Cara Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0 Tanpa Plugin

Mufid

Cara Memunculkan Classic Editor di Wordpress 5.0 Tanpa Plugin
Cara Memunculkan Classic Editor di Wordpress 5.0 Tanpa Plugin

Pondokgue.comCara Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0 Tanpa Plugin – WordPress.org baru saja merilis versi terbarunya yaitu WordPress 5.0 yang dikenal dengan code name Bebo. Update terbaru dari wordpress ini merupakan update ‘Major’ alias update versi dengan perubahan yang cukup banyak, salah satunya adalah Post Editor nya yang saat ini full menggunakan Gutenberg Editor.

Gutenberg Editor di WordPress 5.0
Gutenberg Editor di WordPress 5.0

Sebenarnya, tampilan gutenberg editor ini cukup menarik karena Flat dan enak dipandang mata. Namun, masalah muncul bagi pengguna wordpress lama yang sudah sangat terbiasa dengan Classic Editor dengan menu menu kecil di bagian atasnya. 

Sejak awal diluncurkannya WordPress 5.0, hilangnya Classic Editor membuat banyak perdebatan di banyak Grup Blogger baik yang berada di Facebook maupun di WhatsApp dan akhirnya mereka memilih untuk melakukan downgrade WordPress mereka ke versi sebelumnya.

Pondokgue disini sebenarnya juga baru saja melakukan upgrade ke WordPress 5.0 dan mulai menotak-atik fitur baru yang disediakan, salah satunya Gutenberg. Setelah beberapa saat melakukan pengetikan menggunakan Gutenberg, Pondokgue baru sadar bahwa pengguna WordPress tetap bisa menampilkan Classic Editor di WordPress 5.0 tanpa melakukan instalasi Plugin yang nantinya akan menuh-menuhin storage Hosting kita. Lalu, bagaimana sih Cara Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0? Begini langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Halaman WordPress 5.0 dan Langsung masuk ke menu Post untuk membuat Postingan Baru. Disini kalian akan masuk ke menu Gutenberg Editor.
  • Pada Gutenberg Editor, perhatikan bagian atas, isi dulu judul Artikel yang akan kalian tuliskan, jika sudah masuk ke Block ke 2 atau tekan enter saja.
  • Pada block kedua ini, di bagian kanan ada 3 menu yang bisa dipilih, diantaranya yaitu Add Classic, Add Image dan Add Heading/Text. Pilih menu Add Classic Editor. Lihat gambar dibawah ini jika kalian bingung
Baca Juga:   4 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog
Cara Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0 Tanpa Plugin - Pondokgue.com
Pilih Add Classic di bagian ini
  • Setelah menekan Add Classic diatas, maka di dalam Gutenberg Editor WordPress 5.0 akan muncul Classic Editor seperti pada WordPress versi sebelumnya.
Classic Editor di Gutenberg Editor

Nah, jadi sebenarnya Classic Editor masih bisa diakses di dalam menu Gutenberg Editor tanpa melakukan instalasi Plugin Classic Editor. Hanya saja, sepertinya teman teman terlalu fokus pada Gutenberg nya tanpa menelusuri terlebih dahulu fitur baru yang disediakan di dalamnya.

Jadi, selamat mencoba Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0 Tanpa Plugin ini ya. Danke!

Mufid

Mufid adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu al-Qur'an dan Tafsir yang kebetulan terjun bebas di dunia Blogging dan Enterpreneur | Karena sejatinya yang senantiasa berubah adalah perubahan itu sendiri - Cicero

Related Post

8 thoughts on “Cara Memunculkan Classic Editor di WordPress 5.0 Tanpa Plugin”

  1. Wah jadi masih ada editornya.
    mau upgrade punya klien tapi masih ragu apakah klien akan terima gutenberg

    Reply
  2. Nah ini baru mantap… Saya semenjak update wp ke versi 5 bingung cara update artikelnya. Untung nemu artikel ginian.. Thanks min

    Reply

Leave a Comment