3 Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

Achmad Fachrur Rozi

Cara memperbaiki HP Samsung mati total

Pondokgue.com – Cara memperbaiki HP Samsung mati total mungkin suatu saat penting, apalagi jika masalah tersebut terjadi mendadak. Tentu kalian akan merasa terganggu.

Masalah semacam ini memang sering terjadi pada berbagai merk HP, salah satunya Samsung. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara memperbaiki HP Samsung mati total. Silakan simak penjelasannya sampai tuntas.

Penyebab HP Samsung Mati

Sebelum membahas cara memperbaiki HP Samsung mati total, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan HP Samsung mati total. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya:

Temperatur

Penyebab paling umum HP Samsung mati total adalah temperaturnya. Sebab jika temperatur HP terlalu dingin dapat memicu reaksi kimia. Inilah yang menyebabkan baterai HP bermasalah dan membuat HP jadi mati secara mendadak. 

Sebaliknya, temperatur HP yang terlalu panas juga bisa menimbulkan hal yang tak diinginkan. Dampak terbesarnya yaitu HP juga akan mati total.

Perlu diketahui bahwa temperatur HP mempengaruhi performa dan kapasitas baterai. Baterai HP akan cepat terkuras jika suhunya tidak wajar. 

Suhu HP yang terlalu panas, biasanya disebabkan karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau sedang menggunakan HP untuk aktivitas ekstrim seperti bermain game sambil dicharge. 

Jika penyebabnya karena banyak membuka aplikasi, silakan tutup aplikasi tersebut. Terlebih jika sudah tidak diperlukan lagi.

Namun jika penyebabnya karena digunakan untuk bermain game sambil dicharge, maka sebaiknya lakukan pengisian daya hingga penuh terlebih dahulu baru digunakan untuk bermain game.

Baca Juga:   Cara Melihat Versi Windows di Laptop 32 bit atau 64 bit

Kerusakan Pada Motherboard

Penyebab HP Samsung mati total berikutnya karena adanya kerusakan pada motherboard. Motherboard adalah perangkat keras yang menjadi rumah bagi chipset dan komponen penting lainnya pada HP. Nah, jika terjadi masalah pada motherboard, HP tersebut bisa mati total, bahkan ketika baterainya sedang terisi dengan kapasitas yang cukup sekalipun.

Kapasitas Memori Kurang Memadai

Kapasitas memori dan penyimpanan HP Samsung yang kurang memadai juga bisa menjadi penyebab HP mati secara tiba-tiba. 

Aplikasi sekarang memang memiliki ukuran yang besar. Sehingga menguras kapasitas memori HP. 

Jika HP digunakan untuk bermain game atau aplikasi berat, terlebih ponsel tersebut adalah ponsel low-entry, maka tentunya akan sangat membebani HP.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menjalankan aplikasi maupun game yang tidak kompatibel dengan perangkat tersebut.

Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

Ada beberapa cara memperbaiki HP Samsung mati total. Berikut ini beberapa di antaranya:

Lakukan Factory Reset

Cara memperbaiki HP Samsung mati total yang kedua adalah dengan melakukan factory reset. 

Mengembalikan HP pada setelan pabrik atau factory reset seringkali berhasil untuk mengatasi berbagai masalah, salah satunya HP Samsung yang mati total. 

Proses melakukan setelan pabrik biasanya akan menghapus seluruh data atau isi HP. Termasuk foto, aplikasi, informasi akun, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, sebelum melakukan factory reset, pastikan bahwa sudah melakukan backup data terlebih dahulu.

Cara melakukan factory reset di HP Samsung sangat mudah. Cukup dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan. 

Setelah muncul logo Samsung, lepas kedua tombol tersebut. Maka akan masuk ke menu recovery mode

Nantinya akan muncul beberapa opsi. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih opsi tersebut. Pilih menu “Wipe data/factory reset”, kemudian tekan tombol power. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Baca Juga:   Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 8, 10, dan 11

Force Restart

Cara memperbaiki HP Samsung mati total juga bisa dilakukan melalui Force Restart atau memulai ulang HP secara paksa. 

Cukup dengan menekan tombol power selama 30 detik. Lalu, saat HP menyala, lepas tombol tersebut. 

Tunggu sampai menu untuk mematikan HP muncul. Pilih opsi Restart. 

Cara ini juga bisa dipraktikkan kalau HP tersebut nge-hang.

Periksa Charging Port

Bisa jadi, penyebab HP Samsung mati karena kurang daya baterai. Salah satunya disebabkan karena kerusakan pada charging port. 

Nah, untuk mengatasi HP Samsung yang mati total, silakan periksa charging port-nya. Kalau charging port bermasalah, tentu kabel charger tidak akan bisa tersambung, sehingga daya baterai tidak terisi. 

Jangan lupa untuk membersihkan port dari debu yang menempel hingga dirasa benar-benar bersih. 

Setelah itu, sambungkan kembali charger ke HP. Pastikan memakai charger asli Samsung.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada HP, bisa juga menggunakan fitur Battery and Device Care atau phone diagnostics yang ada pada HP Samsung terbaru. 

Fitur phone diagnostics mampu mendeteksi kerusakan pada hardware, software atau bahkan fitur pada HP seperti NFC, koneksi internet, sensor giroskop, sidik jari, dan lain sebagainya. Selain itu, juga bisa mengetahui kondisi layar HP. 

Demikian beberapa cara memperbaiki HP Samsung mati total yang bisa dilakukan. Jika semua cara di atas belum berhasil mengatasinya, maka kunjungi service center resmi Samsung. Segera bawa HP tersebut ke service center untuk ditangani oleh ahlinya. 

Oya, jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi Samsung Members guna membuat janji atau reservasi di service center Samsung terdekat.

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Tags

Related Post

Leave a Comment