2 Cara Cek Windows di Laptop

Achmad Fachrur Rozi

cara cek windows di laptop - Pondokgue.com

Pondokgue.com – Cara cek Windows di laptop penting diketahui setiap pengguna. Terutama jika ingin menginstall aplikasi tertentu yang cocok digunakan pada laptop tersebut.

Sebagian pengguna mungkin masih belum mempedulikan versi Windows yang sedang digunakan. Namun nantinya jika ingin menginstall atau menambahkan aplikasi tertentu, mereka mau tidak mau harus mengetahuinya.

Sebab beberapa aplikasi kadang hanya dapat digunakan pada versi Windows tertentu saja dan tidak kompatibel pada versi Windows lain.

Jika biasanya meminta bantuan orang lain untuk menginstall Windows, tentu tidak bisa sering-sering melakukannya. Karena biasanya butuh upah jasa. Daripada keluar uang lagi untuk hal tersebut, lebih baik kalian mempelajarinya sendiri.

Pengetahuan seperti ini akan berguna jika kalian ingin mencobanya sendiri. 

Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara cek Windows di laptop maupun komputer. Ada dua cara yang akan dijelaskan, yaitu melalui sistem Windows secara langsung dan menggunakan software pihak ketiga, yaitu Speccy.

Simak penjelasan berikut sampai tuntas!

Cara Cek Windows di Laptop Melalui Settings

Cara Cek Windows di Laptop

Cara cek Windows di laptop yang pertama bisa dilakukan melalui menu Settings. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik ikon Windows di sebelah kiri bawah layar desktop. Bisa juga dengan menekan tombol Windows pada keyboard.
  • Lalu pilih System.
  • Maka akan muncul informasi mengenai versi Windows yang sedang digunakan. Cara membacanya, yaitu Sistem Operasi yang digunakan, lalu versinya, baru kode build. Misalnya Windows 10 Pro 64-bit versi 20H2 build 19042.746. Selain itu, sisanya hanya pelengkap saja. 

Cara Cek Windows di Laptop Menggunakan Speccy

Cara cek Windows di laptop berikutnya dapat dilakukan melalui software pihak ketiga, yaitu Speccy. Berikut ini langkah-langkahnya:

Baca Juga:   3 Cara Mematikan Windows Security

Pertama, silakan unduh software Speccy di sini.

Jika sudah selesai terunduh, langsung saja Install software tersebut dengan klik dua kali pada hasil unduhan.

Setelah terinstal, kemudian buka aplikasi Speccy.

Maka nantinya akan ditampilkan semua informasi mengenai laptop, termasuk Windows yang digunakan pada laptop tersebut.

Jika ingin mengetahui lebih detail mengenai sistem operasi yang digunakan, maka pilih opsi Operating System.

Cara Cek Windows di laptop yang digunakan dengan Speccy
Menggunakan Speccy 2

Perangkat lunak ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek versi Windows saja. Namun juga bisa digunakan untuk mengetahui detail spesifikasi laptop yang digunakan secara lengkap. 

Cara cek Windows di laptop ini penting karena sangat dibutuhkan ketika menginstall aplikasi yang cocok pada laptop.

Biasanya ketika akan menginstall suatu aplikasi, maka akan ada requirement dari aplikasi tersebut. Misalnya spesifikasi mengenai minimal versi Windows berapa. 

Sebab beberapa aplikasi hanya dapat dijalankan pada satu versi Windows saja dan tidak bisa digunakan pada versi Windows lain. 

Demikian beberapa cara cek WIndows di laptop dengan mudah. Kalian bisa mencobanya langsung dari sistem Windows sendiri maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Speccy. Selamat mencoba!

Achmad Fachrur Rozi

An adaptable and enthusiastic content writer with a strong background in Journalism. Craving for everything about SEO and digital marketing

Related Post

Leave a Comment