4 Cara Mengaktifkan Copilot Windows

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengaktifkan Copilot Windows

Pondokgue.com – Cara mengaktifkan Copilot Windows diperlukan untuk mempermudah pengguna dalam pencarian informasi.

Fitur Copilot dari Windows ini baru sepenuhnya tersedia mulai 1 November 2023 nanti. Namun sekarang, kalian juga sudah bisa mencobanya.

Produk baru kolaborasi Microsoft dengan Open AI ini berguna untuk mendukung berbagai bagian ekosistem Microsoft.

Asisten AI ini telah dikembangkan menggunakan versi terbaru dari teknologi OpenAI LLM, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para profesional untuk menghadirkan AI generatif ke dalam alur kerjanya sehari-hari.

Fungsionalitas Copilot juga telah mencakup hampir semua sumber daya Microsoft, mulai dari Microsoft Word, Outlook, Graph hingga platform kolaborasi Teams.

Kalian bisa memanfaatkannya saat membuat email dengan Copilot di Outlook. Copilot juga bisa digunakan saat membuat catatan dan informasi dari alat SharePoint, Rapat dan Microsoft Office.

Dengan hadirnya Copilot ini, alur kerja semakin sederhana, sehingga mampu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kinerja di setiap lini tempat kerja digital.

Pada dasarnya, Copilot ini diperuntukkan bagi pengguna Windows 11. Namun jika perangkat desktop kalian tidak memenuhi syarat untuk mengupgrade versi Windows 11, maka kalian masih bisa mencoba Copilot di Chat Bing Windows 10. 

Ada dua cara mengaktifkan Copilot Windows, pertama perusahaan bisa mengakses kemampuan AI generatif di alat yang sudah digunakan, seperti Microsoft Outlook, Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya. 

Kedua, Copilot juga disertakan dalam solusi “Obrolan Bisnis” atau “Obrolan Bing” untuk semua pengguna Microsoft.

Manfaat Copilot di Aplikasi Produktivitas Windows

Cara Mengaktifkan Copilot Windows - Aplikasi Produktivitas yang mendukung Copilot

Inilah beberapa manfaat Microsoft Copilot di aplikasi produktivitas yang kalian gunakan:

  • Word: Microsoft Copilot dapat membantu menyusun, merevisi, merangkum, dan menghasilkan dokumen di Word. Ini juga dapat memberikan saran yang berguna untuk meningkatkan tulisan Anda.
  • Excel: Di Excel, Copilot dapat membantu pengguna mendapatkan wawasan baru, membuat visualisasi data yang menarik, atau mendeteksi pola tanpa perlu menguasai rumus yang rumit.
  • PowerPoint: Fitur kopilot PowerPoint dapat mengubah ide menjadi presentasi lengkap dengan instruksi bahasa alami. Itu juga dapat meringkas presentasi yang panjang.
  • Outlook: Copilot untuk Outlook dapat membantu menyelaraskan dan mengatur kotak masuk Anda. Selain itu, dapat meringkas percakapan dan memberikan saran tanggapan.
  • Power Platform: Microsoft Copilot dapat membantu pengembang membuat prototipe dan membuat aplikasi kode rendah dengan otomatisasi dan pedoman di Power Platform .
  • Obrolan Bisnis: Obrolan Bisnis, yang menggabungkan email, kalender, catatan, dan presentasi, dapat membantu tim menyusun konten, menemukan tanggal penting, dan membuat rencana kerja.

Harga Copilot

Sebelum membahas cara mengaktifkan Copilot Windows untuk semua aplikasi dan alat, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan, yaitu membeli lisensi. 

Beberapa orang sebelumnya pernah memperkirakan bahwa Microsoft akan menyematkan Copilot ke dalam alatnya sebagai layanan gratis, namun kenyataannya tidak demikian.

Pada bulan Juli, Microsoft mengumumkan harga resmi untuk layanan Copilot selama acara mitra Inspire. 

Baca Juga:   Cara Main Game Android di Laptop

Harganya tergolong mahal, yaitu $30 (sekitar Rp477.000) per pengguna per bulan. Ingat ya, ini merupakan biaya tambahan untuk langganan Microsoft yang sudah ada. 

Selain itu, masih memerlukan paket Microsoft selain Copilot, seperti Microsoft Business Standard, Premium, E3, atau E5.

Kabar baiknya adalah Bing Chat Enterprise, solusi obrolan bertenaga AI dari Microsoft, akan disertakan dalam paket di atas tanpa biaya tambahan. 

Layanan ini juga dapat dibeli sebagai solusi mandiri seharga $5 per bulan per pengguna.

Prasyarat Mengaktifkan Copilot Windows

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa prasyarat untuk mempelajari cara mengaktifkan Copilot Windows 10. 

Pertama, perlu berlangganan Copilot dan paket yang disetujui. Saat ini, kalian juga memerlukan akun Microsoft 365 E5, E3, serta:

  • Akses ke aplikasi Microsoft 365 untuk perusahaan
  • ID Entra (sebelumnya akun Azure Active Directory) untuk semua pengguna
  • Akses ke Microsoft OneDrive (untuk restorasi file dan fitur lainnya)

Dari perspektif Jaringan, layanan Copilot akan tersambung ke titik akhir yang terdapat dalam taksonomi titik akhir Microsoft 365. 

Microsoft menyarankan untuk memastikan jaringan Anda selaras dengan prinsip konektivitas Microsoft 365 untuk meminimalkan latensi.

Karena berbagai pengalaman Copilot untuk solusi seperti Loop, Teams, PowerPoint, Excel, dan Word menggunakan koneksi WebSocket, kalian juga harus mengaktifkan koneksi WebSocket.

Setelah pengguna diberi lisensi untuk Copilot, mereka akan dapat langsung mengakses pengalaman tersebut dalam aplikasi Microsoft mereka. 

Untuk beberapa aplikasi, seperti Word dan Copilot, kotak dialog akan otomatis muncul saat pengguna membuat dokumen baru.

Cara Mengaktifkan Copilot Windows 11

Cara Mengaktifkan Copilot Windows 11

Selama konferensi Build 2023 di bulan Mei, Microsoft mengumumkan kedatangan “Windows Copilot” untuk pengguna Windows 11. 

Dirancang untuk mempercepat produktivitas dalam bisnis di seluruh dunia, Windows Copilot mengubah setiap pengguna menjadi “power user.”

Pada dasarnya, solusi ini bertindak sebagai asisten pribadi, memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan dengan cepat, terhubung ke aplikasi favorit mereka, dan banyak lagi. 

Dengan Copilot, kalian bisa mengakses semua fitur yang disukai di Windows, mulai dari salin/tempel hingga bantuan jepret dan alat snipping. 

Namun, kalian juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada Windows Copilot dan meminta dukungan dengan banyak tugas.

Misalnya, pengguna dapat meminta Windows Copilot untuk menulis ulang atau meringkas konten. Kalian juga bisa menggunakan alat ini, mirip dengan Bing Chat AI, untuk mengakses informasi dari web dengan cepat.

Versi pratinjau Copilot untuk Windows 11 mulai diluncurkan pada bulan Juni untuk pengguna tertentu. 

Jika ingin mengaktifkan Microsoft Copilot untuk Windows 11 sekarang, kalian harus menjalankan Windows 11 versi “Windows Insider” yang ditujukan untuk pengembang.

Cara Mengaktifkan Microsoft Copilot di Windows

Jika kalian belum berada di saluran Dev untuk Windows, maka daftarkan PC atau laptop Windows 11 kalian ke saluran tersebut terlebih dahulu. Berikut ini cara mengaktifkan Copilot Windows:

  • Caranya, silakan masuk ke Pengaturan Windows 11 dan klik Pembaruan Windows
  • Pilih Windows Insider Program dan masuk dengan akun Microsoft yang telah dimiliki.
  • Klik tombol Memulai, tautkan kredensial Microsoft, dan pilih opsi Saluran Pengembang. Tekan Lanjutkan di layar, dan nantinya akan diminta untuk melakukan boot ulang.
  • Ingat ya, PC yang kalian gunakan harus mengunduh dan menginstal versi baru Windows 11. 
  • Setelah ini aktif dan berjalan, unduh layanan ViveTool GUI GitHub.
  • Mulai penginstal dan ikuti langkah-langkah yang ada di layar.
  • Luncurkan aplikasinya, dan buka Pilih Build lalu pilih 23493.1000.
  • Temukan dan aktifkan fitur 44774629, 44850061, 44776738, 42105254, dan 41655236
  • Buka Microsoft Edge dan buka Bantuan dan Umpan Balik lalu klik Tentang Microsoft Edge untuk memperbarui browser.
  • Nyalakan ulang perangkat.
  • Luncurkan Copilot dengan pintasan Tombol Windows + C
Baca Juga:   Cara Main Game di Facebook Messenger

Jika langkah-langkah di atas dinilai terlalu rumit, maka tunggu saja hingga Microsoft merilis pembaruan Windows nanti karena sudah disertakan dengan Copilot yang terinstal ketika sudah tersedia secara umum.

Setelah Copilot tersedia di perangkat Windows, langsung saja luncurkan dengan mengklik tombol Copilot di taskbar atau menekan Win + C pada keyboard. 

Jika ingin menyembunyikan fitur Copilot Windows, caranya mudah, yaitu kunjungi menu Personalization lalu pilih Taskbar di Pengaturan untuk mematikan Copilot.

Cara Mengaktifkan Microsoft Copilot untuk Microsoft 365

Microsoft Copilot sudah terintegrasi ke dalam aplikasi Microsoft 365 untuk beberapa pengguna. Namun, jika masih belum bisa mengakses fitur tersebut, maka perlu memperbarui aplikasi Microsoft.

Jika sudah memperbaruinya, maka cukup mengaktifkannya di salah satu aplikasi Microsoft yang telah terintegrasi. Lalu temukan ikon Copilot pada menu pita untuk aplikasi dan klik untuk mengaktifkan layanan.

Copilot juga akan diluncurkan otomatis di aplikasi, seperti misalnya saat memulai dokumen baru di Word atau membuat spreadsheet di Excel. Copilot akan muncul di jendela dialog untuk menawarkan saran dan panduan.

Cara Mengaktifkan Microsoft Copilot untuk Tim

Jika perusahaan kalian telah berlangganan Microsoft Copilot, maka kalian perlu mempelajari cara mengaktifkan Microsoft Copilot di Teams. 

Dengan begitu, maka dapat meningkatkan strategi kolaborasi dan komunikasi. Sebab Copilot di Teams akan meningkatkan efisiensi rapat dengan item tindakan kontekstual dan ringkasan waktu nyata.

Salah satu kegunaan Copilot di Teams, misalnya, jika anggota tim lupa membuat catatan selama rapat, mereka dapat meminta ringkasan percakapan kepada Copilot. 

Alat tersebut kemudian akan membuat dokumen lengkap, dengan pengambilan keputusan penting dan tugas yang diberikan kepada setiap anggota tim.

Pengguna bahkan dapat meminta Copilot untuk mengidentifikasi pro dan kontra dari pertemuan mereka untuk membantu menjadikan percakapan di masa depan lebih produktif.

Namun sebelumnya, pastikan kalian sudah menambahkan aplikasi Copilot ke Teams terlebih dahulu. 

Prosesnya mirip seperti menambahkan aplikasi apa pun ke pengalaman Teams, yaitu:

  • Buka bagian Aplikasi dalam Teams dan cari Copilot
  • Lalu klik Tambahkan untuk menyematkan aplikasi ke penyewa.
  • Administrator dapat menambahkan aplikasi ke rapat, saluran, dan obrolan tertentu. 
  • Konfigurasi pengaturan Copilot dalam pusat admin Microsoft Teams. 
  • Setelah diaktifkan, pengguna akan melihat tombol atau ikon Copilot di jendela obrolan dan saluran. 
  • Tekan tombol tersebut, maka jendela obrolan baru dengan Copilot akan diluncurkan.

Demikian beberapa cara mengaktifkan Copilot Windows 10, 11, Microsoft 365, hingga Teams. Maksimalkan pemanfaatan fitur baru tersebut untuk mendukung kalian meningkatkan produktivitas, efisiensi kinerja. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment