Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Achmad Fachrur Rozi

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Pondokgue.com – Cara mengatasi Windows error recovery mungkin saat ini sedang kalian cari. Jika saat kalian membuka laptop tapi kemudian masalah notifikasi Windows error recovery, tentu saja wajar jika bingung.

Padahal laptop tersebut akan dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan penting. Tenang saja, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengatasi Windows error recovery dengan mudah dan cepat.

Masalah seperti ini biasanya muncul pada pengguna sistem operasi Windows, khususnya Windows versi 7.

Meski sekarang sudah mengenal sampai Windows 12, pengguna Windows 7 sampai saat ini juga masih banyak.

Sebenarnya fitur Windows error recovery ini memang dikenalkan oleh Microsoft untuk memulihkan sistem operasi yang mengalami kegagalan proses saat menjalankan perintah. 

Ada berbagai penyebabnya, bisa karena sistem kehilangan file penting akibat virus atau ada service yang tidak berjalan. Sehingga Windows mendeteksinya sebagai kerusakan sistem operasi. 

Dengan scanning tersebut, opsi perbaikan yang ditawarkan Windows kepada pengguna yaitu untuk memperbaikinya melalui fitur recovery system.

Penyebab umum munculnya Windows error recovery biasanya terjadi ketika komputer atau laptop tiba-tiba mati. Entah itu karena pemadaman listrik maupun proses shutdown yang tidak benar. Seperti menekan tombol power dalam waktu lama, sehingga menyebabkan sistem tidak dapat melakukan penyimpanan data yang terakhir dibuka.

Perlu diketahui bahwa ketika menjalankan suatu program, maka beberapa cache tentunya akan tersimpan dalam memori RAM atau penyimpanan sementara.

Nah, ketika laptop dimatikan maka sistem akan mengosongkan RAM saat proses shutdown agar nantinya ketika komputer dihidupkan kembali dalam keadaan normal.

Jika mematikannya secara mendadak atau karena pemadaman listrik, maka bisa menyebabkan memori sementara di dalam RAM tidak dikosongkan. Sehingga ketika sistem operasinya berjalan sistem tidak dapat menjalankan prosedur POST hingga booting karena membaca memori sebelumnya dari RAM.

Baca Juga:   7 Cara Melihat Windows di Laptop ASUS

Balik lagi, ketika sistem mengalami kegagalan maka windows menganggapnya sebagai kerusakan sistem operasi atau dianggap tidak lengkap. Sehingga Windows langsung menyarankan fitur recovery untuk mengembalikan kondisi sistem seperti keadaan semula saat pertama kali dicadangkan.

Biasanya setiap pengguna windows melakukan pencadangan sistem melalui fitur recovery untuk berjaga-jaga jika suatu saat windowsnya corrupt. Namun terkadang juga windows melakukan backup sistem secara otomatis setiap sebulan sekali.

Intinya fitur windows recovery error menawarkan saran perbaikan kepada pengguna untuk me-repair sistemnya dari awal. 

Pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data penting yang tersimpan di-drive selain C karena semuanya masih aman namun perubahan terakhir yang anda lakukan mungkin gagal tersimpan.

Cara mengatasi Windows error recovery dengan cepat

Jika kalian mengalami masalah error pada Windows, maka tak perlu bingung lagi. Cukup lakukan cara mengatasi Windows error recovery berikut ini:

Klik Start Windows Normally maka windows akan loading seperti biasanya karena ini hanya kesalahan deteksi sistem disebabkan memori sementara yang gagal disimpan atau tidak dibersihkan

Cara mengatasi Windows error Recovery

Nah, jika nantinya proses starting Windows-nya berjalan cukup lama dari biasanya, kalian tak perlu panik. Memang sudah sewajarnya prosesnya berlangsung cukup lama.

Biasanya durasi proses shutdown tergantung sudah berapa lama perangkat tersebut dijalankan sebelumnya. Semakin lama maka semakin lama. Sebab sistem tersebut perlu melakukan pembersihan beberapa jalur pintas untuk menormalkan proses start.

Begitu pula saat proses start windows manually, sistem akan mencoba menata ulang sistem dari awal sampai masuk proses booting.

Namun dalam kasus yang lebih serius, kalian mungkin akan dikembalikan ke tampilan Windows error recovery dan mendapatkan saran opsi yang direkomendasikan untuk memperbaiki launch system.

Cara mengatasi Windows error Recovery

Langsung saja klik launch Startup Repair. Nantinya akan muncul jendela system recovery option seperti gambar dibawah, pilih Startup Repair.

Cara mengatasi Windows error Recovery - Startup Repair

Jika sudah, Windows akan mendeteksi masalah dan akan langsung mangatasi masalah sistem secara mendalam termasuk mendeteksi semua disk. Durasi yang diperlukan untuk proses repairing mungkin cukup lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung banyaknya data didalam komputer.

Baca Juga:   Cara Berbagi Password WiFi di iPhone dan Android

Jika proses tersebut sudah selesai, klik finish dan reboot komputer. Nantinya kalian akan melihat tampilan Windows error recovery lagi. Namun kali ini opsi startup repair sudah tidak ada. Dengan begitu, maka pilih opsi start windows normally.

Demikian cara mengatasi Windows error recovery dengan mudah dan cepat. Jadi jika kalian mengalami masalah serupa, silakan gunakan cara di atas untuk memperbaikinya. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment