara.

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Tak perlu basa-basi lagi, berikut ini beberapa cara mengatasi HP tidak ada suara yang bisa dicoba, antara lain:

Cek Pengaturan Volume HP

Cara mengatasi HP tidak ada suara yang pertama adalah dengan mengecek pengaturan volume. Hal ini memang sepele, namun tidak jarang penyebabnya memang pengguna lupa mengatur volume HP sehingga tidak bersuara.

Oleh sebab itu, silakan cek dan aktifkan kembali speaker HP tersebut. Pastikan tidak dalam kondisi mode mute.

Baca Juga:   Cara Aktivasi Windows 8.1 Secara Permanen

Bersihkan Speaker HP

Penyebab HP tidak keluar suara mungkin juga berasal dari speaker yang tersumbat. Oleh sebab itu, pengguna wajib membersihkannya dengan pipet atau benda lain yang bersih seperti sikat yang lembut.

Perlu diingat agar tidak meniup dengan mulut karena bisa menyebabkan debu yang ada di lubang speaker masuk lebih dalam sehingga lebih kotor.

Gunakan Menu Pembersih Speaker

Bagi pengguna HP Xiaomi, cara mengatasi HP tidak ada suara bisa dilakukan melalui menu Pembersih Speaker. 

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi debu yang masuk ke lubang speaker membuat suara yang dihasilkan kurang jernih.

Tidak cukup hanya membersihkan debu di bagian luarnya saja menggunakan kapas atau tisu. Jika debunya sudah masuk ke dalam lubang speaker, kondisinya tentu lebih sulit dibersihkan.

Oleh sebab itu, Xiaomi menambahkan fitur pembersih speaker yang bisa dimanfaatkan pengguna sebagai solusi masalah tersebut.

Nantinya speaker akan mengeluarkan gelombang suara yang bias mendorong debu keluar dari bagian dalam speaker. Xiaomi menyarankan agar pengguna melakukan beberapa kali agar hasilnya lebih optimal.

Berikut ini cara menggunakan menu Pembersih Speaker:

Masuk ke menu Setelan.

Pilih Setelan Tambahan.

Pilih menu Pembersihan Speaker.

Switch ke On untuk memulai pembersihan speaker.

Pastikan Tidak Ada Mode Headset

Bisa jadi HP Anda tidak ada suara karena lupa, masih dalam mode headset. Oleh sebab itu, output suara tidak melalui speaker. 

Mode headset memang akan langsung otomatis ketika tersambung ketika dihubungkan. Di atas layar akan muncul bar notifikasi berbentuk earphone.

Secara tidak sadar, pengguna lupa untuk beralih kembali dari mode headset menjadi speaker. Oleh sebab itulah, speaker HP tidak ada suara.

Baca Juga:   Cara Gratis Download Microsoft Office 2016 Preview

Restart HP 

Cara mengatasi HP tidak ada suara yang paling mudah adalah dengan merestart HP. Bisa jadi masalah error dalam HP bisa menyebabkan HP tidak mengeluarkan suara. 

Dengan memulai ulang atau restart HP, pengguna bisa menormalkan kembali HP yang error. Sehingga saat proses restart tersebut selesai, maka HP kembali normal lagi dan sudah ada suaranya. 

Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP tidak ada suara berikutnya adalah dengan melakukan Factory Reset. Tujuannya agar bisa menghilangkan masalah seperti bug. Dengan mereset HP tersebut, diharapkan agar bisa mengembalikan sistem HP seperti semula atau kembali ke setelan pabrik. Sehingga sistem bisa bekerja secara optimal.

Bawa ke Service Center

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas namun belum berhasil, HP masih tidak ada suara. Maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengunjungi service center terdekat. 

Dengan begitu, Anda akan dibantu oleh tim ahli untuk memperbaiki speaker HP sehingga HP tersebut bisa dioperasikan seperti sedia kala.

Demikian beberapa cara mengatasi HP tidak ada suara. Silakan coba cara-cara di atas untuk menormalkan kembali suara di HP. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment